12 Bidang Studi di UI Ini Masuk Ranking Dunia

Pendidikan

12 Bidang Studi di UI Ini Masuk Ranking Dunia

Kabar baik datang dari dunia pendidikan Indonesia di kancah internasional. Baru-baru ini, The Quacquarelli Symonds World University Ranking (QS WUR) by Subject tahun 2020 mengumumkan ada empat rumpun ilmu di Universitas Indonesia (UI) yang berhasil masuk dalam pemeringkatan internasional.

Dilansir dari UI.ac.id (10/3/2020), adanya capaian pemeringkatan dunia ini menunjukkan bahwa UI sebagai perguruan tinggi terbaik di Indonesia berhasil diakui di dunia dan masuk dalam jajaran Perguruan Tinggi unggul di antara 1.368 institusi dari 83 negara. Rektor UI Prof. Ari Kuncoro berharap agar adanya kolaborasi berbagai ragam keilmuan yang ada di UI dapat menghasilkan terobosan dan inovasi yang berguna bagi rakyat.

5 Program Studi Favorit di Universitas Indonesia Depok

“Terdapat 12 bidang studi di UI yang berhasil masuk pemeringkatan dunia. Namun, sebagai satu kesatuan perguruan tinggi UI meyakini bahwa setiap program studi yang diselenggarakan adalah unggul dan memiliki kualitas terbaik dalam melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Setiap program studi yang diselenggarakan UI, baik program pendidikan vokasi, sarjana, maupun pascasarjana, mampu menghasilkan lulusan yang berdaya saing global,” kata Ari.

Adapun keempat rumpun ilmu tersebut yakni Social Sciences & Management yang menduduki peringkat 203 dunia dan Arts & Humanities di peringkat 286 dunia. Kemudian diikuti dengan rumpun ilmu Engineering & Technology peringkat 295 dunia dan Life Sciences & Medicine peringkat 451-500 dunia.

[Baca Juga: Hutan Kota UI Sebagai Paru-Paru Kota Depok]

Capaian ini pun kemudian dibarengi dengan adanya 12 bidang studi di UI yang turut berhasil masuk dalam pemeringkatan dunia. Ada dua bidang studi dari rumpun ilmu Arts & Humanities yang masuk dalam peringkat 101-200 dunia, yakni modern language di peringkat 101-150 dunia dan Architecture/Built Environment di peringkat 151-200 dunia.

Selain itu, empat bidang studi dari rumpun ilmu Social Sciences & Management juga berhasil masuk dalam pemeringkatan dunia. Ke empat bidang studi tersebut yakni Accounting & Finance di peringkat 151-200 dunia dan Politics & International Studies di peringkat 151-200 dunia. Kemudian disusul bidang studi Sociology di peringkat 251-300 dunia dan Economics & Econometrics di peringkat 351-400 dunia.

[Baca Juga: 5 Jurusan Kuliah Ini Paling Banyak Dicari Dalam CPNS 2018]

Bidang studi dari rumpun ilmu lainnya yang turut masuk pemeringkatan dunia yakni Life Sciences & Medicine. Bidang studi Fakultas Kedokteran UI mendapat peringkat 251-300 dunia dan merupakan yang tertinggi di dunia.

Kemudian, pada rumpun ilmu Engineering & Technology, ada empat bidang studi yang berhasil masuk dalam pemeringkatan dunia. Bidang studi tersebut yaitu Computer Science & Information Systems yang berada di peringkat 251-300 dunia dan bidang studi Electrical & Electronic Engineering di peringkat 251-300 dunia.

Lalu Mechanical, Aeronautical & Manufacturing Engineering di peringkat 351-400 dunia dan biidang studi Chemical Engineering di peringkat 351-400 dunia. Ada pula bidang studi dari rumpun ilmu Natural Sciences, UI yang berhasil masuk pemeringkatan dunia. Bidang studi tersebut yakni Geography yang berada pada peringkat 151-200 dunia.


Read More

Artikel Lainnya

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Vaksinasi, Pemkot Surabaya Siap Sweepin g.jpg

Kesehatan

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Imunisasi, Pemkot Surabaya Siap Sweeping

27 January 2023, 13:57

Banyaknya kasus campak di wilayah perbatasan Surabaya-Madura, mendorong Pemkot Surabaya untuk bergerak secara agresif demi memastikan anak-anak Kota Pahlawan sudah mendapatkan imunisasi campak.

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak.jpg

Kesehatan

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak

27 January 2023, 10:55

Dinkes Kota Yogyakarta meminta agar orangtua melindungi buah hatinya dari ancaman penyakit campak dengan segera datang ke puskesmas untuk mendapatkan imunisasi.

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur In i.jpg

Bisnis

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur Ini

26 January 2023, 15:30

Baru-baru ini perusahaan startup manufaktur Imajin disebut berhasil meraih suntikan pendanaan awal yang dipimpin East Ventures.

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus.jpg

Pendidikan

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus

26 January 2023, 13:28

Tim dosen Unpad berhasil membuat inovasi tes khusus yang dapat menunjukan bagaimana kompetensi mahasiswa dalam berbahasa Indonesia.


Comments


Please Login to leave a comment.