2 Minggu Sekali! Warga Kota Bandung Dapat Layanan KB MKJP Gratis.jpg

Kesehatan

2 Minggu Sekali! Warga Kota Bandung Dapat Layanan KB MKJP Gratis

Pemerintah mendorong agar masyarakat mengikuti program Keluarga Berencana atau KB demi mengatur jumlah kelahiran anak sekaligus memastikan pasangan di Tanah Air memiliki jarak yang ideal antara kelahiran dan tentu saja demi menekan potensi risiko kematian dari bayi.

Dengan salah satu metodenya adalah melalui kontrasepsi jangka pendek atau bisa juga ayang jangka panjang. Untuk yang jangka panjang biasanya dikenal dengan istilah MKJP atau Metode Kontrasepsi Jangka Panjang yang terdiri dari alat kontrasepsi dalam rahim atau IUD, medis operatif wanita (MOW) dan Medis Operatif Pria (MOP). Bagi Anda warga Kota Kembang dan memang sedang mempertimbangkan untuk mengikuti program KB MKJP maka bisa memanfaatkan program Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung.

2 Minggu Sekali! Warga Kota Bandung Dapat Layanan KB MKJP Grati s.jpg

Metode MKJP dipandang sebagai kontrasepsi yang paling efektif dengan komplikasi yang cenderung lebih kecil potensinya dan dapat digunakan untuk waktu yang lama bahkan bisa seumur hidup. Menariknya, pemkot Bandung melalui Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kota Bandung memberikan layanan kontrasepsi ini secara gratis bagi warga Kota kembang dan kegiatan ini digelar secara rutin bagi Anda yang ingin memanfaatkan program tersebut.

Saat ini setidaknya ada dua lokasi layanan MKJP gratis untuk warga Kota Bandung pada pekan ini. Pertama bagi Anda yang ingin mendapatkan layanan IUD serta implan maka bisa datang ke Bidan Praktek Mandiri Bidan Sri di Kecamatan Coblong. Sedangkan untuk MKJP MOW dan MOP yang memang melibatkan operasi medis dengan dokter maka digelar di rumah sakit secara rutin dua pekan sekali di RSAU dr Salamun, RSIA Graha Bunda, dan RSUD Bandung Kiwari.

[Baca Juga: Ibu Hamil di Bandung Mulai Bisa Divaksin, Ini Ketentuannya]

‘Harapannya seluruh pasangan usia subur Kota Bandung bisa untuk memahami dan merencanakan reproduksinya untuk bisa mewujudkan keluarga yang sehat dan sejahtera dengan perencanaan keluarga yang baik,” tutur Kepala Bidang KB DPPKB dr Rosye Arosdiani terkait layanan MKJP gratis, sebagaimana dikutip dari Bandung.go.id (4/10/2022).

Pada latanan MKJP gratis di pekan ini disebut dimanfaatkan sekitar 93 warga Kota Bandung ayng terdiri dari 50 akseptor untuk IUD serta implan, lalu 40 orang untuk layanan MOP, dan tiga sisanya merupakan akseptor untuk layanan MOP. Pemkot bandung telah menargetkan di tahun ini penerima layanan MOW adalah 351 dan MOP 16 akseptor. Target tersebut diungkapkan sudah hampir tercapai dengan sudah ada 250 yang menggunakan MOW dan 14 orang untuk MOP.


Read More

Artikel Lainnya

Hadirkan Menu Desserts di Cabang Gandaria City, Fore Coffee Gandeng Oma Ell y.jpg

Kuliner

Hadirkan Menu Desserts di Cabang Gandaria City, Fore Coffee Gandeng Oma Elly

07 December 2022, 16:31

Fore Coffee baru-baru ini mengumumkan menu pendamping baru yang tepat untuk jadi teman minum kopi dan menu ini merupakan hasil kreasi kolaborasi dengan Oma Elly.

Bantu Sesama, Kawan Lama Group Gelar Aksi Donor Darah di 27 Kot a.jpg

Bisnis

Bantu Sesama, Kawan Lama Group Gelar Aksi Donor Darah di 27 Kota

07 December 2022, 14:29

Pada akhir pekan lalu, Kawan lama Group kembali menggelar aksi donor darah secara serentak di puluhan gerai ACE serta Informa yang tersebar di 27 kota.

Amartha Gandeng Puluhan Ribu UMKM di Sumatera Barat untuk Go Digital.jpg

Bisnis

Amartha Gandeng Puluhan Ribu UMKM di Sumatera Barat untuk Go Digital

07 December 2022, 12:26

Perusahaan Amartha mengumumkan berhasil menggandeng hingga lebih dari 50.000 UMKM di Sumatera Barat untuk proses adopsi digitalisasi via Amartha+.

Wow, Perwakilan Indonesia Raih Juara Kedua di Kompetisi Chatime Global Tea-Rist a.jpg

Bisnis

Wow, Perwakilan Indonesia Raih Juara Kedua di Kompetisi Chatime Global Tea-Rista

06 December 2022, 16:16

Hadapi perwakilan Chatime dari enam negara lainnya, tea-rista Chatime Indonesia berhasil menyabet juara kedua di kompetisi brewed tea tingkat dunia di Taiwan.


Comments


Please Login to leave a comment.