10 Pelukis Mural Percantik Terowongan Jalan Kendal

Berita Kawasan

10 Pelukis Mural Percantik Terowongan Jalan Kendal

Dalam menciptakan berbagai ruang publik ibu kota yang ikonik dan kekinian, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta mewujudkan City 4.0. Sebanyak 10 pelukis mural melukis dinding terowongan berukuran 13x13 meter persegi di Jalan Kendal, Kelurahan Kebon Melati, Tanah Abang, Jakarta Pusat. Mereka melukis berbagai objek yang bertemakan Wajah Baru Jakarta.

Kepala Bagian Kerjasama Biro Tata Pemerintahan DKI Jakarta, Marulina Dewi menjelaskan, lukisan mural ini merepresentasikan wajah baru kota Jakarta di usianya ke-492. Berbagai hasil lukisan yang bertemakan Wajah Baru Jakarta, para pelukis ini melukis pembangunan infrastruktur dan transportasi serta pariwisata dan kebudayaannya.

10 Pelukis Mural Percantik Terowongan Jalan Kendal

"Itu semua sudah tergambar di sini. Ada ikon Jakarta seperti elang bondol, rusa tutul, ondel-ondel, Monas dan lain-lain. Hal seperti ini bisa menimbulkan keingintahuan masyarakat, sehingga bisa datang ke lokasi-lokasi yang tergambar di mural tersebut," terangnya.

[Baca Juga: MRT Jakarta Tetap Dipercaya Warga Meski Tarif Berlaku Penuh]

Hiruk pikuk Ibu Kota serta padatnya aktivitas warga Jakarta membutuhkan sesuatu yang dapat membantunya relaks. Dengan adanya lukisan mural di ruang-ruang Ibukota yang dibuat artsi dan eyescatching Jakarta. Sebagaimana dikutip laman beritajakarta.id (08/07/2019. Dewi mengatakan "Dalam aktivitas warga yang sangat padat dan selalu tergesa-gesa tapi dengan adanya ini mereka bisa melihat sesuatu yang bisa bikin mereka relaks," ungkapnya.

Sementara itu, Founder Imural Gabe Purnawan mengatakan, pelukis mural yang terlibat dalam kegiatan ini tidak semua anggota Imural, tapi juga menggandeng pengikutnya di media sosial Instagram. "Kami ingin menyalurkan bakat seni dan kreativitas di ruang-ruang publik. Sesuai dengan tagline kami We Believe Art Gives Space Meaning, kami ingin membuat orang-orang untuk menorehkan karya seni dan mengajak volunteer untuk ikut bergabung," ucapnya.

[Baca Juga: Uji Publik LRT Jakarta Jadi Daya Tarik Warga Jaktim dan Jakut]

Gabe menjelaskan, lukisan mural di Jalan Kendal ini sudah dilakukannya selama dua minggu. Dimulai dari proses konsep desain sampai dengan pengimplementasian dalam jangka waktu sepekan serta melukisnya juga dalam satu pekan. Tone warna, perspektif dan komposisi, sampai pesan yang ingin disampikan kepada masyarakat menjadi perhatian khusus para pelukis. “Gambar ini bisa bertahan sampai lima tahun ke depan, jadi tidak cuma sekadar gambar," tandasnya.

Read More

Artikel Lainnya

Tips Nonton Bioskop dengan Anak Usia 2 Tahun

Pendidikan

Tips Nonton Bioskop dengan Anak Usia 2 Tahun

11 December 2019, 18:00

Ajak anak Anda menonton di bioskop saat usia dua tahun ke atas. Pada usia tersebut, sistem kekebalan tubuhnya sudah jauh lebih kuat.

Ini Kelebihan Menggunakan Kartu Jelajah MRT

Berita Kawasan

Ini Kelebihan Menggunakan Kartu Jelajah MRT

11 December 2019, 17:00

Kartu kartu multi trip ticket (MTT) dengan sebutan Jelajah diapresiasi warga. Tidak ada satu detik tap in atau tap out, pintu gerbang sudah terbuka.

Bekasi Kembali Raih Penghargaan Kota Layak HAM dari Kemenkumham

Berita Kawasan

Bekasi Kembali Raih Penghargaan Kota Layak HAM dari Kemenkumham

11 December 2019, 16:00

Mengulang prestasi dari tahun sebelumnya, Bekasi kembali raih penghargaan Kota Layak HAM di peringatan Hari HAM sedunia.

8 Camat Jakarta Barat Ikut Pamong Innovation Award Tahun 2019

Berita Kawasan

8 Camat Jakarta Barat Ikut Pamong Innovation Award Tahun 2019

11 December 2019, 15:00

Pamong Innovation Award Tahun 2019 pada 9 Desember 2019 digelar dalam rangka peningkatan kinerja para camat menyelesaikan permasalahan di wilayah masing-masing.


Comments


Please Login to leave a comment.