2 Dosen UGM Terpilih Sebagai ASEAN Science Diplomat 2020 .jpg

Pendidikan

2 Dosen UGM Terpilih Sebagai ASEAN Science Diplomat 2020

ASEAN Science Diplomat 2020 merupakan jaringan ilmuwan muda asal ASEAN yang mengemban tugas dalam mendorong pengembangan ilmu pengetahuan di regional Asia Tenggara. Para diplomat yang terpilih diharapkan dapat membantu dan bersuara sebagai duta untuk pembangunan dan perkembangan ilmu pengetahuan di negara asalnya.

Dua dosen Universitas Gadjah Mada (UGM) Dr. Ahmad Agus Setiawan dan Dr. Himawan Tri Bayu Murti Petrus, terpilih sebagai ASEAN Science Diplomat 2020. Yang dipilih sebagai ASEAN Science Diplomat berusia di bawah 45 tahun. ASEAN Science Diplomat terpilih melalui proses seleksi oleh panel juri. Pada tahun ini, terdapat 365 peneliti yang mengikuti seleksi, dan 14 peneliti yang kemudian terpilih sebagai Outstanding Diplomat.

2 Dosen UGM Terpilih Sebagai ASEAN Science Diplomat 2020 2.jpg

“Jaringan ini juga berfungsi sebagai wadah untuk membina pemahaman yang erat antarilmuwan di negara-negara ASEAN. Di Asia Tenggara banyak sekali ilmuwan yang andal, hanya diperlukan wadah untuk membangun diskusi yang lebih cair dan fleksibel,” kata Ahmad.

Keempat belas ilmuwan ini akan mengambil bagian dalam ASEAN Science Diplomat Assembly. Pertemuan ini dijadwalkan untuk diselenggarakan pada Juni tahun ini, namun akhirnya ditunda akibat pandemi COVID-19.

Menurut Ahmad, sains dan teknologi sangat penting untuk menentukan masa depan pembangunan regional. Walaupun begitu, ia menyebutkan di beberapa negara beberapa bidang sains kerap kali dikesampingkan karena prioritasnya berbeda dan lebih banyak fokus ke bidang sosial dan politik.

[Baca Juga: UGM Kembali Jadi Kampus Nomor Satu di Indonesia]

Ahmad melanjutkan, di setiap negara dibutuhkan ilmuwan yang berperan sebagai role model untuk generasi yang lebih muda seperti Habibie yang dikenal sebagai Bapak Teknologi Indonesia. ia merupakan dosen di Departemen Teknik Nuklir & Teknik Fisika UGM. Ahmad dikenal sebagai peneliti di bidang teknik energi terbarukan.

Sebelumnya ia juga pernah menerima sejumlah penghargaan, di antaranya ASEAN Science and Technology Fellowship Priority Area Sustainable Energy serta Energy Globe Award 2012 dan Energy Globe Ambassador 2013 dari Energy Globe Foundation, Austria. Sedangkan, Himawan Petrus merupakan dosen Teknik Kimia yang sebelumnya pernah menerima ASEAN-US Fellow for Science and Technology.


Read More

Artikel Lainnya

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah.jpg

Bisnis

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah

03 February 2023, 16:35

Demi memastikan tidak adanya ketimpangan digital di daerah pedesaan luar Jawa, Amartha Foundation baru-baru ini meresmikan desa digital di wilayah Sulawesi Tengah.

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung.jpg

Bisnis

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung

03 February 2023, 14:20

Melalui kemitraan dengan PT KCIC, pengguna tiket.com ke depannya bisa memesan tiket untuk layanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB).

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

Berita Kawasan

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

02 February 2023, 17:41

Peresmian unit tempat parkir sepeda dilakukan oleh Corporate Secretary Pertamina NRE Dicky Septriadi, Wakil Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Chaidir, dan Ketua Umum B2W Fahmi Saimima.

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023.jpg

Hobi dan Hiburan

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023

02 February 2023, 15:41

Setelah memberikan teaser siapa saja yang akan tampil, akhirnya pihak penyelenggara mengumumkan siapa saja yang nanti siap menghibur Anda di Woke Up Fest 2023.


Comments


Please Login to leave a comment.