1.512 Perusahaan di Jakarta Terapkan WFH. Perusahaan Lain Kapan

Bisnis

1.512 Perusahaan di Jakarta Terapkan WFH. Perusahaan Lain Kapan?

Seperti yang diketahui, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan lewat Seruan Gubernur Nomor 6 tahun 2020 telah mengimbau kepada seluruh pelaku usaha dan perkantoran di Jakarta untuk memberlakukan kebijakan work from home (WFH) atau kerja dari rumah selama 14 hari terhitung dari 23 Maret hingga 5 April 2020. Hal tersebut tidak lain untuk menekan peredaran Virus Corona SARS-CoV-2 di Ibu Kota yang semakin hari terus bertambah jumlah kasusnya.

[Baca Juga: Rekomendasi Aplikasi Populer Untuk Work From Home]

Namun jika melihat ke lapangan, belum semua kantor di Jakarta menerapkan kebijakan WFH kepada para karyawannya. Hal itu bisa dilihat dari masih banyaknya para pengguna transportasi publik seperti Commuter Line di hari pertama kebijakan WFH.

Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi, dan Energi Provinsi DKI Jakarta pun mencatat baru ada 517.743 tenaga kerja di ibu kota yang sudah melakukan sistem kerja dari rumah (work from home) per hari Senin, 23 Maret 2020. Ke-517.743 berasal dari 1.512 perusahaan yang tersebar di wilayah DKI Jakarta.

1.512 Perusahaan di Jakarta Terapkan WFH. Perusahaan Lain Kapan

"Hingga hari ini (23/3) sudah ada 1.512 perusahaan dengan jumlah tenaga kerja sebanyak 517.743 orang, yang telah melakukan langkah pencegahan COVID-19 sekaligus mengizinkan karyawannya untuk bekerja dari rumah alias work from home (WFH). Terima kasih teman-teman sekalian!," tulis akun Instagram @disnakertrans_dki_jakarta.

Jumlah tersebut hanya segelintir dibanding jumlah keseluruhan tenaga kerja di DKI Jakarta. Jika merujuk pada data yang dikeluarkan Badan Pusat Statistik (BPS), jumlah tenaga kerja di DKI Jakarta per Agustus 2019 tercatat sebanyak 5,16 juta orang. Itu artinya baru sekitar 10 persen tenaga kerja di Jakarta yang telah mengikuti arahan Pemprov DKI Jakarta terkait kebijakan WFH.

Lalu Bagaimana dengan Perusahaan Lain?

Beberapa perusahaan mungkin belum memberlakukan sistem WHF karena sistem jaringannya hanya bisa diakses di kantor. Selain itu, banyak juga perusahaan yang merasa kesulitan untuk berkomunikasi dengan antar karyawan jika menerapkan kebijkan WHF.

Namun di tengah situasi seperti ini, memaksakan karyawan untuk terus bekerja di kantor sangatlah tidak tepat. Sebab risiko tertular COVID-19 kepada para karyawan akan semakin besar. Untuk itu, perlu diacungi jempol bagi perusahaan yang menerapkan kebijakan WFH kepada para karyawannya. Sebab hal itu dapat memutus langkah penyebaran COVID-19.

Bagi perusahaan, masyarakat atau pegawai yang ingin melakukan pendataan terkait kebijakan WFH, Disnakertrans juga telah mempersiapkan skema pelaporan melalui tautan bit.ly/laporanpelaksanaanwfh.

Setelah melapor, nantinya Disnakertrans akan memverifikasi kegiatan perkantoran yang telah didata atau dilaporkan tersebut untuk kemudian ditampilkan ke publik terkait bagaimana perannya untuk ikut menanggulangi penularan COVID-19.

[Baca Juga: Disnakertrans DKI Buat Surat Edaran Himbau Bekerja dari Rumah]

Menurut Kepala Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi, dan Energi Provinsi DKI Jakarta, Andri Yansah, hal tersebut bisa menjadi semacam apresiasi kepada perusahaan yang dalam situasi saat ini memberlakukan kebijakan WFH kepada para karyawannya.


Read More

Artikel Lainnya

COVID-19 Omicron Sub-varian Baru Sentuh Ratusan Kasus, Ini Pandangan Epidemiolog Unai r.jpg

Kesehatan

COVID-19 Omicron Sub-varian Baru Sentuh Ratusan Kasus, Ini Pandangan Epidemiolog Unair

27 June 2022, 16:46

Saat ini pemerintah mengungkapkan bahwa kasus COVID-19 jenis Omicron varian BA.4 dan BA.5 telah menginfeksi ratusan orang di Tanah Air dan situasi ini mendorong epidemiolog dari Unair angkat suara.

Yogyakarta Terapkan Aturan Jam Malam Demi Lindungi Generasi Muda.jpg

Berita Kawasan

Yogyakarta Terapkan Aturan Jam Malam Demi Lindungi Generasi Muda

27 June 2022, 14:43

Demi terhindar dari potensi terjadinya kejahatan klitih, Yogyakarta secara resmi memberlakukan kebijakan aturan jam malam.

Komunitas Banksasuci Lakukan Aksi Bersih-Bersih di Alun-Alun Tangerang.jpg

Berita Kawasan

Komunitas Banksasuci Lakukan Aksi Bersih-Bersih di Alun-Alun Tangerang

27 June 2022, 10:44

Pada akhir pekan lalu, para anggota Banksasuci Foundation memutuskan turun ke lapangan demi mendorong kesadaran masyarakat dalam menjaga Alun-Alun Tangerang dari sampah.

Rangkaian Radiance Up! dari Y.O.U Beauty Atasi Wajah Kusam Akibat Polusi Udara

Kecantikan dan Fashion

Rangkaian Radiance Up! dari Y.O.U Beauty Atasi Wajah Kusam Akibat Polusi Udara

25 June 2022, 13:03

SymWhite 377, Vitamin C, dan Ekstrak Licorice membantu menghambat produksi melanin, sedangkan Niacinamide (B3) membantu menghambat transfer melanin di kulit.


Comments


Please Login to leave a comment.