2 Rumah Sakit di Jakarta Terima Donasi Bilik Swab Buatan SCG

Bisnis

2 Rumah Sakit di Jakarta Terima Donasi Bilik Swab Buatan SCG

Tim medis—dokter, perawat dan tenaga medis pendukung—sebagai garda terdepan dalam penanganan pandemi COVID-19, memiliki risiko tinggi terpapar virus SARS-CoV-2 karena dalam menjalankan tugasnya sehari-hari, mengharuskan mereka berinteraksi dengan pasien COVID-19. Belakangan bantuan beragam alat pendukung kepada para pejuang kesehatan ini pun mengalir deras dari berbagai kalangan masyarakat, hingga saat ini.

Demikian juga dari kalangan pengusaha dan perusahaan, tidak ketinggalan berkontribusi mendukung usaha tim medis. Siam Cement Group atau SCG adalah satu diantaranya. Kurun kurang sepekan terakhir, konglomerasi bisnis kenamaan ASEAN yang memiliki 30 perusahaan di Indonesia ini, menyumbangkan bilik swab (screening chamber) pada dua rumah sakit (RS) swasta di Jakarta. Demikian bunyi pesan dalam siaran pers yang diterima PingPoint.co.id (11/5/2020).

2 Rumah Sakit di Jakarta Terima Donasi Bilik Swab Buatan SCG

Lebih lanjut disampaikan, donasi ini diberikan pihak perusahaan dalam rangka meminimalkan kontak langsung antara tenaga medis dan pasien sehingga dapat menghindari penularan COVID-19 dari pasien kepada para tenaga kesehatan atau nakes. Jumat (11/5/2020) kemarin, bilik swab ini telah diterima pihak Rumah Sakit Angkatan Udara (RSAU) dr. Esnawan Antariksa .

“Banyak hal yang menjadi penyebab penularan terhadap tenaga medis salah satu yang paling utama adalah faktor keamanan. Kami berterima kasih kepada SCG atas inovasi bilik swab ini yang sangat kami harapkan dapat membantu kami meminimalisir penularan virus dari pasien kepada tenaga medis sehingga bisa menekan jumlah angka positif dan kematian COVID-19 di Indonesia“ ucap Kepala RSAU dr. Esnawan Antariksa dr. Berlian Arja Mukti.

[Baca Juga: Dosen UGM Ciptakan Bilik Swab untuk Pengetesan Covid-19 Tanpa APD]

Sebelumnya, bantuan yang sama diberikan ke RS Saint Carolus pada Rabu (6/5/2020) dan diterima oleh Direktur RS St Carolus, dr. Endortomo Sumargono, SpOT. “Sebagai garda terdepan, tentu inovasi yang bisa meningkatkan kinerja kami dalam mendiagnosis pasien sekaligus memberikan rasa aman bagi kami sangatlah dibutuhkan. Kami sangat mengapresiasi niat baik dan solusi inovatif dari SCG kepada kami untuk mengatasi pandemi ini bersama-sama,” ucap dr. Endortomo.

Bilik swab ini, sambung dia, dibuat khusus dengan berkolaborasi bersama para dokter untuk memastikan keamanan, kebersihan, kenyamanan, serta kesesuaian dengan kebutuhan rumah sakit dan tenaga medis. “Kami juga senang bahwa SCG melibatkan kami untuk bersama-sama mengembangkan desain dan membuat inovasi ini sesuai dengan kebutuhan kami,” tukas dr. Endortomo.

2 Rumah Sakit di Jakarta Terima Donasi Bilik Swab Buatan SCG

Sementara itu, Country Director SCG Indonesia Wiroat Rattanachaisit mengaku, donasi ini lahir dari rasa kemanusiaan yang tergerak karena situasi terkini yang menunjukan konsistensi peningkatan jumlah kasus positif COVID-19 di Indonesia di kalangan masyarakat awam dan medis.

[Baca Juga: RSND Semarang Lakukan Tes Swab Secara Drive Thru]

Dia pun mengungkapkan, dalam proses produksinya sangat memperhatikan faktor keamanan, karena SCG menggunakan struktur yang biasa digunakan untuk membangun rumah yaitu hollow steel structure sehingga menjadikan struktur unit yang kokoh, dilengkapi pula dengan exhaust fan untuk sirkulasi udara yang baik serta berbahan acrylic untuk memastikan penyerapan yang lebih baik.

Selaras itu, Wiroat pun mengatakan, bilik swab produksi SCG beda dari yang lain. Sebab, dibuat dengan konsep, desain, material, dan metode pemasangan yang dipikirkan dengan baik guna memastikan jaminan kualitas unit demi menunjang kinerja dokter dan tenaga medis lainnya. Keunggulan lainnya, bilik ini dibuat dengan desain prefabricated, sehingga mudah untuk dimobilisasikan, dibersihkan, dan tidak membutuhkan waktu lama dalam proses produksi yaitu dua hari kerja untuk satu buah unit.


Read More

Artikel Lainnya

Semarakan 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week.jpg

Bisnis

Semarak 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week

30 September 2022, 15:45

Untuk merayakan pertandingam 2022 PMPL SEA Championship, realme memutuskan menghadirkan promo lucky draw bertajuk realme Esports Week.

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung - Copy.jpg

Bisnis

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung

30 September 2022, 13:44

Pada momen pembukaan cabang Selma terbaru di daerah Ciledug, ritel mebel di bawah naungan Kawan Lama Group itu menggelar program edukasi kesehatan jantung.

Romokalisari Adventure Land Bawa Berkah untuk UMKM Setempat - Copy.jpg

Bisnis

Romokalisari Adventure Land Bawa Berkah untuk UMKM Setempat

30 September 2022, 11:42

Ternyata Romokalisari Adventure Land yang belum lama ini diresmikan disebut berhasil meningkatkan pemasukan para pelaku UMKM di sana.

Rayakan Peningkatan Okupansi Berkat tiket.com, RedDoorz Berikan Penghargaa n.jpg

Bisnis

Rayakan Peningkatan Okupansi Berkat tiket.com, RedDoorz Berikan Penghargaan

29 September 2022, 19:46

Usai berkolaborasi selama empat tahun terakhir, tiket.com baru-baru ini mendapatkan penghargaan dari RedDoorz yang memandang perusahaan OTA itu berhasil membantu peningkatan industri pariwisata di Tanah Air.


Comments


Please Login to leave a comment.