20 Kelompok Tari Ikuti Kompetisi Seni Budaya di RPTRA Mawar

Berita Kawasan

20 Kelompok Tari Ikuti Kompetisi Seni Budaya di RPTRA Mawar

Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) merupakan fasilitas umum yang bisa digunakan untuk kegiatan masyarakat di Jakarta. mulai dari taman bermain, belajar hingga acara khusus seperi Apresiasi dan Kompetisi Seni Budaya Berbasis Komunitas Tahun 2019. Kompetisi ini, baru saja berlangsung di RPTRA Mawar, Lebak Bulus, Jakarta Selatan. Kompetisi Seni Budaya ini resmi dibuka oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Jakarta Selatan Mukhlisin Pada 12 Juli lalu.

Menurutnya Mukhlisin, RPTRA memiliki fungsi yang beragam. “Selain tempat berkumpulnya warga, dimasing-masing wilayah RPTRA juga dapat berperan sebagai community central bagi masyarakat sekitar,” kata Mukhlisin.

20 Kelompok Tari Ikuti Kompetisi Seni Budaya di RPTRA Mawar

Mukhlisin melanjutkan, pembangunan RPTRA banyak melibatnya masyarakat termasuk untuk urusan memelihara taman yang dikoordini langsung oleh lurah setempat. Adanya RPTRA di Jakarta, perlu dimanfaatkan untuk kegiatan positif dan bermanfaat bagi anak-anak dan warga sekitar. “Oleh karena itu, saya menyambut baik adanya program dari Suku Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Administrasi Jakarta Selatan, dalam bentuk seni budaya dibidang Seni Tari yang tersebar di 60 RPTRA di Jaksel,” ujar Mukhslisin.

[Baca Juga: Pemkot Jakut Optimistis Juara Umum Gebyar RPTRA 2019]

Melansir dari selatan.jakarta.go.id (15/7/2019) Mukhlisin didampingi oleh Kepala Bagian Perekonomian Jakarta Selatan Alamsyah. Ia juga menyambut gembira dan mengucapkan selamat kepada pemenang lomba dari babak penyisihan. Mukhlisin berharap pada kompetisi babak final, para peserta mendapatkan hasil yang lebih baik. "Selamat kepada para peserta yang telah lolos seleksi di babak penyisihan, dan semoga pada babak final ini diberikan hasil yang baik dan sesuai dengan yang telah diusahakan," ujarnya.

20 Kelompok Tari Ikuti Kompetisi Seni Budaya di RPTRA Mawar

Kepala Seksi Kebudayaan Suku Dinas Pariwisata dan Budaya Jakarta Selatan Yuyu Wahyudin menambahkan, ada 20 tim Tari RPTRA yang berlaga pada ajang kompetisi seni budaya berbasis komunitas dengan dua kategori, yakni Nuansa Betawi dan Nusantara. "Hari ini 20 tim dari RPTRA yang sudah melalui babak penyisihan. 10 untuk kategori tari Betawi dan 10 untuk kategori Nusantara. Nanti diambil 5 pemenang untuk mendapatkan uang pembinaan, piagam, dan piala," kata Yuyu.

[Baca Juga: Ada 4 Kategori Perlombaan di Gebyar RPTRA Akasia Tebet]

Salah satu peserta lomba tari kategori Nuansa Betawi dari RTPRA Taman Jangkrik Taqiya menyebutkan, persiapan latihan sebelum tampil dilakukan setiap hari. Menjaga kesehatan, dan pola makan teratur pun diterapkan agar badan tetap fit saat menari. "Latihan sehari bisa dua kali rutin. Menghafal gerak dirumah juga dilakukan. Saran dari pelatih harus makan teratur, jaga kesehatan, jangan bosan latihan, dan jaga kekompakan supaya penampilannya maksimal," ujar Taqiya.


Read More

Artikel Lainnya

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo

23 September 2022, 15:57

Setelah sukses digelar di Candi Prambanan, konser Dewa 19 yang menghadirkan full team akan kembali manggung bersama dan kali ini digelar di wilayah Solo.

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim.jpg

Bisnis

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim

23 September 2022, 13:56

Baru-baru ini Amartha dan BPR Jatim resmi berkolaborasi dalam upaya menyalurkan Rp250 miliar untuk membantu pengembangan bisnis perempuan pengusaha mikro di wilayah Jawa Timur serta Jawa Tengah.

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIVAIDS.jpg

Kesehatan

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIV/AIDS

23 September 2022, 11:54

Setelah bulan lalu sempat ramai pembahasan kabar ribuan orang di Kota Bandung yang menderita HIV/AIDS, pakar Universitas Padjadjaran memberikan masukan terkait metode pencegahannya, khususnya di wilayah kampus.

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition Uncertainty

Hobi dan Hiburan

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition ‘Uncertainty’

22 September 2022, 18:20

Seniman muda Kota Malang, Bambang Suprapto, menggelar pameran tunggal yang bertajuk ‘Uncertainty’ di Kedai Lantjar Djaya, Kota Malang.


Comments


Please Login to leave a comment.