14 Mahasiswa Fakultas Teknik UI Raih Penghargaan di Ajang Internasional

Pendidikan

14 Mahasiswa Fakultas Teknik UI Raih Penghargaan Internasional

Universitas Indonesia (UI) kembali menoreh prestasi. Kali ini, Fakultas Teknik UI yang mendapatkan penghargaan di ajang Internasional. Tim mahasiswa dari fakultas tersebut yang dinamakan Hydros mengikuti lomba the Solar Energy Boat Challenge. Sebanyak 14 mahasiswa UI yang mengikuti kompetisi di Monaco ini pun berhasil meraih juara IV.

Monaco Solar Energy Boat Challenge 2019 merupakan ajang perlombaan kapal hemat energi yang sangat bergengsi di dunia. Perlombaan ini diselenggarakan the Yacht Club de Monaco, bekerjasama dengan the International Powerboating Federation dan Prince Albert II of Monaco Foundation sebagaimana tertera pada akun instagram Universitas Indonesia @unive_indonesia (11/7/2019).

14 Mahasiswa Fakultas Teknik UI Raih Penghargaan di Ajang Internasional

Ajang perlombaan ini berlangsung selama lima hari, yakni pada 2-6 Juli 2019. Sebanyak 14 mahasiswa dari tim Hydros Fakultas Teknik UI merupakan satu-satunya perwakilan dari benua Asia yang mengikuti ajang internasional tersebut pada tahun 2019. Mereka berhadapan dengan 34 tim dari 14 negara dari seluruh dunia.

[Baca Juga: Atlet Cheerleaders Indonesia Raih Prestasi di Asian Junior Cheerleding]

Tim Hydros berkompetisi pada ajang perlombaan ini dalam kelas Energy Class dari tiga kelas kompetisi, di antaranya Energy Class, Solar Class, dan Offshore Class. Dan, Tim Hydros dari Fakultas Teknik UI meraih penghargaannya pada Championship Race pada Energy Class sebagai juara IV, serta meraih Spirit Prize pada ajang bergengsi tersebut.

Berdasarkan unggahan akun instagram @univ_indonesia (11/7/2019), dijelaskan bahwa seluruh peserta pada Energy Class diberikan satu desain kapal katamaran (kapal dengan dua lambung) yang didesain khusus untuk perlombaan ini. Tantangannya adalah para peserta dituntut menciptakan kokpit kapal dan mendesain sistem propulsi (daya dorong) yang kuat dan tahan lama. Panitia dalam kompetisi ini memberikan beberapa pilihan energi yang disediakan, seperti bio fuel, baterai, hidrogen, angin, LNG, dan lainnya, yang seluruhnya merupakan clean source energy.

[Baca Juga: Rumah Sakit Universitas Indonesia (RSUI) Siap Beroperasi]

Melansir eng.ui.ac.id (10/7/2019), Ketua Tim Hydros Bayu Anugerah menjelaskan, kapal mereka memiliki spesifikasi Mesin listrik 10kW dengan keunggulan cockpit carbon fiber yang jauh lebih ringan dibandingkan baja atau kayu dengan kekuatan yang setara dengan baja. Sehingga, kapal mereka memiliki kecepatan yang maksimal sehingga berhasil menjadi salah satu juara. Selamat kepada tim Hydros!

Read More

Artikel Lainnya

Ini Cara Seimbangkan Kerja dan Keluarga ala Presiden IWFCI Indonesia

Bisnis

Ini Cara Seimbangkan Kerja dan Keluarga ala Presiden IWFCI Indonesia

12 December 2019, 13:00

Sebagai presiden organisasi IWFCI Indonesia serta entrepreneur dan seorang ibu, Heera Syahir Karim menerapkan metode work life integration.

Hari Ibu Selain di Rumah, Sosok Ibu Juga Harus Mampu Berkarya

Berita Kawasan

Hari Ibu: Kisah dan Dilema Dua Ibu Bekerja

12 December 2019, 09:00

Inilah pandangan hari ibu serta perannya di rumah dan dunia karier berdasarkan pengalaman Anna Leonita dan Heera Syahir Karim Vasandani.

Tips Nonton Bioskop dengan Anak Usia 2 Tahun

Pendidikan

Tips Nonton Bioskop dengan Anak Usia 2 Tahun

11 December 2019, 18:00

Ajak anak Anda menonton di bioskop saat usia dua tahun ke atas. Pada usia tersebut, sistem kekebalan tubuhnya sudah jauh lebih kuat.

Ini Kelebihan Menggunakan Kartu Jelajah MRT

Berita Kawasan

Ini Kelebihan Menggunakan Kartu Jelajah MRT

11 December 2019, 17:00

Kartu kartu multi trip ticket (MTT) dengan sebutan Jelajah diapresiasi warga. Tidak ada satu detik tap in atau tap out, pintu gerbang sudah terbuka.


Comments


Please Login to leave a comment.