1.374 Dokter Kecil di Kebayoran Lama Resmi Dilantik

Kesehatan

1.374 Dokter Kecil di Kebayoran Lama Resmi Dilantik

Dokter Kecil merupakan siswa sekolah yang dipilih tenaga pengajar atau pun berdasarkan keinginan sendiri mengikuti kegiatan ini. Kegiatan ini merupakan salah satu bagian dari Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) yang dibuat untuk membangun kesadaran kesehatan dan mencegah terjadinya suatu penyakit di lingkungan sekolah.

Dokter Kecil diselenggarakan bertujuan agar memiliki keterampilan di bidang kesehatan, menolong dirinya sendiri dan orang lain untuk hidup sehat, dan membagikan ilmu dasar kepada orang lain serta menjadi promotor dan motivator dalam menjalankan tugasnya.

[Baca Juga: Kebayoran Lama Punya Lorong Tanaman Obat Keluarga]

Program ini tersebar di seluruh sekolah yang ada di Indonesia, sebagai tanda keseriusan pemerintah dalam program ini. Setiap tahunnya, Pemkot melantik Dokter Kecil agar bisa berfungsi sebagai mana mestinya. Salah satu yang baru saja melantik Dokter Kecil adalah Kota Jakarta Selatan.

Wali Kota Administrasi Jakarta Selatan Marullah Matali, baru saha melantik 1.374 dokter kecil se-Kecamatan Kebayoran Lama di Masjid Nimatul Ittihad, Jalan Ciputat Raya No 10 RT 10/ RW 02, Kelurahan Pondok Pinang, Kamis (2/5/2019). Dokter Kecil tersebut datang dari 81 Sekolah Dasar (SD) di Jakarta Selatan.

Melansir dari selatan.jakarta.go.id (3/5/2019), Marullah mengimbau kepada para dokter kecil yang baru saja dilantik untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan dan membuang sampah pada tempatnya.

[Baca Juga: Dinas Pendidikan DKI Bangun Sekolah Percontohan Ramah Lingkungan]

“Kita semua harus menjaga kebersihan lingkungan agar terhindar dari berbagai macam penyakit," katanya. Marullah juga berharap, para Dokter Kecil bisa menularkan gaya hidup sehat kepada teman-temannya. "Sangat penting, menularkan gaya hidup sehat. Jaga selalu kebersihan lingkungan agar terhindar dari penyakit," pesannya.

Pendamping Dokter Kecil SDN 07 Pagi Kebayoran Lama Utara Simahwati menyebutkan, bimbingan dan pelatihan untuk mejadi Dokter Kecil dilakukan selama satu bulan sebelum pelantikan. Para Dokter Kecil diajarkan cara memilih makanan dan minuman yang bersih dan sehat. Lalu cuci tangan dengan benar. “Kami ajarkan mereka pengetahuan seputar kesehatan, kebersihan diri dan lingkungan seperti menjaga kebersihan rambut, gigi, dan kuku," ujarnya.

[Baca Juga: Pemkot Jakarta Selatan Tekankan Pentingnya Gizi Seimbang]

Salah satu Dokter Kecil yang dilantik dari SDN 07 Pagi Kebayoran Lama Utara Naura Azizah mengaku, sudah memersiapkan diri untuk hari pelantikannya. Rajin belajar dan aktif bertanya merupakan salah satu cara Naura dapat mengikuti kegiatan ini disekolahnya. “Saya senang sekali akhirnya bisa dilantik juga. Saya sudah mempersiapkan dari jauh-jauh hari, mulai dari belajar materi kesehatan, cara-cara menjaga kesehatan tubuh, dan menjaga lingkungan," kata Naura.


Read More

Artikel Lainnya

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Vaksinasi, Pemkot Surabaya Siap Sweepin g.jpg

Kesehatan

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Imunisasi, Pemkot Surabaya Siap Sweeping

27 January 2023, 13:57

Banyaknya kasus campak di wilayah perbatasan Surabaya-Madura, mendorong Pemkot Surabaya untuk bergerak secara agresif demi memastikan anak-anak Kota Pahlawan sudah mendapatkan imunisasi campak.

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak.jpg

Kesehatan

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak

27 January 2023, 10:55

Dinkes Kota Yogyakarta meminta agar orangtua melindungi buah hatinya dari ancaman penyakit campak dengan segera datang ke puskesmas untuk mendapatkan imunisasi.

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur In i.jpg

Bisnis

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur Ini

26 January 2023, 15:30

Baru-baru ini perusahaan startup manufaktur Imajin disebut berhasil meraih suntikan pendanaan awal yang dipimpin East Ventures.

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus.jpg

Pendidikan

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus

26 January 2023, 13:28

Tim dosen Unpad berhasil membuat inovasi tes khusus yang dapat menunjukan bagaimana kompetensi mahasiswa dalam berbahasa Indonesia.


Comments


Please Login to leave a comment.