20 Penulis dari JWF Luncurkan Buku Hikayat Kotaku

Pendidikan

20 Penulis dari JWF Luncurkan Buku Hikayat Kotaku

Berkarya untuk menulis sebuah buku adalah impian bagi para calon penulis. Tidak terkecuali para peserta dari kelas penulisan Jakarta Writingthon Festival (JWF). Dalam kegiatan JWF tersebut, para peserta diminta untuk menulis dengan berbagai topik yang sudah ditentukan. Selama proses menulis, para peserta dibantu Bitread, yaitu sebuah gerakan untuk menerbitkan buku secara mandiri atau self publishing.

20 Penulis dari JWF Luncurkan Buku Hikayat Kotaku

Kegiatan itu pun dilakukan di Perpustakaan Jakarta Timur yang bertujuan untuk menerbitkan buku secara khusus tentang Jakarta Timur. Sebanyak 140 peserta yang ikut JWF, diseleksi 20 penulis yang akhirnya terpilih sebagai penulis buku Hikayat Kotaku, Antologi Pesona Jakarta Timur. Pada tanggal 27 November 2019, buku tersebut resmi diluncurkan Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Kadis Pusip) DKI Jakarta di kantor Suku Dinas (Sudin) Perpustakaan dan Kearsipan Jakarta Timur.

[Baca Juga: Ketix Ingin Lahirkan Satu Juta Penulis Baru]

Melansir laman beritajakarta.id (28/11/2019). Kadis Perpusip DKI, Wahyu Haryadi mengatakan, buku yang diluncurkan tersebut merupakan hasil tulisan dari 20 penulis pemula yang telah diseleksi pada April 2019 saat mengikuti JWF. "Selanjutnya, buku setebal 233 halaman ini akan disebar di lima perpustakaan wilayah DKI sebagai bahan bacaan," ucap Haryadi. Ia menambahkan, ke depan pihaknya juga akan menjalin kerja sama dengan penerbit buku agar dapat dipasarkan secara umum.

Kasudin Perpustakaan dan Kearsipan Jakarta Timur Eka Nuretika Putera menjelaskan, dua puluh penulis pemula itu merupakan hasil seleksi dari 140 peserta. Selanjutnya, para penulis pemula ini diberikan bimbingan penulisan dan diajak untuk observasi lapangan sebagai upaya untuk memudahkan para penulis dalam teknik penulisan tentang kearifan lokal di Jakarta Timur. "Misalnya, menulis tentang tempat wisata, kuliner, museum sejarah dan kearifan-kearifan lokal lainnya yang ada di Jakarta Timur," jelasnya.

[Baca Juga: Edukasi Masalah Depresi dalam Buku Loving Wounded Soul]

Sementara, salah satu penulis Bimo Wicaksono yang juga anggota PPSU Kelurahan Pondok Bambu yang menulis tentang menulis tentang sejarah Pangeran Jayakarta mengaku sangat senang bisa diedukasi dan difasilitasi untuk menulis buku. "Berkat dukungan semua pihak, semua tantangan itu bisa terlewati hingga akhirnya terbit buku ini," tandasnya.


Read More

Artikel Lainnya

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo

23 September 2022, 15:57

Setelah sukses digelar di Candi Prambanan, konser Dewa 19 yang menghadirkan full team akan kembali manggung bersama dan kali ini digelar di wilayah Solo.

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim.jpg

Bisnis

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim

23 September 2022, 13:56

Baru-baru ini Amartha dan BPR Jatim resmi berkolaborasi dalam upaya menyalurkan Rp250 miliar untuk membantu pengembangan bisnis perempuan pengusaha mikro di wilayah Jawa Timur serta Jawa Tengah.

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIVAIDS.jpg

Kesehatan

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIV/AIDS

23 September 2022, 11:54

Setelah bulan lalu sempat ramai pembahasan kabar ribuan orang di Kota Bandung yang menderita HIV/AIDS, pakar Universitas Padjadjaran memberikan masukan terkait metode pencegahannya, khususnya di wilayah kampus.

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition Uncertainty

Hobi dan Hiburan

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition ‘Uncertainty’

22 September 2022, 18:20

Seniman muda Kota Malang, Bambang Suprapto, menggelar pameran tunggal yang bertajuk ‘Uncertainty’ di Kedai Lantjar Djaya, Kota Malang.


Comments


Please Login to leave a comment.