20 RS Rujukan COVID-19 di Surabaya Tak Bisa Lagi Tampung Tambahan Pasien

Kesehatan

20 RS Rujukan COVID-19 di Surabaya Tak Bisa Lagi Tampung Tambahan Pasien

Data terbaru yang dilaporkan situs lawancovid-19.surabaya.go.id, pada Minggu (3/5/2020), menyatakan total kasus positif COVID-19 di Kota Surabaya telah mencapai 554 orang, dengan rincian sebanyak 546 orang adalah dari dalam Kota Pahlawan, sedangkan pasien dari luar Surabaya sebanyak delapan orang. Sementara itu, 79 pasien dari Surabaya sudah sembuh dari COVID-19 ditambah lima pasien dari luar Surabaya. Selain itu dilaporkan pula pasien meninggal dunia sebanyak 71 orang.

Dalam menangani pandemi yang disebabkan oleh virus SARS-CoV-2 ini, Pemerintahan Provinsi Jawa Timur (Pemprov Jatim) bersama Pemerintahan Kota (Surabaya) telah menyiapkan 20 rumah sakit rujukan. Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Soetomo adalah rumah sakit rujukan utama.

[Baca Juga: PSBB Hari Ke-1, Segelintir Arek Surabaya Langgar Jam Malam]

Sedangkan rumah sakit (RS) rujukan lainnya di Kota Surabaya yaitu:

  • RS Katholik Saint Vincentius Paulo (RKZ)
  • RS Adi Husada Undaan Wetan
  • Rumah Sakit Primasatya Husada Citra (PHC)
  • RSUD Bhakti Dharma Husada
  • Rumah Sakit Islam Jemursari
  • RS Siloam
  • RSU Haji Surabaya
  • RS Premier
  • RS Husada Utama
  • RS Bhayangkara Tingkat II HS Samsoeri Mertojoso
  • Pusat Medis RS Manyar.

Selain itu ada pula RS Universitas Airlangga, RS Nasional Rumah Sakit, RS Royal, RS Tingkat III Brawijaya, RSAL Dr Ramelan, RS Jiwa Menur, RS Paru Surabaya, dan RSUD Dr Mohammad Soewandhie. Kendati demikian, ada kabar kurang mengenakkan terkait fasilitas kesehatan penanganan COVID-19.

20 RS Rujukan COVID-19 di Surabaya Tak Bisa Lagi Tampung Tambahan Pasien

Ketua Rumpun Kuratif Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Provinsi Jawa Timur, Joni Wahyuhadi mengatakan apabila seluruh orang yang terkonfirmasi positif maupun berstatus pasien dalam pengawasan (PDP), serta orang dalam pemantauan (ODP) tersebut harus masuk rumah sakit, maka sudah tidak ada lagi tempat yang tersedia. "Secara teoritis, saat ini seluruh rumah sakit itu sudah overload," ujarnya, sebagaimana diberitakan tirto.id (4/5/2020).

Sebagai langkah antisipasi, Pemprov Jatim akan menambahkan jumlah kapasitas tempat tidur di RS rujukan utama di Kota Pahlawan. Selain itu, Pemprov juga berencana menghadirkan rumah sakit darurat dalam waktu dekat, sekitar dua atau tiga hari ke depan.

[Baca Juga: Selama Pandemi, Ratusan Ribu Keluarga Surabaya Bebas Retribusi PDAM]

“Kami sedang menyiapkan ruangan baru dengan kapasitas 200 tempat tidur di Rumah Sakit Universitas Airlangga Surabaya. Selain itu, kami juga menyiapkan rumah sakit darurat dengan kapasitas 500 tempat tidur di Gedung Puslitbang Humaniora Jalan Indrapura Surabaya,” tandasnya.

Sekadar informasi, hingga kini total pasien dalam pengawasan (PDP) terkait Corona COVID-19 mencapai 1.209 orang. Dari jumlah tersebut, PDP dalam pengawasan sebanyak 697 orang dan PDP sembuh mencapai 510 orang. PDP meninggal ada dua orang. Selain itu, total kumulatif ODP mencapai 2.649 orang. Rinciannya ODP dipantau sebanyak 805 orang dan ODP selesai dipantau ada 1.844 orang.


Read More

Artikel Lainnya

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah.jpg

Bisnis

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah

03 February 2023, 16:35

Demi memastikan tidak adanya ketimpangan digital di daerah pedesaan luar Jawa, Amartha Foundation baru-baru ini meresmikan desa digital di wilayah Sulawesi Tengah.

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung.jpg

Bisnis

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung

03 February 2023, 14:20

Melalui kemitraan dengan PT KCIC, pengguna tiket.com ke depannya bisa memesan tiket untuk layanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB).

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

Berita Kawasan

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

02 February 2023, 17:41

Peresmian unit tempat parkir sepeda dilakukan oleh Corporate Secretary Pertamina NRE Dicky Septriadi, Wakil Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Chaidir, dan Ketua Umum B2W Fahmi Saimima.

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023.jpg

Hobi dan Hiburan

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023

02 February 2023, 15:41

Setelah memberikan teaser siapa saja yang akan tampil, akhirnya pihak penyelenggara mengumumkan siapa saja yang nanti siap menghibur Anda di Woke Up Fest 2023.


Comments


Please Login to leave a comment.