14 Mahasiswa Fakultas Teknik UI Raih Penghargaan di Ajang Internasional

Pendidikan

14 Mahasiswa Fakultas Teknik UI Raih Penghargaan Internasional

Universitas Indonesia (UI) kembali menoreh prestasi. Kali ini, Fakultas Teknik UI yang mendapatkan penghargaan di ajang Internasional. Tim mahasiswa dari fakultas tersebut yang dinamakan Hydros mengikuti lomba the Solar Energy Boat Challenge. Sebanyak 14 mahasiswa UI yang mengikuti kompetisi di Monaco ini pun berhasil meraih juara IV.

Monaco Solar Energy Boat Challenge 2019 merupakan ajang perlombaan kapal hemat energi yang sangat bergengsi di dunia. Perlombaan ini diselenggarakan the Yacht Club de Monaco, bekerjasama dengan the International Powerboating Federation dan Prince Albert II of Monaco Foundation sebagaimana tertera pada akun instagram Universitas Indonesia @unive_indonesia (11/7/2019).

14 Mahasiswa Fakultas Teknik UI Raih Penghargaan di Ajang Internasional

Ajang perlombaan ini berlangsung selama lima hari, yakni pada 2-6 Juli 2019. Sebanyak 14 mahasiswa dari tim Hydros Fakultas Teknik UI merupakan satu-satunya perwakilan dari benua Asia yang mengikuti ajang internasional tersebut pada tahun 2019. Mereka berhadapan dengan 34 tim dari 14 negara dari seluruh dunia.

[Baca Juga: Atlet Cheerleaders Indonesia Raih Prestasi di Asian Junior Cheerleding]

Tim Hydros berkompetisi pada ajang perlombaan ini dalam kelas Energy Class dari tiga kelas kompetisi, di antaranya Energy Class, Solar Class, dan Offshore Class. Dan, Tim Hydros dari Fakultas Teknik UI meraih penghargaannya pada Championship Race pada Energy Class sebagai juara IV, serta meraih Spirit Prize pada ajang bergengsi tersebut.

Berdasarkan unggahan akun instagram @univ_indonesia (11/7/2019), dijelaskan bahwa seluruh peserta pada Energy Class diberikan satu desain kapal katamaran (kapal dengan dua lambung) yang didesain khusus untuk perlombaan ini. Tantangannya adalah para peserta dituntut menciptakan kokpit kapal dan mendesain sistem propulsi (daya dorong) yang kuat dan tahan lama. Panitia dalam kompetisi ini memberikan beberapa pilihan energi yang disediakan, seperti bio fuel, baterai, hidrogen, angin, LNG, dan lainnya, yang seluruhnya merupakan clean source energy.

[Baca Juga: Rumah Sakit Universitas Indonesia (RSUI) Siap Beroperasi]

Melansir eng.ui.ac.id (10/7/2019), Ketua Tim Hydros Bayu Anugerah menjelaskan, kapal mereka memiliki spesifikasi Mesin listrik 10kW dengan keunggulan cockpit carbon fiber yang jauh lebih ringan dibandingkan baja atau kayu dengan kekuatan yang setara dengan baja. Sehingga, kapal mereka memiliki kecepatan yang maksimal sehingga berhasil menjadi salah satu juara. Selamat kepada tim Hydros!

Read More

Artikel Lainnya

Seva.id Mudahkan Masyarakat Dalam Membeli Mobil

Bisnis

Seva.id Mudahkan Masyarakat Dalam Membeli Mobil

21 August 2019, 17:00  |  4 Views

Seva.id menyuguhkan cara baru dalam proses membeli mobil bagi masyarakat Indonesia, layaknya berbelanja berbagai barang melalui layanan e-commerce.

Kemenperin Ciptakan Penyimpan Energi Portabel, Solusi Listrik Padam

Properti dan Solusi

Kemenperin Ciptakan Penyimpan Energi Portabel, Solusi Listrik Padam

21 August 2019, 16:00  |  4 Views

Pemadaman listrik tentu mengganggu aktivitas masyarakat, namun kini Kemenperin punya solusi berupa penyimpan energi listrik portabel.

Wakil Wali Kota Bekasi Ajak Siswa SMP Kurangi Sampah Plastik

Berita Kawasan

Wakil Wali Kota Bekasi Ajak Siswa SMP Kurangi Sampah Plastik

21 August 2019, 15:00  |  3 Views

Masalah sampah di Indonesia semakin kompleks, maka dari itu Wakil Wali Kota mengimbau para guru dan siswa untuk turut aktif kurangi sampah plastik.

Khasiat Bawang Hitam Untuk Tubuh

Kesehatan

Khasiat Bawang Hitam Untuk Tubuh

21 August 2019, 14:00  |  3 Views

Selain rasanya yang tidak lagi getir, ternyata bawang hitam memiliki banyak khasiat yang baik untuk dikonsumsi dalam menjaga kesehatan tubuh.


Comments


Please Login to leave a comment.