hutan kota kopasus jakarta timur.jpg

Berita Kawasan

13 Hutan Kota Jakarta Timur Dapat Adipura

Setiap tahunnya, pemerintah memberikan penghargaan Adipura kepada kota yang mempunyai sarana dan prasarana pengelolaan sampah terbaik, pasar terbaik, terminal terbaik, taman kota terbaik, hutan kota terbaik hingga tempat pemrosesan akhir (TPA) terbaik. Penghargaan yang dilaksanakan Kementerian Negara Lingkungan Hidup ini sudah dilakukan sejak 1986, walau sempat terhenti pada 1998.

Kemudian pada Juni 2002, penghargaan Adipura digelar kembali dan berlanjut sampai sekarang. Mulanya, penghargaan ini fokus untuk mendorong kota-kota di Indonesia agar jadi kota bersih. Saat dimulai kembali, penghargaan Adipura diperebutkan oleh 59 kota, namun kini 375 kota ikut serta untuk memperebutkan penghargaan ini.

[Baca Juga: Menikmati Udara Segar di Hutan Kota Srengseng]

Mengawali tahun 2019, Pemerintah Kota Jakarta Timur berhasil meraih penghargaan Adipura untuk kategori Hutan Kota. “Atas prestasi ini, kami sebagai pemerintah kota akan terus bekerja untuk menjaga kebersihan lingkungan agar bisa merebut seluruh penghargaan Adipura,” kata Kepala Suku Dinas Lingkungan Hidup Jakarta Timur Budi Mulyanto seperti yang dilansir dari timur.jakarta.go.id (17/01/2019).

Kepala Suku Dinas Lingkungan Hidup Jakarta Timur Budi Mulyanto

Penghargaan yang bergengsi dibidang lingkungan hidup ini telah diberikan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK). Walau Jakarta Timur hanya berhasil menyabet satu plakat, Jakarta Timur tetap optimis agar ke depannya bisa kembali meraih penghargaan Adipura secara menyeluruh seperti tahun-tahun sebelumnya.

Budi mengatakan, "Penilaian Adipura periode ini semakin ketat. Meski tidak meraih piala saat ini, pihaknya akan berusaha lebih keras untuk meraih piala, ke depan kita akan benahi agar bisa lebih maksimal,” lanjut Budi (14/1/2019).

Kepada Suku Dinas Kehutanan Jakarta Timur Romi Sidharta mengungkapkan Jakarta Timur memiliki 13 hutan kota dan sudah tersebar di beberapa kecamatan. “Saat penilaian penghargaan Adipura berlangsung, kami memberikan data mengenai jumlah hutan kota yang ada di Jakarta Timur. Kemudian tim penilai Adipura melakukan suvei,” kata Romi.

[Baca Juga: Wali Kota Jakarta Timur Targetkan 1 Juta Biopori]

Melansir dari wartakota.tribunnews.com, hutan kota yang ada di Jakarta Timur, seperti yang disebutkan di atas adalah,

  1. Hutan Kota Rawa Dongkal
  2. Hutan Kota Viaduct Cawang
  3. Hutan Kota UKI
  4. Hutan Kota Halim Perdanakusuma
  5. Hutan Kota Pondok Kelapa
  6. Hutan Kota Duku
  7. Hutan Kota Ujung Menteng
  8. Hutan Kota Aneka Elok
  9. Hutan Kota Cijantung (Kompleks Kopassus Cijantung)
  10. Hutan Kota Kompleks Billy Moon Duren Sawit
  11. Hutan Kota Cilangkap
  12. Hutan Kota DAS Sunter Hulu
  13. Hutan Kota Setu

Ia juga menambahkan, pihaknya sama sekali tidak tau mana saja hutan kota yang telah didatangi dan dinilai oleh pihak Kementrian Lingkungan Hidup. Karena pihaknya sama sekali tidak mendampingi ketika proses penilaian berlangsung. Melansir dari antaranews.com (17/1/2019), untuk penghargaan Adipura periode 2017-2018 ini, Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan memberikan penghargaan sebanyak 146 buah, meliputi Adipura Kencana, 119 Adipura, 10 Sertifikat, dan lima Plakat Adipura serta penghargaan Kinerja Pengurangan Sampah bagi 11 Kabupaten atau Kota.

Read More

Artikel Lainnya

Java Aquatic, Hobi Biota Laut yang Dikembangkan Jadi Bisnis   .jpg

Bisnis

Java Aquatic, Hobi Biota Laut yang Dikembangkan Jadi Bisnis

28 September 2020, 20:19

Berkat hobi biota laut, Nico dan rekannya berhasil dirikan toko Java Aquatic yang berlokasi di kawasan Kebayoran Lama Jakarta Selatan

Cegah Banjir, Pemkot Jakarta Utara Gelar Gerebek Lumpur.jpg

Berita Kawasan

Cegah Banjir, Pemkot Jakarta Utara Gelar Gerebek Lumpur

28 September 2020, 16:55

Pada akhir pekan kemarin, Pemkot Jakarta Utara memanfaatkannya untuk mengadakan kegiatan demi mencegah terjadinya banjir di musim hujan.

Setelah Viral di Medsos, Kafe di Galaxy Bekasi Disegel.jpg

Berita Kawasan

Setelah Viral di Medsos, Kafe di Galaxy Bekasi Disegel

28 September 2020, 14:41

Pada akhir pekan kemarin, jagat medsos Jabodetabek dihebohkan dengan pengunjung kafe di area Galaxy Kota Bekasi yang ramai berjoget tanpa mengindahkan protokol kesehatan.

Gantikan Mohammad Idris, Dedi Supandi Jabat Pjs Wali Kota Depok.jpg

Berita Kawasan

Gantikan Mohammad Idris, Dedi Supandi Jabat Pjs Wali Kota Depok

28 September 2020, 13:43

Resmi mulai menjalani cuti untuk Pilkada Depok 2020, jabatan Mohammad Idris untuk sementara digantikan Dedi Supandi.


Comments


Please Login to leave a comment.