10 Hal Penting Ketika Memasak Agar Seperti Chef Profesional

Kuliner

10 Hal Penting Ketika Memasak Agar Seperti Koki Handal

Dalam kegiatan memasak, selain pemilihan bahan yang tepat. Penting untuk diperhatikan adalah bagaimana teknik memasak dengan aman dan mudah. Dan, hal-hal apa saja yang perlu dihindari dan dilakukan ketika memasak. Berikut 10 tips penting ketika memasak seperti koki handal, seperti dilansir laman realsimple.com (28/02/2020).

1) Letakkan Segala Sesuatu di Tempatnya

Maksud meletakkan segala sesuatu di tempatnya, ialah mengatur semua bahan olahan dan memastikan semua item untuk resep mudah diakses dan siap digunakan. Tindakan sederhana dalam menyiapkan bahan-bahan sebelum memasak sangat penting untuk memastikan Anda memiliki cukup semua bahan yang diperlukan. Dengan cara ini, Anda tidak perlu mengambil risiko terlalu banyak dengan memasak ikan sambil memotong-motong bahan makanan lainnya.

[Baca Juga: Ingin Mengasah Keterampilan Memasak? Coba Datang Ke Tempat Ini]

2) Gunakan Bench Scrapers

Bench scrapers tidak hanya mampu digunakan untuk memotong-motong adonan yang lengket dari kayu alas memasak Anda. Atau, ujungnya yang tajam bisa digunakan untuk membagi-bagi adonan. Bench scrapers juga dapat memudahkan untuk mengumpulkan bahan makanan yang dicincang pada talenan untuk dipindahkan ke panci atau mangkuk.

10 Hal Penting Ketika Memasak Agar Seperti Chef Profesional

3) Memiliki Pisau yang Sangat Tajam

Pisau yang sangat tajam dapat mempercepat proses memasak. Memotong dengan pisau tumpul akan membutuhkan tenaga yang lebih besar. Sebaiknya, hindari mengasah pisau dengan batu asahan untuk mengurangi kemungkinan tergelincir saat mengiris.

4) Jangan Lupa Bersihkan

Salah satu cara Anda dapat melakukannya dengan mudah di rumah adalah dengan meletakkan mangkuk besar di atas meja dan menggunakannya sebagai wadah limbah saat Anda memasak. Cepat-cepat buang sisa potongan atau kupasan limbah makanan selesai memasak.

4 Makanan Sehat yang Wajib Ada dalam Kulkas

5) Mengatur Kulkas dengan Benar

Untuk mencegah kontaminasi silang dan menghindari penyakit bawaan makanan saat dikonsumsi. Praktekkan teknik sederhana namun berpotensi menyelamatkan jiwa ini, dengan mengatur lemari es dalam urutan atas-ke-bawah yang disesuaikan dengan bahan makanannya, Misalnya, kue, apel, dan keju diletakkan di rak atas dalam lemari es; makanan laut mentah, ikan atau telur, steak mentah, daging babi mentah, daging giling mentah, unggas mentah di letakkan di rak bawah.

6) Bumbui Makanan dengan Benar

Jika hidangan Anda terasa hambar, tambahkan lebih banyak garam dengan perlahan. Hindari memberi garam berlebih pada hidangan Anda. Taburkan garam dari 12 hingga 18 inci di atas hidangan makanan.

[Baca Juga: Cara Memasak Daun Kelor Ada di 5 Resep Lezat Ini]

7) Suhu Mempengaruhi Rasa

Menyajikan makanan saat panas terasa lebih enak daripada jika disajikan dalam keadaan dingin. Menurut penelitian, ketika mengonsumsi makanan saat masih hangat akan meningkatkan rasa di lidah Anda.

8) Keringkan Sebelum Memanggang

Untuk memanggang bahan makanan yang mengandung protein dengan sempurna hingga keemasan, pastikan untuk mengeringkannya terlebih dulu seperti daging, unggas, dan makanan laut dengan paper towel sebelum dibakar.

10 Hal Penting Ketika Memasak Agar Seperti Chef Profesional

9) Sabar, Jangan Buru-buru

Jangan menyentuh daging Anda saat membakar, hal ini akan menghambat warna kecokelatan makanan Anda yang lezat. Dan, hindari memotong makanan untuk memeriksa kematangan. Gunakan termometer makanan sebagai gantinya. Terakhir, jangan buka pintu oven saat memasak, karena ini akan menurunkan suhu di oven Anda.

10) Terapkan Metode First-In, First-Out (FIFO)

Metode FIFO ini mengacu pada gagasan bahwa bahan dan produk tertua bisa digunakan terlebih dahulu. Tempatkan bahan-bahan yang lama disimpan di depan lemari es, ini akan memudahkan Anda mengambilnya dan tidak mudah lupa.

Itulah 10 hal penting yang harus Anda perhatikan ketika mulai dan saat memasak. Beruntungnya, Anda jadi tidak perlu sekolah kuliner laiknya koki handal. Anda yang amatir pun dapat pembelajaran dari sini dan memperoleh pembelajaran yang bermanfaat.


Read More

Artikel Lainnya

Semarakan 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week.jpg

Bisnis

Semarak 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week

30 September 2022, 15:45

Untuk merayakan pertandingam 2022 PMPL SEA Championship, realme memutuskan menghadirkan promo lucky draw bertajuk realme Esports Week.

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung - Copy.jpg

Bisnis

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung

30 September 2022, 13:44

Pada momen pembukaan cabang Selma terbaru di daerah Ciledug, ritel mebel di bawah naungan Kawan Lama Group itu menggelar program edukasi kesehatan jantung.

Romokalisari Adventure Land Bawa Berkah untuk UMKM Setempat - Copy.jpg

Bisnis

Romokalisari Adventure Land Bawa Berkah untuk UMKM Setempat

30 September 2022, 11:42

Ternyata Romokalisari Adventure Land yang belum lama ini diresmikan disebut berhasil meningkatkan pemasukan para pelaku UMKM di sana.

Rayakan Peningkatan Okupansi Berkat tiket.com, RedDoorz Berikan Penghargaa n.jpg

Bisnis

Rayakan Peningkatan Okupansi Berkat tiket.com, RedDoorz Berikan Penghargaan

29 September 2022, 19:46

Usai berkolaborasi selama empat tahun terakhir, tiket.com baru-baru ini mendapatkan penghargaan dari RedDoorz yang memandang perusahaan OTA itu berhasil membantu peningkatan industri pariwisata di Tanah Air.


Comments


Please Login to leave a comment.