10 Perwakilan LNCT Beri Bantuan Dana GAVI Tangsel

Kesehatan

10 Perwakilan LNCT Beri Bantuan Dana GAVI Tangsel

Pada 2017, bantuan dana Global Alliance for Vaccines and Immunization atau GAVI diterima Kota Tangsel melalui Provinsi Banten. Dana tersebut yang telah dialokasikan untuk program Measles Rubella (MR), pertemuan, dan kegiatan-kegiatan. Pada 4 Juli 2019, menindaklanjuti pemberian dana tersebut, 10 perwakilan Learning Network for Countries in Transition (LNCT) berkunjung ke Posyandu Jeruk, Puskesmas Paku Alam dan Rumah Sakit Hermina Serpong. Sebagai informasi, LNCT merupakan jejaring yang beranggotakan negara penerima hibah GAVI yang berada dalam tahap transisi menjadi negara mandiri.

Menurut Kepala Bidang Pencegahan Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P2PL) Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tangerang Selatan Tulus Muladiyono, rumah Sakit tersebut dipilih karena cakupan yang baik. Selain itu, mereka melayani imunisasi dan bekerjasama dengan BPJS. "Saat ini Kota Tangsel sudah tidak lagi menerima atau memperoleh dana hibah GAVI. Sehingga kedatangan Kementerian Kesehatan beserta LNCT ini ingin melihat daerah terdekat yang ternyata bisa mandiri," ujarnya.

[Baca Juga: Puskesmas Pancoran Rayakan Pekan Imunisasi Dunia]

Mengutip berita.tangerangselatankota.go.id (08/07/2019 ). LNCT mendorong jaringan bagi para praktisi dan pembuat kebijakan program imunisasi di negara-negara yang beralih dari dukungan GAVI. Dengan kata lain aliansi vaksin yang memberikan dukungan kepada negara-negara dalam berbagai bentuk saat mereka beralih ke praktik perawatan kesehatan yang unggul. 

Sedangkan pada saat awal menerima bantuan, Tulus menjelaskan bahwa bantuan tersebut dibagi rata oleh Provinsi Banten. Bantuan tersebut di antaranya mencakup distribusi vaksin, sarana prasarana, edukasi, dan promosi. "Jadi, mereka memberikan pilihan mau dibantu atau tidak. Jika tidak, bantuan bisa diberikan ke daerah lain yang membutuhkan," jelasnya. 

[Baca Juga: Selain Vaksin HPV, Ini 5 Vaksin Untuk Orang Dewasa]

Sementara itu, Staf Subdit Imunisasi Kemenkes Meyta mengatakan, "Provinsi Banten saat ini masih menerima dana hibah GAVI. Selanjutnya apakah di distribusikan ke Tangsel atau tidak ya kebijakan Provinsi,"

Untuk diketahui, anggaran program imunisasi yang didapat Puskesmas Paku Alam yakni, 10 persen dari JKN untuk perawatan dan kalibrasi Cold Chain, sementara 15 persen dari APBN untuk penyuluhan imunisasi dan 20 persen untuk kegiatan posyandu.


Read More

Artikel Lainnya

Semarakan 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week.jpg

Bisnis

Semarak 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week

30 September 2022, 15:45

Untuk merayakan pertandingam 2022 PMPL SEA Championship, realme memutuskan menghadirkan promo lucky draw bertajuk realme Esports Week.

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung - Copy.jpg

Bisnis

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung

30 September 2022, 13:44

Pada momen pembukaan cabang Selma terbaru di daerah Ciledug, ritel mebel di bawah naungan Kawan Lama Group itu menggelar program edukasi kesehatan jantung.

Romokalisari Adventure Land Bawa Berkah untuk UMKM Setempat - Copy.jpg

Bisnis

Romokalisari Adventure Land Bawa Berkah untuk UMKM Setempat

30 September 2022, 11:42

Ternyata Romokalisari Adventure Land yang belum lama ini diresmikan disebut berhasil meningkatkan pemasukan para pelaku UMKM di sana.

Rayakan Peningkatan Okupansi Berkat tiket.com, RedDoorz Berikan Penghargaa n.jpg

Bisnis

Rayakan Peningkatan Okupansi Berkat tiket.com, RedDoorz Berikan Penghargaan

29 September 2022, 19:46

Usai berkolaborasi selama empat tahun terakhir, tiket.com baru-baru ini mendapatkan penghargaan dari RedDoorz yang memandang perusahaan OTA itu berhasil membantu peningkatan industri pariwisata di Tanah Air.


Comments


Please Login to leave a comment.