1.696 Warga Jakarta Selatan Mendaftarkan Diri untuk Mudik Gratis

Berita Kawasan

1.696 Warga Jakarta Selatan Mendaftarkan Diri untuk Mudik Gratis

Mudik merupakan tradisi yang dilakukan masyarakat Indonesia saat Lebaran tiba. Mudik ini biasanya dilakukan oleh masyarakat yang pindah tempat tinggal untuk fokus bekerja di ibukota. Tradisi ini membuat pihak penyedia transportasi menyediakan pasokan armada yang lebih banyak dari biasanya.

Bahkan Dinas Perhubungan pun turut mengakomodir mudik tiap tahunnya. Tahun ini saja, sudah adah 1.696 warga Kota Administrasi Jakarta Selatan yang telah mendaftar dan melakukan verifikasi data untuk keikutsertaan mereka dalam program Mudik Gratis yang diselenggarakan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Dinas Perhubungan.

[Baca Juga: CFD Kota Bekasi Diliburkan Hingga Arus Mudik Lebaran Selesai]

Kepala Suku Dinas Perhubungan Kota Administrasi Jakarta Selatan Christianto mengatakan, proses pendaftaran dan verifikasi data dilaksanakan di Kantor Suku Dinas Perhubungan Kota. Proses pendaftaran dan pendataan di Administrasi Jakarta Selatan mulai buka pukul 07.00 WIB sampai 14.00 WIB. Selain itu, setiap harinya hanya disediakan untuk 50 pendaftar.

1.696 Warga Jakarta Selatan Mendaftarkan Diri untuk Mudik Gratis

"Pendataftan sudah dimulai sejak tanggal 15 April 2019 hingga 6 Mei 2019 lalu. Sekarang kami mencatat sudah ada 1696 warga yang melakukan verifikasi data. Peserta mudik gratis khusus wilayah Jakarta Selatan merupakan warga yang memiliki KTP atau KK DKI Jakarta dan beralamat di Jakarta Selatan." kata Christianto.

Kepala Seksi Angkutan Jalan Suku Dinas Perhubungan Kota Administrasi Jakarta Selatan Afrinda juga mengatakan, kuota mudik gratis yang disediakan sudah habis hingga arus balik bagi kota seperti Yogyakarta, Solo, Wonogiri, Tegal, dan Pekalongan. Masyarakat sebenarnya bisa mengakses informasi ini di situs mudikgratis.jakarta.go.id.

[Baca Juga: Stok Beras Warga Jakarta Aman Hingga Lebaran]

Warga Jakarta Selatan Kusnadi yang akan mudik ke Tegal bersama istri dan kedua anaknya mengucapkan terima kasih kepada Pemprov DKI Jakarta, yang telah menyelenggarakan Mudik Gratis. “Ini merupakan kali pertama, kami mengikuti acara ini. Dengan adanya mudik gratis lebih ekonomis, jadi biaya yang lain bisa buat lebaran dikampung halaman," katanya.

Diketahui, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, menyediakan kuota mudik gratis meliputi keberangkatan dan kembali ke Jakarta bagi 16.578 orang dan 7.020 sepeda motor di 10 kota yakni Ciamis, Kuningan, Tegal, Pekalongan, Semarang, Kebumen, Solo, Wonogiri, Yogyakarta dan Jombang. Adapun tanggal keberangkatan adalah 30 Mei 2019 pukul 07.00 WIB, dengan titik lokasi keberangkatan di Monas, Jakarta Pusat.

Read More

Artikel Lainnya

Kampung Kepo Dukung Wanita Lebih Peduli dengan Kanker Serviks

Kesehatan

Kampung Kepo Dukung Wanita Lebih Peduli dengan Kanker Serviks

18 August 2019, 20:00  |  3 Views

Untuk meningkatkan kepedulian serta mendorong wanita untuk melakukan deteksi dini kanker, Kampung Kepo diresmikan.

Ampas Kopi Ternyata Punya Manfaat Istimewa

Properti dan Solusi

Ampas Kopi Ternyata Punya Manfaat Istimewa

18 August 2019, 19:00  |  3 Views

Biasanya ampas kopi selalu berakhir di tempat sampah, namun ternyata endapan hasil akhir dari minuman lezat ini masih dapat Anda manfaatkan.

Bayar Ongkos Kirim Barang di Gerai JNE Kini Bisa Pakai GoPay

Bisnis

Bayar Ongkos Kirim Barang di Gerai JNE Kini Bisa Pakai GoPay

18 August 2019, 18:00  |  6 Views

GoPay menjadi uang elektronik pertama yang dapat menjadi opsi pembayaran biaya kirim barang melalui JNE. Kirim barang pun jadi lebih praktis.

Kader JKN Dekatkan BPJS Kesehatan untuk Pelayanan Masyarakat

Kesehatan

Kader JKN Dekatkan BPJS Kesehatan untuk Pelayanan Masyarakat

18 August 2019, 17:00  |  5 Views

Kader JKN berperan aktif menyukseskan Program JKN-KIS. Selain itu, berbagi informasi dan membawa manfaat kepada masyarakat.


Comments


Please Login to leave a comment.