10 Pelukis Mural Percantik Terowongan Jalan Kendal

Berita Kawasan

10 Pelukis Mural Percantik Terowongan Jalan Kendal

Dalam menciptakan berbagai ruang publik ibu kota yang ikonik dan kekinian, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta mewujudkan City 4.0. Sebanyak 10 pelukis mural melukis dinding terowongan berukuran 13x13 meter persegi di Jalan Kendal, Kelurahan Kebon Melati, Tanah Abang, Jakarta Pusat. Mereka melukis berbagai objek yang bertemakan Wajah Baru Jakarta.

Kepala Bagian Kerjasama Biro Tata Pemerintahan DKI Jakarta, Marulina Dewi menjelaskan, lukisan mural ini merepresentasikan wajah baru kota Jakarta di usianya ke-492. Berbagai hasil lukisan yang bertemakan Wajah Baru Jakarta, para pelukis ini melukis pembangunan infrastruktur dan transportasi serta pariwisata dan kebudayaannya.

10 Pelukis Mural Percantik Terowongan Jalan Kendal

"Itu semua sudah tergambar di sini. Ada ikon Jakarta seperti elang bondol, rusa tutul, ondel-ondel, Monas dan lain-lain. Hal seperti ini bisa menimbulkan keingintahuan masyarakat, sehingga bisa datang ke lokasi-lokasi yang tergambar di mural tersebut," terangnya.

[Baca Juga: MRT Jakarta Tetap Dipercaya Warga Meski Tarif Berlaku Penuh]

Hiruk pikuk Ibu Kota serta padatnya aktivitas warga Jakarta membutuhkan sesuatu yang dapat membantunya relaks. Dengan adanya lukisan mural di ruang-ruang Ibukota yang dibuat artsi dan eyescatching Jakarta. Sebagaimana dikutip laman beritajakarta.id (08/07/2019. Dewi mengatakan "Dalam aktivitas warga yang sangat padat dan selalu tergesa-gesa tapi dengan adanya ini mereka bisa melihat sesuatu yang bisa bikin mereka relaks," ungkapnya.

Sementara itu, Founder Imural Gabe Purnawan mengatakan, pelukis mural yang terlibat dalam kegiatan ini tidak semua anggota Imural, tapi juga menggandeng pengikutnya di media sosial Instagram. "Kami ingin menyalurkan bakat seni dan kreativitas di ruang-ruang publik. Sesuai dengan tagline kami We Believe Art Gives Space Meaning, kami ingin membuat orang-orang untuk menorehkan karya seni dan mengajak volunteer untuk ikut bergabung," ucapnya.

[Baca Juga: Uji Publik LRT Jakarta Jadi Daya Tarik Warga Jaktim dan Jakut]

Gabe menjelaskan, lukisan mural di Jalan Kendal ini sudah dilakukannya selama dua minggu. Dimulai dari proses konsep desain sampai dengan pengimplementasian dalam jangka waktu sepekan serta melukisnya juga dalam satu pekan. Tone warna, perspektif dan komposisi, sampai pesan yang ingin disampikan kepada masyarakat menjadi perhatian khusus para pelukis. “Gambar ini bisa bertahan sampai lima tahun ke depan, jadi tidak cuma sekadar gambar," tandasnya.

Read More

Artikel Lainnya

Seva.id Mudahkan Masyarakat Dalam Membeli Mobil

Bisnis

Seva.id Mudahkan Masyarakat Dalam Membeli Mobil

21 August 2019, 17:00  |  4 Views

Seva.id menyuguhkan cara baru dalam proses membeli mobil bagi masyarakat Indonesia, layaknya berbelanja berbagai barang melalui layanan e-commerce.

Kemenperin Ciptakan Penyimpan Energi Portabel, Solusi Listrik Padam

Properti dan Solusi

Kemenperin Ciptakan Penyimpan Energi Portabel, Solusi Listrik Padam

21 August 2019, 16:00  |  4 Views

Pemadaman listrik tentu mengganggu aktivitas masyarakat, namun kini Kemenperin punya solusi berupa penyimpan energi listrik portabel.

Wakil Wali Kota Bekasi Ajak Siswa SMP Kurangi Sampah Plastik

Berita Kawasan

Wakil Wali Kota Bekasi Ajak Siswa SMP Kurangi Sampah Plastik

21 August 2019, 15:00  |  3 Views

Masalah sampah di Indonesia semakin kompleks, maka dari itu Wakil Wali Kota mengimbau para guru dan siswa untuk turut aktif kurangi sampah plastik.

Khasiat Bawang Hitam Untuk Tubuh

Kesehatan

Khasiat Bawang Hitam Untuk Tubuh

21 August 2019, 14:00  |  3 Views

Selain rasanya yang tidak lagi getir, ternyata bawang hitam memiliki banyak khasiat yang baik untuk dikonsumsi dalam menjaga kesehatan tubuh.


Comments


Please Login to leave a comment.