10 Ciri Perbedaan Jenis Beras

Berita Kawasan

10 Ciri Perbedaan Jenis Beras

Beras di Indonesia memang beragam, tak hanya beras putih yang biasa dikonsumsi. Negeri ini kaya akan beragam jenis beras, seperti beras merah, beras hitam, serta beras ketan dengan berbagai manfaat yang berbeda. Beras merah kaya akan serat, vitamin B1, Mg, dan kaya akan asam amino yang penting bagi tubuh. Sementara, Beras hitam yang lebih spesial lagi, dan agak langka.

10 Ciri Perbedaan Jenis Beras

Dilansir dari beberapa sumber, berikut rangkuman PingPoint.co.id tentang ciri dan perbedaan jenis beras:

1. Beras Pandan Wangi

Ciri khas beras ini terdapat pada aromanya yang berbau wangi daun pandan. Bentuk beras pandan wangi tidak panjang, tetapi sedikit bulat. Selain itu warna beras pandan wangi sedikit kekuningan dan bening. Saat dimasak dan setelah menjadi nasi aroma tidak pudar, nasi pulen. Waspada jika terdapat beras dengan biji yang panjang, tetapi wangi hampir dapat dipastikan beras tersebut telah dicampur dengan zat pewangi berbahan kimia.

[Baca Juga: 4 Destinasi Tempat Makan Seafood Segar di Pluit]

2. IR 64 (Setra Ramos)

Beras ini memiliki ciri fisik agak panjang atau lonjong, tidak bulat. Beras ini tidak mengeluarkan aroma wangi seperti pandan wangi dan harganya cukup terjangkau. Normalnya beras jenis ini pulen jika dimasak menjadi nasi, namun jika telah berumur terlalu lama (lebih dari 3 bulan) maka beras ini menjadi sedikit pera, dan mudah basi ketika menjadi nasi. Waspada jika Anda menemukan beras ini dengan aroma wangi, dipastikan ada campuran zat pewangi kimia.

3 .Rojolele

Beras Rojolele memiliki ciri fisik cenderung bulat, memiliki sedikit bagian yang berwarna putih susu, dan tidak wangi seperti beras pandan wangi. Rojolele juga dikenal dengan nama Beras Muncul.

4. IR 42

Beras IR 42 bentuknya tidak bulat, mirip dengan IR 64 namun ukurannya lebih kecil. Beras ini jika dimasak nasinya pera sehingga cocok untuk keperluan khusus seperti untuk nasi goreng, nasi uduk, lontong, ketupat dan lain sebagainya. Harganya relatif lebih mahal daripada IR 64 karena beras ini jarang ditanam petani.

[Baca Juga: Wahteg, Warteg Mewah di Tanjung Duren]

5. C4

Ciri fisiknya mirip seperti beras IR 42 namun sedikit lebih bulat, mirip juga seperti IR 64 namun lebih kecil. Beras ini masih sangat jarang ditemui di pasaran, karena jarang ditanam oleh petani. Nasinya lebih pulen dari IR 64.

6. Batang Lembang

Butir-butir beras panjang, warna beras putih jernih. Nasi super pulen jika dibanding dengan varietas yang lain.

7. Mentik Wangi Susu

Butir-butir beras pipih-kecil, warna beras putih susu (seperti ketan), dan aroma beras wangi. Nasi dimasak pulen dan wangi.

8. Beras Merah

Beras ini berwarna merah atau ungu. Warna merah pada beras tidak terkelupas sehingga masih banyak vitamin yang terkandung dalam setiap butiran beras merah. Beras merah kaya serat ini jika dimasak membutuhkan trik khusus untuk menghindari nasi yang keras atau pera, yaitu dengan direndam terlebih dahulu kira-kira 15-30 menit sebelum dimasak.

[Baca Juga: Jangan Bilang Jatuh Cinta, Kalau Belum Makan Seafood di Tempat Ini]

9. Beras Hitam

Beras ini sangat langka, disebabkan aleuron dan endospermia memproduksi antosianin dengan intensitas tinggi sehingga berwarna ungu pekat mendekati hitam. Selain sebagai bahan pangan beras hitam juga berfungsi sebagai obat karena memiliki kadar vitamin, mikroelemen dan asam amino lebih tinggi dari pada beras biasa. Nasi berwarna hitam keunguan.

10. Beras Ketan

Tekstur ketan berasal dari mutasi genetik tunggal yang menyebabkannya lengket. Beras ketan adalah bahan makanan ini dapat diolah dengan cara dikukus atau direbus untuk digunakan dalam berbagai macam resep masakan.

Dengan mengetahui ciri serta perbedaan jenis beras di atas diharapkan Anda lebih mengenal sehingga tak salah beli, dan Anda juga harus waspada dengan beras tipuan yang dicampurkan dengan zat pewangi kimia. Setiap jenis beras bisa Anda gunakan untuk sajian makanan dengan menu yang berbeda-beda.


Read More

Artikel Lainnya

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah.jpg

Bisnis

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah

03 February 2023, 16:35

Demi memastikan tidak adanya ketimpangan digital di daerah pedesaan luar Jawa, Amartha Foundation baru-baru ini meresmikan desa digital di wilayah Sulawesi Tengah.

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung.jpg

Bisnis

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung

03 February 2023, 14:20

Melalui kemitraan dengan PT KCIC, pengguna tiket.com ke depannya bisa memesan tiket untuk layanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB).

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

Berita Kawasan

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

02 February 2023, 17:41

Peresmian unit tempat parkir sepeda dilakukan oleh Corporate Secretary Pertamina NRE Dicky Septriadi, Wakil Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Chaidir, dan Ketua Umum B2W Fahmi Saimima.

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023.jpg

Hobi dan Hiburan

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023

02 February 2023, 15:41

Setelah memberikan teaser siapa saja yang akan tampil, akhirnya pihak penyelenggara mengumumkan siapa saja yang nanti siap menghibur Anda di Woke Up Fest 2023.


Comments


Please Login to leave a comment.