2 Perusahaan Teknologi Ini Bantu Penanganan COVID-19 dengan AI

Bisnis

2 Perusahaan Teknologi Ini Bantu Penanganan COVID-19 dengan AI

Kasus positif COVID-19 di Indonesia mencapai angka 7.418, dari total keseluruhan itu diketahui jumlah pasien meninggal sebanyak 635 pasien. Sementara pasien sembuh terus bertambah menjadi 913 pasien. Dari seluruh angka kasus positif COVID-19 di tanah air, sebanyak 3.399 kasus disumbang Provinsi DKI Jakarta dengan kasus kematian sebanyak 301 orang dan 322 pasien dinyatakan sembuh. Data ini merupakan laporan harian pemerintah mengenai penanganan pandemi yang disebabkan virus SARS-CoV-2, melalui situs covid-19.go.id, Rabu siang (22/4/2020).

Melalui pernyataan resmi tertulis yang diterima PingPoint.co.id, Co-Founder sekaligus CEO Chatbiz.id Terry Djony, memandang dampak yang disebabkan pandemi COVID-19 kian meluas, bukan saja dalam hal kesehatan tapi telah merambah ke ranah sosio-ekonomi.

2 Perusahaan Teknologi Ini Bantu Penanganan COVID-19 dengan AI Nodeflux

1) Nodeflux

Perusahan pengembang teknologi artificial intelegent (AI), Nodeflux adalah salah satu contoh perwakilan pihak swasta yang berinisiatif untuk ikut berkontribusi dalam percepatan penanganan pandemi COVID-19. Khususnya kala DKI Jakarta menerapkan kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) pada periode 10-24 April 2020. Belakangan kebijakan PSBB diperpanjang hingga 22 Mei mendatang.

Dalam kerjanya, Nodeflux melakukan integrasi CCTV di wilayah DKI Jakarta. ntegrasi itu tersambung di 1.500 CCTV milik pemerintah provinsi. Dari jumlah tersebut, sebanyak 90 persen melakukan video analitik kepadatan kendaraan. Dan, lebih dari 70 persennya melakukan video analitik kepadatan masyarakat.

[Baca Juga: Ini 3 Penerapan Teknologi AI Bagi Percepatan Penanganan COVID-19]

CEO Nodeflux Meidy Fitrianto menjelaskan, ada tiga peran yang dijalankan teknologi AI dalam kamera pengawas tersebut, yakni, public mobility monitoring, (mendeteksi dan menghitung kepadtan manusia dan kendaraan) social distance monitoring, (memantau dan memberi peringatan secara otomatis ketika adanya jarak antarmanusia kurang dari satu meter) dan terakhir face-mask monitoring, membantu memberi peringatan jika ada seseorang yang tak mengenakan masker. "Kami percaya, kolaborasi pemerintah dan swasta dapat mendorong percepatan penanganan pandemi ini," ucap Meidy, sebagaimana diberitakan bisnis.com (20/4/2020).

2 Perusahaan Teknologi Ini Bantu Penanganan COVID-19 dengan AI Huawei

2) Huawei

Sementara itu, produsen teknologi Huawei adalah contoh lainnya dari kolaborasi pihak swasta dan pemerintah dalam menangani COVID-19. Kontribusi perusahaan yang bermarkas pusat di Tiongkok ini diaplikasikan melalui dukungan solusi AI-Assisted Analysis di Rumah Sakit Pusat Pertamina (RSPP) Jakarta sejak 2 April lalu.

Dengan begitu, pihak Radiologi RSPP bisa dengan cepat mengetahui kondisi paru-paru pasien, termasuk munculnya area pelukaan pada organ tersebut yang menjadi beberapa penanda adanya gejala akibat infeksi COVID-19. Semuanya itu bahkan sebelum dilakukannya konfirmasi oleh dokter spesialis radiologi.

[Baca Juga: BPPT Kembangkan Alat Test Kit dan Portable Ventilator]

“Kami berharap, dengan menyinergikan kemampuan teknologi kami dengan kepakaran-kepakaran di bidang lain, seperti dunia kesehatan dapat segera berhasil menuntaskan persoalan ini. Mari bahu-membahu dan bersatu untuk mengalahkan pandemi ini," sebut Ken Qijian, Vice President, Public Affairs and Communications, Huawei Indonesia di situs grid.id (13/4/2020).

Banyak orang di dunia menggantungkan harapan pada teknologi ini, tidak sedikit juga yang meyakini bahwa AI adalah salah satu senjata ampuh dalam membantu manusia mengatasi virus SARS-CoV-2. Dan semoga benar demikian adanya.


Read More

Artikel Lainnya

Harga Rp6 Jutaan, Xiaomi 12T Resmi Hadir di Indonesia.jpg

Bisnis

Harga Rp6 Jutaan, Xiaomi 12T 5G Resmi Hadir di Indonesia

01 December 2022, 15:55

Anggota keluarga baru di Xiaomi 12 Series pada hari ini secara resmi diboyong ke Tanah Air dengan membawa spesifikasi yang mumpuni serta kemampuan pengambilan gambar yang disebut tepat bagi para kreator konten.

Mulai Hari Ini! Tangerang Great Sale Digelar Hingga 31 Desember 2022.jpg

Bisnis

Mulai Hari Ini! Tangerang Great Sale Digelar Hingga 31 Desember 2022

01 December 2022, 13:32

Menjelang momen Natal 2022 dan Tahun Baru 2023, pesta diskon serta pameran UMKM bertajuk Tangerang Great Sale siap digelar sampai 31 Desember 2022.

Permudah Belanja Kebutuhan Natal dan Tahun Baru di ruparupa.co m.jpg

Bisnis

Permudah Belanja Kebutuhan Natal dan Tahun Baru di ruparupa.com

01 December 2022, 10:30

Bagi Anda yang saat ini sudah bersiap untuk berbelanja kebutuhan di rumah untuk sambut momen Natal 2022 dan Tahun Baru 2023, maka ruparupa.com dapat jadi solusi mudahnya.

Sambut Momen Akhir Tahun, realme Gelar Promo Golden Carnival.jpg

Bisnis

realme Gelar Promo Golden Carnival di Momen Akhir Tahun 2022

30 November 2022, 14:25

Dalam rangka mendekatkan diri dengan realme Fans, realme akan menggelar promo serta event dengan tema Let It Gold dalam rangka menyambut momen akhir tahun 2022.


Comments


Please Login to leave a comment.