20 Penulis dari JWF Luncurkan Buku Hikayat Kotaku

Pendidikan

20 Penulis dari JWF Luncurkan Buku Hikayat Kotaku

Berkarya untuk menulis sebuah buku adalah impian bagi para calon penulis. Tidak terkecuali para peserta dari kelas penulisan Jakarta Writingthon Festival (JWF). Dalam kegiatan JWF tersebut, para peserta diminta untuk menulis dengan berbagai topik yang sudah ditentukan. Selama proses menulis, para peserta dibantu Bitread, yaitu sebuah gerakan untuk menerbitkan buku secara mandiri atau self publishing.

20 Penulis dari JWF Luncurkan Buku Hikayat Kotaku

Kegiatan itu pun dilakukan di Perpustakaan Jakarta Timur yang bertujuan untuk menerbitkan buku secara khusus tentang Jakarta Timur. Sebanyak 140 peserta yang ikut JWF, diseleksi 20 penulis yang akhirnya terpilih sebagai penulis buku Hikayat Kotaku, Antologi Pesona Jakarta Timur. Pada tanggal 27 November 2019, buku tersebut resmi diluncurkan Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Kadis Pusip) DKI Jakarta di kantor Suku Dinas (Sudin) Perpustakaan dan Kearsipan Jakarta Timur.

[Baca Juga: Ketix Ingin Lahirkan Satu Juta Penulis Baru]

Melansir laman beritajakarta.id (28/11/2019). Kadis Perpusip DKI, Wahyu Haryadi mengatakan, buku yang diluncurkan tersebut merupakan hasil tulisan dari 20 penulis pemula yang telah diseleksi pada April 2019 saat mengikuti JWF. "Selanjutnya, buku setebal 233 halaman ini akan disebar di lima perpustakaan wilayah DKI sebagai bahan bacaan," ucap Haryadi. Ia menambahkan, ke depan pihaknya juga akan menjalin kerja sama dengan penerbit buku agar dapat dipasarkan secara umum.

Kasudin Perpustakaan dan Kearsipan Jakarta Timur Eka Nuretika Putera menjelaskan, dua puluh penulis pemula itu merupakan hasil seleksi dari 140 peserta. Selanjutnya, para penulis pemula ini diberikan bimbingan penulisan dan diajak untuk observasi lapangan sebagai upaya untuk memudahkan para penulis dalam teknik penulisan tentang kearifan lokal di Jakarta Timur. "Misalnya, menulis tentang tempat wisata, kuliner, museum sejarah dan kearifan-kearifan lokal lainnya yang ada di Jakarta Timur," jelasnya.

[Baca Juga: Edukasi Masalah Depresi dalam Buku Loving Wounded Soul]

Sementara, salah satu penulis Bimo Wicaksono yang juga anggota PPSU Kelurahan Pondok Bambu yang menulis tentang menulis tentang sejarah Pangeran Jayakarta mengaku sangat senang bisa diedukasi dan difasilitasi untuk menulis buku. "Berkat dukungan semua pihak, semua tantangan itu bisa terlewati hingga akhirnya terbit buku ini," tandasnya.

Read More

Artikel Lainnya

Wow Event Nonton Konser Musik dari Mobil Siap Hadir di Indonesia

Hobi dan Hiburan

Wow! Event Nonton Konser Musik dari Mobil Siap Hadir di Indonesia

26 May 2020, 12:00

Sebentar lagi konsep nonton konser musik unik yang diadaptasi dari kondisi new normal akan segera hadir di Indonesia.

Bridgestone Indonesia Bagikan Bantuan Sembako Selama Pandemi

Bisnis

Bridgestone Indonesia Bagikan Bantuan Sembako Selama Pandemi

26 May 2020, 11:00

Mendukung gerakan Lawan Covid, Brigedstone membantu warga sekitaran fasilitas mereka dengan memberikan bahan kebutuhan pokok.

Tiga Lokasi di Jakarta Utara Ini Jadi Tempat Jaring Pelanggar PSBB

Berita Kawasan

Permprov Wajibkan Surat Izin Keluar-Masuk Khusus Wilayah DKI

26 May 2020, 10:00

Demi meminimalisir Kembali mobilitas masyarakat selama pandemi Covid-19, Pemprov DKI berikan surat izi khusus Keluar-Masuk Wilayah DKI

Tim Indonesia Akan Berlaga di AOV Premier League 2020

Hobi dan Hiburan

Tim Indonesia Akan Berlaga di AOV Premier League 2020

26 May 2020, 09:00

Rencananya akan ada dua tim yang mewakilkan Indonesia dalam kompetisi eSports internasional AOV Premier League 2020.


Comments


Please Login to leave a comment.