1.374 Dokter Kecil di Kebayoran Lama Resmi Dilantik

Kesehatan

1.374 Dokter Kecil di Kebayoran Lama Resmi Dilantik

Dokter Kecil merupakan siswa sekolah yang dipilih tenaga pengajar atau pun berdasarkan keinginan sendiri mengikuti kegiatan ini. Kegiatan ini merupakan salah satu bagian dari Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) yang dibuat untuk membangun kesadaran kesehatan dan mencegah terjadinya suatu penyakit di lingkungan sekolah.

Dokter Kecil diselenggarakan bertujuan agar memiliki keterampilan di bidang kesehatan, menolong dirinya sendiri dan orang lain untuk hidup sehat, dan membagikan ilmu dasar kepada orang lain serta menjadi promotor dan motivator dalam menjalankan tugasnya.

[Baca Juga: Kebayoran Lama Punya Lorong Tanaman Obat Keluarga]

Program ini tersebar di seluruh sekolah yang ada di Indonesia, sebagai tanda keseriusan pemerintah dalam program ini. Setiap tahunnya, Pemkot melantik Dokter Kecil agar bisa berfungsi sebagai mana mestinya. Salah satu yang baru saja melantik Dokter Kecil adalah Kota Jakarta Selatan.

Wali Kota Administrasi Jakarta Selatan Marullah Matali, baru saha melantik 1.374 dokter kecil se-Kecamatan Kebayoran Lama di Masjid Nimatul Ittihad, Jalan Ciputat Raya No 10 RT 10/ RW 02, Kelurahan Pondok Pinang, Kamis (2/5/2019). Dokter Kecil tersebut datang dari 81 Sekolah Dasar (SD) di Jakarta Selatan.

Melansir dari selatan.jakarta.go.id (3/5/2019), Marullah mengimbau kepada para dokter kecil yang baru saja dilantik untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan dan membuang sampah pada tempatnya.

[Baca Juga: Dinas Pendidikan DKI Bangun Sekolah Percontohan Ramah Lingkungan]

“Kita semua harus menjaga kebersihan lingkungan agar terhindar dari berbagai macam penyakit," katanya. Marullah juga berharap, para Dokter Kecil bisa menularkan gaya hidup sehat kepada teman-temannya. "Sangat penting, menularkan gaya hidup sehat. Jaga selalu kebersihan lingkungan agar terhindar dari penyakit," pesannya.

Pendamping Dokter Kecil SDN 07 Pagi Kebayoran Lama Utara Simahwati menyebutkan, bimbingan dan pelatihan untuk mejadi Dokter Kecil dilakukan selama satu bulan sebelum pelantikan. Para Dokter Kecil diajarkan cara memilih makanan dan minuman yang bersih dan sehat. Lalu cuci tangan dengan benar. “Kami ajarkan mereka pengetahuan seputar kesehatan, kebersihan diri dan lingkungan seperti menjaga kebersihan rambut, gigi, dan kuku," ujarnya.

[Baca Juga: Pemkot Jakarta Selatan Tekankan Pentingnya Gizi Seimbang]

Salah satu Dokter Kecil yang dilantik dari SDN 07 Pagi Kebayoran Lama Utara Naura Azizah mengaku, sudah memersiapkan diri untuk hari pelantikannya. Rajin belajar dan aktif bertanya merupakan salah satu cara Naura dapat mengikuti kegiatan ini disekolahnya. “Saya senang sekali akhirnya bisa dilantik juga. Saya sudah mempersiapkan dari jauh-jauh hari, mulai dari belajar materi kesehatan, cara-cara menjaga kesehatan tubuh, dan menjaga lingkungan," kata Naura.

Read More

Artikel Lainnya

Penelitian Menemukan Kaitan Imunitas DBD dapat Membantu Melawan COVID-19

Kesehatan

Penelitian Menemukan Kaitan Imunitas DBD dalam Melawan COVID-19

22 September 2020, 17:03

Penelitian ini membandingkan distribusi geografis kasus virus corona dengan penyebaran demam berdarah pada 2019 dan 2020.

DKI Jakarta Perlu Penambahan Lahan Pemakaman Khusus COVID-19

Berita Kawasan

DKI Jakarta Perlu Penambahan Lahan Pemakaman Khusus COVID-19

22 September 2020, 16:20

Saat ini, terdapat dua TPU khusus COVID-19: Pondok Ranggon dan TPU Tegal Alur. Jika tak ada penambahan lahan, dikhawatirkan lahan itu akan habis.

Pemkot Bogor Luncurkan Pedoman PJJ dan WiFi Publik Gratis di 797 RW

Pendidikan

Pemkot Bogor Luncurkan Pedoman PJJ dan WiFi Publik Gratis di 797 RW

22 September 2020, 14:15

Ada sejumlah persoalan dalam penerapan PJJ, seperti persoalan akses wifi yang tidak merata, kemampuan untuk membeli kuota internet dan materi pembelajaran.

Dengan 620 Pompa, DKI Jakarta Siaga 24 Jam Hadapi Banjir

Berita Kawasan

Dengan 620 Pompa, DKI Jakarta Siaga 24 Jam Hadapi Banjir

22 September 2020, 13:17

Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI Jakarta memastikan mayoritas pompa mobile dan pompa stasioner di Jakarta dalam kondisi prima menghadapi musim hujan.


Comments


Please Login to leave a comment.