20 RS Rujukan COVID-19 di Surabaya Tak Bisa Lagi Tampung Tambahan Pasien

Kesehatan

20 RS Rujukan COVID-19 di Surabaya Tak Bisa Lagi Tampung Tambahan Pasien

Data terbaru yang dilaporkan situs lawancovid-19.surabaya.go.id, pada Minggu (3/5/2020), menyatakan total kasus positif COVID-19 di Kota Surabaya telah mencapai 554 orang, dengan rincian sebanyak 546 orang adalah dari dalam Kota Pahlawan, sedangkan pasien dari luar Surabaya sebanyak delapan orang. Sementara itu, 79 pasien dari Surabaya sudah sembuh dari COVID-19 ditambah lima pasien dari luar Surabaya. Selain itu dilaporkan pula pasien meninggal dunia sebanyak 71 orang.

Dalam menangani pandemi yang disebabkan oleh virus SARS-CoV-2 ini, Pemerintahan Provinsi Jawa Timur (Pemprov Jatim) bersama Pemerintahan Kota (Surabaya) telah menyiapkan 20 rumah sakit rujukan. Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Soetomo adalah rumah sakit rujukan utama.

[Baca Juga: PSBB Hari Ke-1, Segelintir Arek Surabaya Langgar Jam Malam]

Sedangkan rumah sakit (RS) rujukan lainnya di Kota Surabaya yaitu:

  • RS Katholik Saint Vincentius Paulo (RKZ)
  • RS Adi Husada Undaan Wetan
  • Rumah Sakit Primasatya Husada Citra (PHC)
  • RSUD Bhakti Dharma Husada
  • Rumah Sakit Islam Jemursari
  • RS Siloam
  • RSU Haji Surabaya
  • RS Premier
  • RS Husada Utama
  • RS Bhayangkara Tingkat II HS Samsoeri Mertojoso
  • Pusat Medis RS Manyar.

Selain itu ada pula RS Universitas Airlangga, RS Nasional Rumah Sakit, RS Royal, RS Tingkat III Brawijaya, RSAL Dr Ramelan, RS Jiwa Menur, RS Paru Surabaya, dan RSUD Dr Mohammad Soewandhie. Kendati demikian, ada kabar kurang mengenakkan terkait fasilitas kesehatan penanganan COVID-19.

20 RS Rujukan COVID-19 di Surabaya Tak Bisa Lagi Tampung Tambahan Pasien

Ketua Rumpun Kuratif Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Provinsi Jawa Timur, Joni Wahyuhadi mengatakan apabila seluruh orang yang terkonfirmasi positif maupun berstatus pasien dalam pengawasan (PDP), serta orang dalam pemantauan (ODP) tersebut harus masuk rumah sakit, maka sudah tidak ada lagi tempat yang tersedia. "Secara teoritis, saat ini seluruh rumah sakit itu sudah overload," ujarnya, sebagaimana diberitakan tirto.id (4/5/2020).

Sebagai langkah antisipasi, Pemprov Jatim akan menambahkan jumlah kapasitas tempat tidur di RS rujukan utama di Kota Pahlawan. Selain itu, Pemprov juga berencana menghadirkan rumah sakit darurat dalam waktu dekat, sekitar dua atau tiga hari ke depan.

[Baca Juga: Selama Pandemi, Ratusan Ribu Keluarga Surabaya Bebas Retribusi PDAM]

“Kami sedang menyiapkan ruangan baru dengan kapasitas 200 tempat tidur di Rumah Sakit Universitas Airlangga Surabaya. Selain itu, kami juga menyiapkan rumah sakit darurat dengan kapasitas 500 tempat tidur di Gedung Puslitbang Humaniora Jalan Indrapura Surabaya,” tandasnya.

Sekadar informasi, hingga kini total pasien dalam pengawasan (PDP) terkait Corona COVID-19 mencapai 1.209 orang. Dari jumlah tersebut, PDP dalam pengawasan sebanyak 697 orang dan PDP sembuh mencapai 510 orang. PDP meninggal ada dua orang. Selain itu, total kumulatif ODP mencapai 2.649 orang. Rinciannya ODP dipantau sebanyak 805 orang dan ODP selesai dipantau ada 1.844 orang.


Read More

Artikel Lainnya

Karang Taruna Ratujaya Depok Adakan Festival BBM untuk Pembangunan Masjid

Berita Kawasan

Karang Taruna Ratujaya Depok Adakan Festival untuk Pembangunan Masjid

01 February 2023, 16:19

Festival BBM tersebut telah digelar oleh Katar RW 04 Ratujaya pada Sabtu, 28 Januari 2023 lalu.

Bogor Street Festival CGM 2023 Lebih Meriah, Jangan Sampai Ketinggalan

Berita Kawasan

Bogor Street Festival CGM 2023 Lebih Meriah, Jangan Sampai Ketinggalan!

01 February 2023, 13:56

Bogor Street Festival Cap Go Meh yang akan digelar pada 5 Februari mendatang, selain memberikan keberkahan dalam hal ekonomi, juga menjadi simbol kebersamaan dan persatuan.

Kenali PCOS, Pakar UNABPA Hingga Obesitas Bisa Jadi Pemicuny a.jpg

Kesehatan

Kenali PCOS, Pakar UNAIR: BPA Hingga Obesitas Bisa Jadi Pemicunya

31 January 2023, 16:40

Berdasarkan keterangan Pakar UNAIR, terdapat sejumlah pemicu kaum hawa terkena PCOS dengan di antaranya adalah paparan bahan kimia BPA sampai obesitas.

Walau Banyak Bisnis Penyewaan Buku Punah, Pitimoss Fun Library Mampu Tetap Eksis.jpg

Pendidikan

Walau Banyak Bisnis Penyewaan Buku Punah, Pitimoss Fun Library Mampu Tetap Eksis

31 January 2023, 12:38

Di tengah hantaman digitalisasi yang membuat akses membaca buku novel serta komik mudah, Pitimoss Fun Library tetap mampu bertahan hingga hampir 20 tahun terakhir.


Comments


Please Login to leave a comment.