14 Manfaat Olahraga dengan Trampolin untuk Kesehatan

Kesehatan

14 Manfaat Olahraga dengan Trampolin untuk Kesehatan (Bagian 1)

Trampolin merupakan salah satu alat yang membantu Anda untuk melompat dengan mudah bukan asal lompat. Trampolin bahkan dijadikan alat dan cabang olahraga dalam katergori senam. Sehingga lompatan di trampolin bisa jadi alat dan media olahraga yang patut Anda coba.

Pasalnya melompat dapat bermanfaat untuk kesehatan tubuh dan pikiran. Olahraga ini sangat mudah, sehingga bisa dilakukan oleh banyak orang dari segala jenis umur. Gerakan melompat yang super mudah ini membutuhkan otot dan keseimbangan tubuh.

[Baca Juga: Jangan Lupa Pemanasan Untuk Menghindari Cedera Ketika Berenang]

Karena itulah melompat di trampolin dapat mendatangkan banyak khasiat. Apa saja manfaat yang bisa Anda rasakan ketika melakukan olahraga trampolin atau melompat ini? Melansir dari boldsky.com (23/4/2019) berikut manfaat kesehatan olahraga trampolin.

1. Memperbaiki Fungsi Limfatik

Lompat di trampolin dikenal bermanfaat untuk memperbaiki sistem limfatik. Tapi, apa itu sistem limfatik? Sistem ini merupakan jaringan dan organ yang membantu membuang racun, kotoran, dan bahan apapun yang tidak bisa diterima tubuh. Gerakan melompat dapat merangsang fungsi kelenjar getah bening, di mana katupnya akan membuka dan menutup secara sistematik. Sehingga membuat aliran getah bening menjadi lebih lancar.

2. Meningkatkan Sistem Imun

Karena latihan ini dapat meningkatkan sistem limfatik, fungsi imun Anda pun meningkat sehingga kekebalan tubuh Anda juga akan meningkat. Tubuh akan aktif melawan virus, bakteri, penyakit dan infeksi. Limfosit, sel darah putih yang ada di getah bening dapat melindungi tubuh daru racun dan infeksi yang dapat di produksi dalam jumlah yang tepat dengan bantuan peningkatan fungsi limfatik.

3. Mengelola Gejala PMS

Latihan melompat dengan trampolin juga mengurangi kelelahan dan rasa tidak nyaman saat menstruasi yang dialami oleh wanita. Olahraga ini juga mampu mendektosifikasi kelebihan hormon dan racun yang dapat menyebabkan sakit kepala, kram perut, dan lainnya.

[Baca Juga: E-Board, Olahraga Ekstrim Baru di Indonesia]

4. Meningkatkan Kesehatan Tulang

Salah satu manfaat yang bisa Anda dapatkan ketika berlatih menggunakan trampolin adalah meningkatkan massa tulang dan memperkuat sistem kerangka. Saat Anda melompat di atas trampolin, proses tersebut dapat membuat tulang Anda makin kuat. Hal ini dapat mengakibatkan tulang, tendon, ligament, dan sendi menjadi lebih kuat dan mencegah timbulnya osteoporosis dan radang sendi.

5. Membantu Penurunan Berat Badan

Melakukan olahraga dengan trampolin sangat efektif menurunkan berat badan, bahkan hampir 68 persen efisien berhasil menurunkan berat badan. Menurut sebuh penelitian, seseorang yang melakukan trampolin selama satu jam hasilnya sama dengan orang yang jogging selama satu jam. Metode olahraga ini tidak menimbulkan ketegangan yang tidak diinginkan pada sendi. Latihan dengan trampoli juga mampu meningkatkan rasio otot dan lemak Anda.

6. Detoksifikasi Alami

Karena olahraga ini dapat menstimulasi sistem limfatik Anda, hal ini juga membuat detoksifikasi alami terjadi pada tubuh. Sistem limfatik yang berjalan baik akan membersihkan organ Anda dari racun dan bahan-bahan yang tidak bisa diserap oleh tubuh.

[Baca Juga: Inilah yang Perlu Anda Ketahui Sebelum Ikut Kelas Barre Fitness]

Simak manfaat olahraga meloncat dengan trampolin lainnya pada Bagian 2.

Read More

Artikel Lainnya

Ratusan Orang Hadiri Seleksi Anggota FKDM Jakarta Utara.jpg

Berita Kawasan

Ratusan Orang Hadiri Seleksi Anggota FKDM Jakarta Utara

03 December 2020, 15:07

Pada pekan ini ratusan orang ikut dalam tes seleksi untuk menjadi anggota FKDM Jakarta Utara.

Sempat Kontak Erat dengan Anies dan Wagub Ariza, 437 Orang Ikut Tes Swab.jpg

Kesehatan

Sempat Kontak Erat dengan Anies dan Wagub Ariza, 437 Orang Ikut Tes Swab

03 December 2020, 14:01

Pemprov DKI Jakarta saat ini terus melakukan pelacakan kontak terhadap orang-orang yang sempat kontak erat dengan Anies Baswedan serta Wagub Ariza pasca keduanya dinyatakan positif COVID-19.

Aman Fine Fragrance, Perjalanan Ingatan Melalui Parfum

Kecantikan dan Fashion

Aman Fine Fragrance, Perjalanan Ingatan Melalui Parfum

03 December 2020, 11:37

Demi untuk berbagi kenangan para tamu Aman. Pada Desember ini Aman meluncurkan Fine Fragrance.

Oscars 2021 Diundur dan Tidak Akan Berlangsung Virtual

Hobi dan Hiburan

Oscars 2021 Diundur dan Tidak Akan Berlangsung Virtual

03 December 2020, 10:23

Bila Oscar dengan percaya diri akan tetap mengadakan siaran langsung, apakah penghargaan lain akan mengikuti?


Comments


Please Login to leave a comment.