180 Guru di Depok, Ikuti Workshop Inovasi Pendidikan

Pendidikan

180 Guru di Depok, Ikuti Workshop Inovasi Pendidikan

Guru merupakan seorang pendidik sekaligus menjadi panutan muridnya. Peran sebagai seorang guru memang tidak mudah, mengajarkan murid tentang berbagai ilmu sudah menjadi tugasnya. Namun, memastikan ilmu itu bisa diserap dengan baik oleh murid-murid juga penting. Oleh sebab itu, pelatihan SDM untuk para pendidik atau guru juga dibutuhkan agar murid-murid bisa terdidik dengan baik. Dengan demikian keterampilan guru dalam mengajar dapat terus ditingkatkan.

Di Kota Depok pada 11 Desember 2019 dilaksanakan Workshop Inovasi Pendidikan (WIP) yang diikuti 180 guru SD negeri dan swasta di Kota Depok. Kegiatan yang diinisiasi SDN Depok Baru 8, Pancoran Mas dan Lembaga Pelatihan Smart Cendekia yang mengajak peserta memahami proses pembelajaran dan mengoptimalisasi kinerja otak siswa, khususnya terhadap Anak Berkebutuhan Khusus (ABK).

[Baca Juga: Mengenal, Memahami, Mendampingi Anak Berkebutuhan Khusus]

Melansir laman depok.go.id (12/12/2019). Ketua Penyelenggara WIP Sulistyowati Triasih mengatakan, SDN Depok Baru 8 merupakan salah satu sekolah inklusif di Depok. Melalui kegiatan ini, pihaknya ingin menyamakan persepsi tentang adanya perbedaan karakteristik pembelajaran terhadap peserta didik, baik yang reguler maupun ABK. “Dengan memahami kondisi setiap siswa, diharapkan dapat meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas. Termasuk meningkatkan mutu tenaga pendidik dalam proses Kegiatan Belajar Mengajar (KBM),” katanya di Balai Kota Depok.

Sulistyowati melanjutkan, workshop tersebut menghadirkan berbagai narasumber yang ahli di bidang pendidikan maupun neurologi. Seperti Amir Zuhdi seorang pakar neuro parenting, membahas tentang optimalisasi kinerja otak, serta Pembicara Bidang Pendidikan Tingkat Nasional Muhammad Fajri yang membahas mengenai penerapan logika matematika dalam berpikir pada siswa.

[Baca Juga: Program #Bedabisabersama, Smartfren Bantu Sekolah Master Depok]

Selain itu, juga menghadirkan Dinas Perlindungan Anak Pemberdayaan Masyarakat dan Keluarga (DPAPMK) Kota Depok yang membahas tentang Sekolah Ramah Anak (SRA). Materi ini dinilai penting untuk disampaikan, karena SRA tidak hanya berbicara mengenai fasilitas, namun juga tenaga pendidik yang mampu memahami karakteristik anak didik. “Dengan demikian, diharapkan pemahaman guru terkait konsep dasar pengajaran lebih komprehensif. Selain itu, mudah-mudahan dengan berbagai materi ini, keterampilan guru dalam mengajar dapat terus ditingkatkan,” pungkasnya.


Read More

Artikel Lainnya

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur In i.jpg

Bisnis

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur Ini

26 January 2023, 15:30

Baru-baru ini perusahaan startup manufaktur Imajin disebut berhasil meraih suntikan pendanaan awal yang dipimpin East Ventures.

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus.jpg

Pendidikan

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus

26 January 2023, 13:28

Tim dosen Unpad berhasil membuat inovasi tes khusus yang dapat menunjukan bagaimana kompetensi mahasiswa dalam berbahasa Indonesia.

Kota Tangerang Sukses Turunkan Jumlah Kasus Stunting di Tahun 2022.jpg

Kesehatan

Kota Tangerang Sukses Turunkan Jumlah Kasus Stunting di Tahun 2022

26 January 2023, 11:25

Pemkot Tangerang baru-baru ini mengungkap data yang menunjukan bahwa pihaknya telah berhasil secara perlahan menurunkan jumlah kasus stunting di wilayahnya.

Konser Dewa 19 di JIS Siap Digelar 4 Februari 2023, Tiket Mulai Dijual Pekan Ini.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser Dewa 19 di JIS Siap Digelar 4 Februari 2023, Tiket Mulai Dijual Pekan Ini

25 January 2023, 14:57

Setelah sempat ditunda tahun lalu, pihak Red Line Kreasindo memastikan konser Dewa 19 yang mempertemukan empat vokalis dan empat drummer dipastikan akan digelar di JIS pada awal Februari 2023 nanti.


Comments


Please Login to leave a comment.