100 Orang Ikuti Pembekalan Pembauran Kebangsaan di Jakarta Timur

Berita Kawasan

100 Orang Ikuti Pembekalan Pembauran Kebangsaan di Jakarta Timur

Jakarta merupakan melting pot, tempat beragam suku-bangsa mengadu nasib. Sudah seharusnya semua hidup rukun berdampingan dan bukan terkotak-kotak dalam suku atau agama tertentu.

Sekretaris Kota Administrasi Jakarta Timur Usmayadi membuka kegiatan Peningkatan Pemahaman Pembauran Kebangsaan di Kota Administrasi Jakarta Timur. Kegiatan dilaksanakan di Ruang Serbaguna, Lantai 1 Blok A Kantor Wali Kota Jakarta Timur.

Seperti dikutip dari beritajakarta.id (19/6/2019), acara tersebut dihadiri sekitar 100 orang tokoh-tokoh etnis yang ada di Jakarta Timur. Kehadiran mereka juga dilengkapi dengan para narasumber yang akan memberikan pemaparan berbeda-beda. “Ini ada berbagai etnis yang ada di Jakarta Timur, termasuk China, Arab, India dan lainnya yang ada di Indonesia,” ujar Usmayadi.

[Baca Juga: Pesan Damai Tokoh Lintas Agama Tangerang Selatan]

“Mereka kita kumpulkan dan berikan sosialisasi bagaimana mereka mempunyai pembauran atau membaur dengan seluruh etnis supaya mereka kompak dan bersatu menciptakan masyarakat Indonesia yang aman dan damai,” lanjutnya.

Menurutnya, melalui pembekalan tersebut diharapkan para tokoh etnis dan pemuda bisa mengajak masyarakat tetap bersatu. Hal itu dilakukan untuk mewujudkan negara yang utuh. “Apalagi sekarang situasi yang kurang begitu nyaman, seperti situasi politik. Tentunya, yuk kita jaga dan berikan kesauan dan persatuan Indonesia supaya menjadi negara yang utuh dan kokoh,” jelas Usmayadi.

Sementara itu, Kepala Suku Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kota Administrasi Jakarta Timur Hamid Masud menyebutkan ada tiga tujuan dari kegiatan tersebut.

[Baca Juga: Wali Kota Jaksel Ajak Masyarakat Pertahankan Nilai Keagamaan]

Pertama, terlaksananya program peningkatan pembauran kebangsaan di Jakarta Timur, khususnya bagi tokoh etnis. Kedua, meningkatkan wawasan, kesadaran dan peran serta tokoh etnis dalam upaya mewujudkan pembauran kebangsaan dalam kegidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Ketiga, menjaga serta memelihara kerukunan antar etnis di Jakarta Timur demi mewujudkan kondisivitas wilayah. “Dalam kesempatan kali ini, turut pula disampaikan materi tentang bahaya narkoba sebagai tindak lanjut pencanangan Gema Anti Narkoba,” kata Hamid dalam sambutannya.

Adapun narasumber dalam kegiatan tersebut yaitu Ketua Forum Pembauran Kebangsaan Kota Administrasi Jakarta Timur Thelnie Daniel Onibala. Selanjutnya, Kepala Sub Direktorat Pembauran dan Pelestarian Bhineka Tunggal Ika, Direktorat Bina Ideologi, Karakter dan Wawasan Kebangsaan dari Kementrian Dalam Negeri Republik Indonesia Johnny Sebayang. Hadir pula Kepala Badan Narkotika Nasional Kota Administrasi Jakarta Timur AKBP Muhammad Nasrun.


Read More

Artikel Lainnya

Jakarta Concert Week 2023 Siap Digelar di GJAW.jpg

Hobi dan Hiburan

Jakarta Concert Week 2023 Siap Digelar di GJAW

07 February 2023, 14:00

Gaikindo Jakarta Auto Week 2023 nantinya tak hanya berisikan pameran otomotif tapi juga siap didampingi acara konser seru bertajuk Jakarta Concert Week 2023.

Sukses Raih Penghargaan Acer Smart School Awards 2022, Ini 12 Pemenangnya.jpg

Pendidikan

Sukses Raih Penghargaan Acer Smart School Awards 2022, Ini 12 Pemenangnya

07 February 2023, 11:00

Melalui Acer Smart School Awards 2022, Acer beri penghargaan kepada belasan sekolah dan para guru kreatif yang dipandang mendorong transformasi pendidikan Indonesia.

Ini Komunitas Unpad Peduli Anabul Penghuni Area Kampus.jpg

Pendidikan

Ini Komunitas Unpad Peduli Anabul Penghuni Area Kampus

06 February 2023, 14:53

Bergabung dalam UnpadSF, sejumlah mahasiswa Universitas Padjadjaran mengisi sela-sela waktunya untuk membantu serta melindungi anabul yang tinggal di sekitaran kampus Unpad.

CFD Kota Medan Bawa Berkah Bagi Pengusaha UMKM.jpg

Bisnis

CFD Kota Medan Bawa Berkah Bagi Pengusaha UMKM

06 February 2023, 12:51

Selain untuk berolahraga, CFD Kota Medan juga menjadi momen berkumpul bersama keluarga serta teman dan ini menjadi berkah tersendiri bagi pelaku usaha UMKM Kota Melayu Deli.


Comments


Please Login to leave a comment.