100 Orang di Jaktim Ikuti Pelatihan Line Dance

Berita Kawasan

100 Orang di Jaktim Ikuti Pelatihan Line Dance

Line dance merupakan gabungan tarian salsa, rumba, merengue, waltz, hip hop, dan jazz. Jenis tari ini sudah ada sejak 1950-an di Amerika Selatan. Line dance biasanya ditarikan secara bersama-sama dengan posisi baris berbaris, jika di Indonesia tarian ini mirip poco-poco. Line dance juga memiliki banyak manfaat, bukan hanya baik untuk membakar kalori, line dance juga bagus untuk mempertajam daya ingat, memperlancar daya motorik, memperkuat daya konsentrasi, dan meningkatkan aktivitas sosial.

Maka dari itu Sekretaris Kota Administrasi Jakarta Timur Usmayadi membuka Pelatihan line dance atau Langkah Dansa Indonesia Pelangi Nusantara di Gelanggang Olah Raga Ostista, Kecamatan Jatinegara, Jakarta Timur, pada 24 September lalu. Pelatihan ini diikuti 100 peserta dari kalangan ibu-ibu. Kebanyakan peserta datang dari seluruh wilayah Kota Jakarta Timur. Sekretaris Kota Administrasi Jakarta Timur bekerja sama dengan Langkah Dansa Indonesia oleh Pelangi Nusantara di bawah Ikatan Langkah Dansa Indonesia (ILDI).

[Baca Juga: Melawan Alzheimer dengan Line Dance]

Melansir dari timur.jakarta.go.id (25/9/2019) Usmayadi didampingi oleh Camat Jatinegara Asril Rizal. Turut hadir dalam kegiatan ini Ketua Umum ILDI Lien Saharto, Ketua Forum Olah Raga Masyarakat Indonesia (FORMI) Endang Saputra, dan Ketua ILDI DPW Jakarta Timur Nita Hefosmiyarni. “Pelatihan digelar untuk melatih para peserta langkah dansa agar lebih kompak, baik dan benar dalam melakukan dansa, saya sangat mengapresiasi kegiatan ini,” ujar Usmayadi.

Menurut Usmayadi, segelintir orang beranggapan negatif tentang dansa tetapi setelah disaksikan sendiri, anggapan yang ada tidak benar. Menurutnya line dance justru lebih memiliki manfaat dan ia juga berharap untuk bisa memasyarakatkan lagi line dance di lingkungan masyarakat.

Usmayadi berharap apa yang telah dilakukan ILDI dapat menukarkan manfaat line dance ke lebih banyak masyarakat lagi. Nantinya, akan dijadikan sebuah ragam olahraga baru dan akan diundang pada akhir bulan kegiatan Primadona Kantor Walikota Jakarta Timur.

[Baca Juga: Komunitas Beauty Line Dance, Menari demi Kebugaran]

Ketua Umum ILDI Pusat Lien Saharto menambahkan, ILDI adalah organisasi yang kegiatannya dalam bidang dansa, khususnya line dance (Langkah Dansa). Line Dance memang berasal dari luar negeri. Namun, belakangan olahraga ini dikenal di Indonesia dengan kombinasi beragam gerakan dadar tarian tradisional Indonesia. “Saat ini line dance khas Indonesia sudah diperkenalkan dalam bentuk sembilan koreografi. ILDI mengirim para instruktur line dance ke Singapura untuk mempelajari pakem line dance dunia,” kata Lien.

Ketua Forum Olah Raga Masyarakat Indonesia Endang Saputra berterima kasih kepada ILDI yang telah menyelenggarakan kegiatan ini. Ia menilai kegiatan ini sangat bagus untuk generasi-generasi selanjutnya. “Diharapkan ILDI turut berpartisipasi dan berperan aktif kepada masyarakat kalangan bawah. Semoga dengan adanya langkah dansa ini masyarakat menjadi lebih sehat dan bugar,” kata Endang.


Read More

Artikel Lainnya

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam.jpg

Kecantikan dan Fashion

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam

03 October 2022, 17:32

Alih-alih menggunakan kulit sapi, kambing, atau reptil, salah satu brand di Kota Bandung menggunakan ceker ayam sebagai bahan baku produk sepatunya.

Melalui Buku Ini, Masyarakat Diajak Sajikan dan Lestarikan Kuliner Asli Betawi.jpg

Kuliner

Lestarikan Kuliner Asli Betawi Melalui Buku

03 October 2022, 14:30

Belum lama ini Yayasan Nusa Gastronomi Indonesia, istri Gubernur DKI Jakarta dan istri mantan Sekda DKI Jakarta berkolaborasi guna menghasilkan buku yang mengulas resep tradisional khas Betawi.

3 Startup Naungan East Ventures Ini Dukung Ekosistem Kopi Tanah Air.jpg

Bisnis

3 Startup Naungan East Ventures Ini Dukung Ekosistem Kopi Tanah Air

03 October 2022, 11:28

East Ventures setidaknya telah mendanai tiga perusahaan startup yang mendukung perkembangan ekosistem kopi di Tanah Air.

Semarakan 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week.jpg

Bisnis

Semarak 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week

30 September 2022, 15:45

Untuk merayakan pertandingam 2022 PMPL SEA Championship, realme memutuskan menghadirkan promo lucky draw bertajuk realme Esports Week.


Comments


Please Login to leave a comment.