20 Penulis dari JWF Luncurkan Buku Hikayat Kotaku

Pendidikan

20 Penulis dari JWF Luncurkan Buku Hikayat Kotaku

Berkarya untuk menulis sebuah buku adalah impian bagi para calon penulis. Tidak terkecuali para peserta dari kelas penulisan Jakarta Writingthon Festival (JWF). Dalam kegiatan JWF tersebut, para peserta diminta untuk menulis dengan berbagai topik yang sudah ditentukan. Selama proses menulis, para peserta dibantu Bitread, yaitu sebuah gerakan untuk menerbitkan buku secara mandiri atau self publishing.

20 Penulis dari JWF Luncurkan Buku Hikayat Kotaku

Kegiatan itu pun dilakukan di Perpustakaan Jakarta Timur yang bertujuan untuk menerbitkan buku secara khusus tentang Jakarta Timur. Sebanyak 140 peserta yang ikut JWF, diseleksi 20 penulis yang akhirnya terpilih sebagai penulis buku Hikayat Kotaku, Antologi Pesona Jakarta Timur. Pada tanggal 27 November 2019, buku tersebut resmi diluncurkan Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Kadis Pusip) DKI Jakarta di kantor Suku Dinas (Sudin) Perpustakaan dan Kearsipan Jakarta Timur.

[Baca Juga: Ketix Ingin Lahirkan Satu Juta Penulis Baru]

Melansir laman beritajakarta.id (28/11/2019). Kadis Perpusip DKI, Wahyu Haryadi mengatakan, buku yang diluncurkan tersebut merupakan hasil tulisan dari 20 penulis pemula yang telah diseleksi pada April 2019 saat mengikuti JWF. "Selanjutnya, buku setebal 233 halaman ini akan disebar di lima perpustakaan wilayah DKI sebagai bahan bacaan," ucap Haryadi. Ia menambahkan, ke depan pihaknya juga akan menjalin kerja sama dengan penerbit buku agar dapat dipasarkan secara umum.

Kasudin Perpustakaan dan Kearsipan Jakarta Timur Eka Nuretika Putera menjelaskan, dua puluh penulis pemula itu merupakan hasil seleksi dari 140 peserta. Selanjutnya, para penulis pemula ini diberikan bimbingan penulisan dan diajak untuk observasi lapangan sebagai upaya untuk memudahkan para penulis dalam teknik penulisan tentang kearifan lokal di Jakarta Timur. "Misalnya, menulis tentang tempat wisata, kuliner, museum sejarah dan kearifan-kearifan lokal lainnya yang ada di Jakarta Timur," jelasnya.

[Baca Juga: Edukasi Masalah Depresi dalam Buku Loving Wounded Soul]

Sementara, salah satu penulis Bimo Wicaksono yang juga anggota PPSU Kelurahan Pondok Bambu yang menulis tentang menulis tentang sejarah Pangeran Jayakarta mengaku sangat senang bisa diedukasi dan difasilitasi untuk menulis buku. "Berkat dukungan semua pihak, semua tantangan itu bisa terlewati hingga akhirnya terbit buku ini," tandasnya.

Read More

Artikel Lainnya

Carry on Snacks, Camilan Praktis dari A&W

Kuliner

Carry on Snacks, Camilan Praktis dari A&W

12 December 2019, 19:00

Restoran A&W Indonesia menghadirkan menu baru yang dibuat praktis untuk para konsumen. Variannya terdiri dari french fries, chicken strips, chicken chunks, dan fries cube.

Sambut Natal dan Tahun Baru, RedDoorz Bagi-Bagi Promo Menarik

Bisnis

Sambut Natal dan Tahun Baru, RedDoorz Bagi-Bagi Promo Menarik

12 December 2019, 18:00

RedDoorz bagi bagi promo menginap akhir tahun dengan potongan harga hingga 40 persen. Gunakan kode PINGPOINT40 dalam program promo akhir tahun RedDoorz Sultan.

Gelar Inovasi Daerah Kabupaten Bekasi 2019 Diramaikan Berbagai Inovasi

Berita Kawasan

Gelar Inovasi Daerah Kabupaten Bekasi 2019 Ramai Berbagai Inovasi

12 December 2019, 17:00

Untuk memberikan wadah untuk para instansi di bidang pendidikan dan kesehatan, Kabupaten Bekasi mengadakan Gelar Inovasi Daerah.

Mitsubishi dan PMI Sepakati Mobil Listrik Sebagai Unit Tanggap Darurat

Kesehatan

Mitsubishi dan PMI Sepakati Mobil Listrik untuk Unit Tanggap Darurat

12 December 2019, 16:00

Mitsubishi pinjamkan mobil listirk kepada PMI demi menunjang ekspedisi unit tanggap darurat. Kesepakatan kedua belah pihak sudah ditandatangani


Comments


Please Login to leave a comment.