12 Bidang Studi di UI Ini Masuk Ranking Dunia

Pendidikan

12 Bidang Studi di UI Ini Masuk Ranking Dunia

Kabar baik datang dari dunia pendidikan Indonesia di kancah internasional. Baru-baru ini, The Quacquarelli Symonds World University Ranking (QS WUR) by Subject tahun 2020 mengumumkan ada empat rumpun ilmu di Universitas Indonesia (UI) yang berhasil masuk dalam pemeringkatan internasional.

Dilansir dari UI.ac.id (10/3/2020), adanya capaian pemeringkatan dunia ini menunjukkan bahwa UI sebagai perguruan tinggi terbaik di Indonesia berhasil diakui di dunia dan masuk dalam jajaran Perguruan Tinggi unggul di antara 1.368 institusi dari 83 negara. Rektor UI Prof. Ari Kuncoro berharap agar adanya kolaborasi berbagai ragam keilmuan yang ada di UI dapat menghasilkan terobosan dan inovasi yang berguna bagi rakyat.

5 Program Studi Favorit di Universitas Indonesia Depok

“Terdapat 12 bidang studi di UI yang berhasil masuk pemeringkatan dunia. Namun, sebagai satu kesatuan perguruan tinggi UI meyakini bahwa setiap program studi yang diselenggarakan adalah unggul dan memiliki kualitas terbaik dalam melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Setiap program studi yang diselenggarakan UI, baik program pendidikan vokasi, sarjana, maupun pascasarjana, mampu menghasilkan lulusan yang berdaya saing global,” kata Ari.

Adapun keempat rumpun ilmu tersebut yakni Social Sciences & Management yang menduduki peringkat 203 dunia dan Arts & Humanities di peringkat 286 dunia. Kemudian diikuti dengan rumpun ilmu Engineering & Technology peringkat 295 dunia dan Life Sciences & Medicine peringkat 451-500 dunia.

[Baca Juga: Hutan Kota UI Sebagai Paru-Paru Kota Depok]

Capaian ini pun kemudian dibarengi dengan adanya 12 bidang studi di UI yang turut berhasil masuk dalam pemeringkatan dunia. Ada dua bidang studi dari rumpun ilmu Arts & Humanities yang masuk dalam peringkat 101-200 dunia, yakni modern language di peringkat 101-150 dunia dan Architecture/Built Environment di peringkat 151-200 dunia.

Selain itu, empat bidang studi dari rumpun ilmu Social Sciences & Management juga berhasil masuk dalam pemeringkatan dunia. Ke empat bidang studi tersebut yakni Accounting & Finance di peringkat 151-200 dunia dan Politics & International Studies di peringkat 151-200 dunia. Kemudian disusul bidang studi Sociology di peringkat 251-300 dunia dan Economics & Econometrics di peringkat 351-400 dunia.

[Baca Juga: 5 Jurusan Kuliah Ini Paling Banyak Dicari Dalam CPNS 2018]

Bidang studi dari rumpun ilmu lainnya yang turut masuk pemeringkatan dunia yakni Life Sciences & Medicine. Bidang studi Fakultas Kedokteran UI mendapat peringkat 251-300 dunia dan merupakan yang tertinggi di dunia.

Kemudian, pada rumpun ilmu Engineering & Technology, ada empat bidang studi yang berhasil masuk dalam pemeringkatan dunia. Bidang studi tersebut yaitu Computer Science & Information Systems yang berada di peringkat 251-300 dunia dan bidang studi Electrical & Electronic Engineering di peringkat 251-300 dunia.

Lalu Mechanical, Aeronautical & Manufacturing Engineering di peringkat 351-400 dunia dan biidang studi Chemical Engineering di peringkat 351-400 dunia. Ada pula bidang studi dari rumpun ilmu Natural Sciences, UI yang berhasil masuk pemeringkatan dunia. Bidang studi tersebut yakni Geography yang berada pada peringkat 151-200 dunia.


Read More

Artikel Lainnya

Semarakan 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week.jpg

Bisnis

Semarak 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week

30 September 2022, 15:45

Untuk merayakan pertandingam 2022 PMPL SEA Championship, realme memutuskan menghadirkan promo lucky draw bertajuk realme Esports Week.

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung - Copy.jpg

Bisnis

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung

30 September 2022, 13:44

Pada momen pembukaan cabang Selma terbaru di daerah Ciledug, ritel mebel di bawah naungan Kawan Lama Group itu menggelar program edukasi kesehatan jantung.

Romokalisari Adventure Land Bawa Berkah untuk UMKM Setempat - Copy.jpg

Bisnis

Romokalisari Adventure Land Bawa Berkah untuk UMKM Setempat

30 September 2022, 11:42

Ternyata Romokalisari Adventure Land yang belum lama ini diresmikan disebut berhasil meningkatkan pemasukan para pelaku UMKM di sana.

Rayakan Peningkatan Okupansi Berkat tiket.com, RedDoorz Berikan Penghargaa n.jpg

Bisnis

Rayakan Peningkatan Okupansi Berkat tiket.com, RedDoorz Berikan Penghargaan

29 September 2022, 19:46

Usai berkolaborasi selama empat tahun terakhir, tiket.com baru-baru ini mendapatkan penghargaan dari RedDoorz yang memandang perusahaan OTA itu berhasil membantu peningkatan industri pariwisata di Tanah Air.


Comments


Please Login to leave a comment.