16.026 Kartu Identitas Anak Jakarta Selatan Telah Diterbitkan

Berita Kawasan

16.026 Kartu Identitas Anak Jakarta Selatan Telah Diterbitkan

Selama periode Juli 2019, Suku Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Sudin Dukcapil) Kota Jakarta Selatan telah menerbitkan 16.02 Kartu Identitas Anak (KIA). Ribuan KIA tersebut diterbitkan baik dari sudin, kecamatan, atau RSUD.

Kepala Sudin Dukcapil Jakarta Selatan Abdul Haris merinci, dari 16.026 KIA tersebut, 22 KIA dikeluarkan sudin, 2222 KIA dikeluarkan di Kecamatan Tebet, 620 KIA di Setiabudi, 514 KIA di Mampang Prapatan, dan 1115 KIA di Pasar Minggu.

Selanjutnya, 431 KIA di Kecamatan Kebayoran Lama, 2036 KIA di Kecamatan Cilandak, 1836 di Kebayoran Baru, 1226 KIA di Pancoran, 4811 KIA di Jagakarsa, dan 1063 KIA di Pesanggrahan. “Sisanya 118 di RSUD Pasar Minggu, dekapan KIA di RSUD Jati Padang, dan empat KIA di RSUD Mampang Prapatan,” ujarnya mengutip dari selatan.jakarta.gi.id (8/8/2019).

[Baca Juga: Akta Kelahiran dan KIA Braille Bisa Diperoleh di Disdukcapil Tangsel]

Dirinya juga menuturkan, KIA merupakan upaya pemerintah dalam memberikan perlindungan dan pemenuhan hak konstitusional warga negara Indonesia. Dengan begitu, KIA sangat penting bagi anak-anak sebagai indentitas bagi mereka.

Untuk mendukung program ini orangtua juga turut serta dalam pembuatan KIA, karena anak-anak pastinya hanya akan itu apa yang dilakukan orangtuanya. Jika dulu orangtua, dalam hal ini ibu yang baru melahirkan anaknya perlu mengurus akta lahir, kini ada tambahan yakni KIA.

Saat memiliki anak yang baru lahir, maka kartu ini akan diterbitkan bersamaan dengan penerbitan akta kelahiran saat orangtua mengurus akta kelahiran tersebut. Berikut ini cara pengurusan dan syarat yang harus dipenuhi untuk membuat KIA.

  1. Fotokopi kutipan akta kelahiran dan menunjukan kutipan akta kelahiran aslinya.
  2. Kartu Keluarga (KK) asli orangtua atau wali.
  3. KTP asli kedua orangtua/wali.

[Baca Juga: Dukcapil Jakarta Terus Lakukan Optimalisasi Tertib Administrasi Kependudukan]

Sedangkan bagi anak WNI yang telah berusia lima tahun dan belum memiliki KIA maka prosesnya pengurusannya sebagai berikut.

  1. Fotokopi kutipan akta kelahiran dan menunjukan kutipan akta kelahiran aslinya.
  2. Kartu Keluarga (KK) asli atau wali.
  3. KTP asli kedua orangtua atau wali.
  4. Pas foto anak berwarna ukuran 2x3 sebanyak dua lembar.

Sejak dikeluarkannya KIA melalui Peraturan Kementerian Dalam Negeri (Permendagri) No.2 tahun 2016, program pembuatan dan kepemilikan kartu identitas anak ini sudah berlaku secara nasional.


Read More

Artikel Lainnya

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo

23 September 2022, 15:57

Setelah sukses digelar di Candi Prambanan, konser Dewa 19 yang menghadirkan full team akan kembali manggung bersama dan kali ini digelar di wilayah Solo.

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim.jpg

Bisnis

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim

23 September 2022, 13:56

Baru-baru ini Amartha dan BPR Jatim resmi berkolaborasi dalam upaya menyalurkan Rp250 miliar untuk membantu pengembangan bisnis perempuan pengusaha mikro di wilayah Jawa Timur serta Jawa Tengah.

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIVAIDS.jpg

Kesehatan

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIV/AIDS

23 September 2022, 11:54

Setelah bulan lalu sempat ramai pembahasan kabar ribuan orang di Kota Bandung yang menderita HIV/AIDS, pakar Universitas Padjadjaran memberikan masukan terkait metode pencegahannya, khususnya di wilayah kampus.

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition Uncertainty

Hobi dan Hiburan

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition ‘Uncertainty’

22 September 2022, 18:20

Seniman muda Kota Malang, Bambang Suprapto, menggelar pameran tunggal yang bertajuk ‘Uncertainty’ di Kedai Lantjar Djaya, Kota Malang.


Comments


Please Login to leave a comment.