1000 Day Funding Bagikan 12.000 Poster Tinggi Badan untuk Cegah Stunting

Kesehatan

1000 Day Funding Bagikan 12.000 Poster Tinggi Badan untuk Cegah Stunting

Indonesia merupakan negara di Asia yang memiliki angka stunting paling tinggi. berdasarkan data terakhir dari Kementrian Kesehatan (Kemkes) Republik Indonesia menyebutkan tiga dari 10 anak Indonesia mengalami stunting atau malnutrisi kronis. Bahkan prevalensi angka stunting di Indonesia lebih tinggi dari Afrika Sub Sahara dan Bangladesh. Data yang sungguh mengenaskan bahkan mengkhawatirkan, mengingat Indonesia merupakan salah satu negara agraris terbesar.

Pemerintah pun tak berdiam diri, penurunan angka stunting jadi salah satu fokus utama Kemkes. Namun Kemkes melalui Kepala Badan Litbang Kesehatan Kementerian Kesehatan dr. Siswanto, MHP, DTM pun mengakui, pihaknya membutuhkan aksi nyata yang berinovasi sehingga memberikan hasil dalam level operasional.

1000 Day Funding Bagikan 12.000 Poster Tinggi Badan untuk Cegah Stunting

Maka dari itu, Kemkes sangat terbantu jika ada yayasan atau LSM yang mengadakan kegiatan edukatif mengenai stunting, seperti 1000 Days Fund yang baru saja membagikan 12.000 poster tinggi badan di 22 pulau yang ada di Indonesia.

Pembagian poster tinggi badan ini melibatkan 65 posyandu dan 280 kader. Dengan penyebaran poster tinggi badan dari 1000 Days Fund ini diharapkan dapat membantu orang tua dan pengasuh memvisualisasikan pertumbuhan anak, status pertumbuhan anak, dan target tinggi badan anak untuk usianya. Hal ini juga diharapkan dapat membantu orang tua khususnya ibu untuk mengenali stunting.

[Baca Juga: Kesehatan Mental Hingga Stunting: Mengulas Tren Kesehatan 2019]

Poster tinggi badan ini didesain “oleh ibu untuk ibu” melalui serangkaian sesi diskusi grup terarah/focus group discussion yang diadakan di 16 pulau dan desa urban dan rural di Indonesia. Poster ini juga memuat cara-cara yang mudah diikuti para orang tua dan pengasuh tentang perilaku dan pola asuh yang optimal dalam 1000 hari pertama kehidupan anak yang dimulai sejak dalam kandungan.

Pemberian poster pengukur tinggi badan ini terinspirasi dari penelitian yang didanai Gates Foundation di Zambia yang menemukan, poster tinggi badan dapat menurunkan prevalensi stunting sebanyak 22 persen di antara anak-anak yang sudah terkena stunting.

1000 Day Funding Bagikan 12.000 Poster Tinggi Badan untuk Cegah Stunting

“Untuk menghindari stunting, yang paling penting dan orang tua harus perhatikan adalah 1000 hari pertama kelahiran anak, mulai dari pemberian ASI hingga penanganan pertumbuhan anak,” ujar dr. Siswanto saat ditemui PingPoint.co.id di Grand Indonesia (10/2/2020).

Untuk mengenalkan stunting kepada ibu, Outreach Coordinator 1000 Days Fund Valerie Krisni mengatakan, pihaknya secara satu tahun turun ke lapangan, khususnya pada kawasan NTT (Nusa Tenggara Timur). 1000 Days Fund secara aktif mengedukasi ibu dan kader posyandu agar dapat memantau kesehatan anak-anak yang berada di wilayahnya.

[Baca Juga: Pencegah Stunting dengan Konsumsi Protein Hewani]

“Kami berharap. Kita bersatu padu mengenalkan stunting ke masyarakat yang lebih luas. Jika ada sinergi, maka permasalahan ini bisa teratasi dengan mudah, bukan hanya ibu dan kader posyandu saja. Kepala Desa, RT/RW, Ibu-Ibu PKK, dan tokoh publik juga diharapkan dapat membantu gerakan ini,” ujar Valeri.

Read More

Artikel Lainnya

Pemprov DKI Siapkan Sistem Pengelolaan Air Limbah Domestik Terpusat

Berita Kawasan

Pemprov DKI Siapkan Sistem Pengelolaan Air Limbah Domestik Terpusat

27 September 2020, 17:01

Pertumbuhan penduduk jika tidak disertai perbaikan sistem pengelolaan pembuangan air limbah domestik dapat menyebabkan pencemaran.

IBB TV Satelit Bandung132, Kado HUT ke-210 bagi Warga

Berita Kawasan

IBB TV Satelit "Bandung132", Kado HUT ke-210 bagi Warga

27 September 2020, 09:59

IBB TV Bandung132 diresmikan langsung oleh Wali Kota Bandung Oded M. Danial di Pendopo Kota Bandung, 25 September 2020.

Pelebaran Kreteg Wesi Sampangan, Kota Semarang Selesai Akhir November

Berita Kawasan

Pelebaran Kreteg Wesi Sampangan, Kota Semarang Selesai Akhir November

26 September 2020, 17:46

Menelan anggaran sebesar 20 milyar rupiah, pelebaran akses yang menghubungkan Gunungpati dan Gajahmungkur itu ditargetkan rampung November 2020.

Serunya Nonton Film Bareng di Drive-In Senja Bandung

Hobi dan Hiburan

Serunya Nonton Film Bareng di Drive-In Senja Bandung

26 September 2020, 11:39

Ini dilakukan outdoor. Mudah-mudahan tidak terlalu khawatir juga sama COVID-19. Karena kita berada di mobil sendiri relatif lebih aman.


Comments


Please Login to leave a comment.