10 Jenis Makanan yang Mengandung Nabati Protein Tinggi

Kesehatan

10 Jenis Makanan yang Mengandung Nabati Protein Tinggi

Salah satu manfaatnya adalah orang yang makan lebih banyak protein nabati cenderung memiliki risiko lebih rendah terkena penyakit kardiovaskular dan diabetes dibandingkan orang yang suka makan daging.

Mengurangi protein hewani dapat berdampak positif bagi kesehatan Anda. Untuk seorang vegetarian, protein dapat ditemukan dalam nabati. Berikut beberapa jenis makanan dengan sumber nabati protein tinggi yang bisa Anda konsumsi.

[Baca Juga: Hindari Stunting dengan Perhatikan Gizi Anak]

  • Edamame

Dalam satu cangkir edamame yang dimasak terdapat kandungan protein yang tinggi. Namun, pastikan Anda memiliki edamame dengan benar yang terbebas dari pestisida.

  • Tempe

Tempe terbuat dari fermentasi kedelai yang sudah matang. Tempe mengandung lebih banyak protein dan serat dari pada tahu. Karena difermentasi, tempe jadi mudah dicerna.

  • Tahu

Sama seperti dengan tempe, tahu juga terbuat dari bahan kedelai yang diolah dari susu kedelai. Walau protein yang terdapat di tahu tidak cukup tinggi dibandingkan tempe. Dalam 100 gram tahu terdapat 8 gram protein nabati.

[Baca Juga: Workshop Tempe Inovatif, Kenali Lebih Jauh Makanan Asli Indonesia]

  • Selai Kacang

Jenis makanan nabati yang satu ini cukup mengenyangkan, apabila Anda mengonsumsinya saat sarapan, porsi makan siang Anda akan lebih sedikit. Pastikan Anda membeli selai kacang yang tidak mengandung gula tambahan.

  • Kacang Almond

Almond mengandung vitamin E yang sangat baik untuk kesehatan kulit dan rambut Anda. Manfaat mengonsumsi kacang almond dapat membantu Anda meredakan kram PMS, meningkatkan kesehatan tulang dan meringankan nyeri otot.

  • Chia Seeds

Bentuknya yang kecil, namun kandungan proteinnya sangat tinggi. Chia seeds termasuk sumber asam alfalinolet (ALA), yaitu sejenis asam lemak omega-3 berbasis tanaman.

[Baca Juga: Inilah Aplikasi Penjual Sayur dan Buah Segar Secara Online]

  • Kentang

Semua kentang yang berukuran sedang mengandung 4 gram protein terdiri dari sekitar 20 persen dari asupan harian yang direkomendasikan dari kalium untuk kesehatan jantung.

  • Avokad

Setengah buah alpukat berukuran sedang mengandung 77 persen lemak, 19 persen karbohidrat, dan 4 persen protein (2 gram).

  • Brokoli

Sayuran hijau ini selain kaya akan serat, brokoli juga mengandung protein dalam jumlah yang cukup. 100 gram brokoli rebus, Anda akan mendapatkan 2 gram protein, 40 mg kalsium, 67 mcg fosfor, 31 persen vitamin A dan 108 mcg folat.

  • Kacang Mete

Kacang mete mengandung 20 persen dari asupan magnesium yang direkomendasikan dan 12 persen dari asupan vitamin K yang direkomendasikan. Dua nutrisi pembentuk tulang yang penting untuk tubuh.

[Baca Juga: Buah Ini Berkhasiat Hancurkan Batu Ginjal]

Anda bisa mengganti protein pada hewani dengan protein nabati pada 10 jenis makanan yang mengandung protein nabati yang tinggi ini. Semua mudah Anda dapatkan di pasar tradisional maupun supermarket terdekat.

Read More

Artikel Lainnya

Aman di Masa Pandemi, Terminal Jatijajar Sudah Terapkan Tiket Elektronik .jpg

Berita Kawasan

Aman di Masa Pandemi, Terminal Jatijajar Sudah Terapkan Tiket Elektronik

29 September 2020, 16:08

Salah satu inovasi yang diterapkan di Terminal Jatijajar di masa pandemi seperti sekarang adalah pemberlakukan sistem e-ticketing.

Musim Hujan, Wali Kota Tangerang Persiapkan Langkah Antisipasi Banjir.jpg

Berita Kawasan

Musim Hujan, Wali Kota Tangerang Persiapkan Langkah Antisipasi Banjir

29 September 2020, 15:03

Wali Kota Tangerang memastikan pihaknya sudah mempersiapkan skenario antisipasi terhadap potensi terjadinya banjir akibat musim hujan.

Pemkot Semarang Kejar Target Zona Hijau COVID-19 pada Desember.jpg

Berita Kawasan

Pemkot Semarang Kejar Target Zona Hijau COVID-19 pada Desember

29 September 2020, 14:02

Pemkot Tangerang saat ini tengah bekerja keras untuk mengubah status wilayahnya dari zona orange menjadi zona hijau COVID-19.

Pedagangnya Positif COVID-19, Pasar Ciplak Ditutup Sampai 30 September .jpg

Berita Kawasan

Pedagangnya Positif COVID-19, Pasar Ciplak Ditutup Sampai 30 September

29 September 2020, 13:01

Pasar Ciplak di wilayah Jakarta Selatan disebut ditutup pada pekan ini usai ada pedagang yang positif COVID-19.


Comments


Please Login to leave a comment.