Buah Bit Ungu Yang Cantik Ternyata Berkhasiat

Kesehatan

10 Manfaat Kesehatan dari Buah Bit Ungu yang Berkhasiat

Buah bit ungu (beetroot) dimasukkan ke dalam kelas Beta vulgaris dan subspecies group vulgaris Conditiva. Karena warnanya yang merah keunguan yang kuat, selain untuk dimakan langsung, buah ini juga digunakan sebagai pewarna makanan dan pengobatan. Biasanya buah bit dikonsumsi dengan cara dijus, dibuat salad atau diolah lagi menjadi santapan dengan tekstur lembut seperti sup.

Di dalam bit ditemukan sejumlah nutrisi seperti, asam folat, kaliumen, serat, vitamin c, magnesium, zat besi, fosfor, triptofan, caumarin, dan betasianin. Dilansir dari Boldsky (2/8/2019), berikut rangkuman PingPoint.co.id mengenai manfaat kesehatan dari buah bit ungu yang berkhasiat:

1. Mengandung Antioksidan

Manfaat buah bit secara alami juga terdapat pada tingginya kandungan fitonutrien untuk melawan penyakit, antioksidan, vitamin dan mineral. Bahkan, buah bit dianggap menjadi salah satu sumber buah yang mengandung jenis fitonutrien, yakni betalain. Betalain baik untuk mencerahkan warna kulit. Bit juga mampu membantu melindungi beberapa perkembangan jenis kanker dan penyakit lainnya di tubuh Anda.

[Baca Juga: 7 Manfaat Biji Semangka untuk Kesehatan Tubuh dan Kulit]

2. Detoks (Hati – Ginjal)

Untuk mendorong tubuh mengeluarkan racun, buah bit mampu membantu beberapa organ tersebut, terutama ginjal dan hati, untuk tetap bekerja secara maksimal.

3. Dapat Mencegah Hipertensi

Telah terbukti secara nyata, minum jus dari umbi bit ini menurunkan tekanan darah tinggi. Kandungan nitratnya yang juga terdapat pada sayur berdaun hijau, menurunkan tekanan darah.

4. Meningkatkan Stamina

Buah bit adalah salah satu makanan atlet. Ini karena kandungan nitratnya telah terbukti membuat sel-sel lebih baik dalam menghasilkan energi dalam tubuh, sehingga dapat meningkatkan performa.

5. Mencegah Anemia

Kandungan zat besi cukup tinggi dalam buah bit bisa mengaktifkan kembali dan meregenerasi sel darah merah serta menyuplai oksigen yang berguna bagi kesehatan sel-sel darah merah.

6. Masalah Pencernaan

Buah bit merupakan buah kaya kandungan serat yang menyediakan 3,8 gram pada satu porsi cangkir buah bit. Kandungan serat berfungsi untuk membantu makanan bergerak melalui usus cerna.

[Baca Juga: 4 Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan]

7. Menurunkan Berat Badan

Selain mengandung banyak gizi, buah bit mengandung banyak kandungan serat namun rendah kalorinya. Dengan demikian buah ini mengenyangkan tanpa membuat berat badan naik.

8. Mengatasi Ketombe

Rebus buah bit, lalu oleskan ke kulit kepala dan pijat lembut. Biarkan semalaman dibungkus dengan handuk. Keesokan harinya, bilas dan keramas. Cara ini dapat Anda gunakan untuk mengatasi masalah rambut berketombe.

9. Pewarna Makanan Alami

Buah bit memiliki kandungan betanin sehingga menghasilkan warna merah terang. Ini menjadikan buah bit kerap kali digunakan sebagai bahan pewarna alami makanan, seperti pasta atau mi.

10. Pewarna Rambut Alami

Ingin memiliki warna rambut berbeda, ternyata zat pewarna alami dalam buah bit yang sering digunakan dalam makanan juga dapat diaplikasikan pada rambut Anda. Tertarik mencoba?

Manfaat Buah Bit untuk Kesehatan Tubuh.jpg

Selain akar dan daging buahnya, ternyata daun ubi bit ungu juga berkhasiat. Daun bit mengandung nutrisi penting seperti protein, fosfor, seng, serat, vitamin B6, magnesium, potasium, tembaga, vitamin A, vitamin C, kalsium, dan zat besi. Daun bit memiliki lebih banyak zat besi dari pada bayam (hijau daun lainnya dalam keluarga botani yang sama). Lalu, nilai gizinya juga lebih tinggi dibanding gizi di dalam akar atau pun di dalam daging buahnya itu sendiri. Berikut merupakan beberapa khasiat daun buah bit:

  • Bantu menangkal osteoporosis dengan meningkatkan kekuatan tulang
  • Melawan penyakit Alzheimer
  • Memperkuat sistem kekebalan tubuh Anda dengan merangsang produksi antibodi dan sel darah putih

Menjaga kesehatan tidak hanya dari makanan tetapi imbangi dengan istirahat yang cukup dan rajin berolahraga. Dengan mengetahui khasiat buah bit ungu yang cantik.


Read More

Artikel Lainnya

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah.jpg

Bisnis

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah

03 February 2023, 16:35

Demi memastikan tidak adanya ketimpangan digital di daerah pedesaan luar Jawa, Amartha Foundation baru-baru ini meresmikan desa digital di wilayah Sulawesi Tengah.

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung.jpg

Bisnis

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung

03 February 2023, 14:20

Melalui kemitraan dengan PT KCIC, pengguna tiket.com ke depannya bisa memesan tiket untuk layanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB).

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

Berita Kawasan

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

02 February 2023, 17:41

Peresmian unit tempat parkir sepeda dilakukan oleh Corporate Secretary Pertamina NRE Dicky Septriadi, Wakil Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Chaidir, dan Ketua Umum B2W Fahmi Saimima.

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023.jpg

Hobi dan Hiburan

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023

02 February 2023, 15:41

Setelah memberikan teaser siapa saja yang akan tampil, akhirnya pihak penyelenggara mengumumkan siapa saja yang nanti siap menghibur Anda di Woke Up Fest 2023.


Comments


Please Login to leave a comment.