14 Mahasiswa Fakultas Teknik UI Raih Penghargaan di Ajang Internasional

Pendidikan

14 Mahasiswa Fakultas Teknik UI Raih Penghargaan Internasional

Universitas Indonesia (UI) kembali menoreh prestasi. Kali ini, Fakultas Teknik UI yang mendapatkan penghargaan di ajang Internasional. Tim mahasiswa dari fakultas tersebut yang dinamakan Hydros mengikuti lomba the Solar Energy Boat Challenge. Sebanyak 14 mahasiswa UI yang mengikuti kompetisi di Monaco ini pun berhasil meraih juara IV.

Monaco Solar Energy Boat Challenge 2019 merupakan ajang perlombaan kapal hemat energi yang sangat bergengsi di dunia. Perlombaan ini diselenggarakan the Yacht Club de Monaco, bekerjasama dengan the International Powerboating Federation dan Prince Albert II of Monaco Foundation sebagaimana tertera pada akun instagram Universitas Indonesia @unive_indonesia (11/7/2019).

14 Mahasiswa Fakultas Teknik UI Raih Penghargaan di Ajang Internasional

Ajang perlombaan ini berlangsung selama lima hari, yakni pada 2-6 Juli 2019. Sebanyak 14 mahasiswa dari tim Hydros Fakultas Teknik UI merupakan satu-satunya perwakilan dari benua Asia yang mengikuti ajang internasional tersebut pada tahun 2019. Mereka berhadapan dengan 34 tim dari 14 negara dari seluruh dunia.

[Baca Juga: Atlet Cheerleaders Indonesia Raih Prestasi di Asian Junior Cheerleding]

Tim Hydros berkompetisi pada ajang perlombaan ini dalam kelas Energy Class dari tiga kelas kompetisi, di antaranya Energy Class, Solar Class, dan Offshore Class. Dan, Tim Hydros dari Fakultas Teknik UI meraih penghargaannya pada Championship Race pada Energy Class sebagai juara IV, serta meraih Spirit Prize pada ajang bergengsi tersebut.

Berdasarkan unggahan akun instagram @univ_indonesia (11/7/2019), dijelaskan bahwa seluruh peserta pada Energy Class diberikan satu desain kapal katamaran (kapal dengan dua lambung) yang didesain khusus untuk perlombaan ini. Tantangannya adalah para peserta dituntut menciptakan kokpit kapal dan mendesain sistem propulsi (daya dorong) yang kuat dan tahan lama. Panitia dalam kompetisi ini memberikan beberapa pilihan energi yang disediakan, seperti bio fuel, baterai, hidrogen, angin, LNG, dan lainnya, yang seluruhnya merupakan clean source energy.

[Baca Juga: Rumah Sakit Universitas Indonesia (RSUI) Siap Beroperasi]

Melansir eng.ui.ac.id (10/7/2019), Ketua Tim Hydros Bayu Anugerah menjelaskan, kapal mereka memiliki spesifikasi Mesin listrik 10kW dengan keunggulan cockpit carbon fiber yang jauh lebih ringan dibandingkan baja atau kayu dengan kekuatan yang setara dengan baja. Sehingga, kapal mereka memiliki kecepatan yang maksimal sehingga berhasil menjadi salah satu juara. Selamat kepada tim Hydros!


Read More

Artikel Lainnya

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo

23 September 2022, 15:57

Setelah sukses digelar di Candi Prambanan, konser Dewa 19 yang menghadirkan full team akan kembali manggung bersama dan kali ini digelar di wilayah Solo.

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim.jpg

Bisnis

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim

23 September 2022, 13:56

Baru-baru ini Amartha dan BPR Jatim resmi berkolaborasi dalam upaya menyalurkan Rp250 miliar untuk membantu pengembangan bisnis perempuan pengusaha mikro di wilayah Jawa Timur serta Jawa Tengah.

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIVAIDS.jpg

Kesehatan

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIV/AIDS

23 September 2022, 11:54

Setelah bulan lalu sempat ramai pembahasan kabar ribuan orang di Kota Bandung yang menderita HIV/AIDS, pakar Universitas Padjadjaran memberikan masukan terkait metode pencegahannya, khususnya di wilayah kampus.

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition Uncertainty

Hobi dan Hiburan

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition ‘Uncertainty’

22 September 2022, 18:20

Seniman muda Kota Malang, Bambang Suprapto, menggelar pameran tunggal yang bertajuk ‘Uncertainty’ di Kedai Lantjar Djaya, Kota Malang.


Comments


Please Login to leave a comment.