Gunung Api Nglanggeran

Pendidikan

20 Situs Geologi di DIY Resmi Ditetapkan Sebagai Cagar Kebumian

Sebanyak 20 situs yang tersebar di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) ditetapkan sebagai cagar kebumian atau geoheritage oleh Kementrian Energi dan Sumber Daya Mineral. Penetapan tersebut dilakukan berdasarkan SK Menteri ESDM Nomor 13.K/HK.01/MEM.G/2021, yang kemudian diserahkan oleh Kepala Badan Geologi Eko Budi Lelono. di Gedhong Pracimasana, Kompleks Kepatihan, Yogyakarta pada Kamis, 22 April 2021, dan diterima secara langsung oleh Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X.

Pada kesempatan tersebut Kepala Badan Geologi Kementrian ESDM Eko Budi Lelono mengungkapkan, DIY merupakan salah satu wilayah yang punya potensi warisan geologi yang perlu dilestarikan sehingga situs-situs tersebut dapat menjadi sumber belajar tentang proses geologi yang sedang pernah terjadi di wilayah ini. Selain itu, keberadaan situs-situs geologi tersebut dapat dimanfaatkan untuk kepentingan pariwisata sehingga berdampak pada pertumbuhan ekonomi masyarakat setempat.

“Kami berharap ke depannya warisan geologi itu nantinya dapat ditempatkan dalam tata ruang yang tepat sehingga selain dilestarikan juga dapat memicu pertumbuhan masyarakat," ujar Eko dalam laporannya di hadapan Gubernur DIY.

Gubernur DIY Menerima SK  Penetapan  Cagar Kebumian  dari Kemen ESDM.

Gubernur DIY Sri Sultan HB X Menerima SK Penetapan Geoheritage dari Kepala Badan Geologi Kemen ESDM RI

Sementara itu, dalam sambutannya secara daring Menteri ESDM RI, Arifin Tasrif mengatakan, bentang alam pegunungan di sebelah utara dan pantai di sebelah selatan, membuat DIY memiliki kondisi geologi yang sangat unik dan beragam. Hal tersebut terbukti dari berbagai situs geologi yang diusulkan DIY sebagai situs warisan geologi.

Berdasarkan pertimbangan komponen geologi unggulan dan kriteria yang telah dilakukan, ditetapkan 20 lokasi warisan geologi dengan pemeringkatan, 10 lokasi ditetapkan sebagai warisan geologi lokal, 9 lokasi sebagai warisan geologi nasional, dan satu lokasi sebagai warisan geologi internasional.

“Untuk itu, perlu dilakukan upaya pelestarian dan perlindungan. Selain itu, untuk menunjang pengembangan pendidikan dan peningkatan ekonomi masyarakat, 20 lokasi ini dapat dimanfaatkan sebagai objek penelitian pendidikan dan pengembangan wisata. Semoga situs geologi yang telah ditetapkan ini dapat dikembangkan dengan konsep pembangunan berkelanjutan,” imbuhnya.

[Baca Juga: Wirawisata Goa Pindul Dibuka dengan Terpkan Protokol Kesehatan]

Menanggapi pernyataan Menteri ESDM, Gubernur DIY Sri Sultan HB X mengungkapkan, pengukuhan ini akan membawa konsekuensi bagi DIY untuk berkomitmen penuh dalam menjaga, memelihara, dan mengembangkannya ke arah terbentuknya rintisan geopark di daerah masing-masing. Oleh karena itu, menurut rencana geokonservasi dari sejumlah situs akan dimanfaatkan menjadi geotourism, geoheritage dapat digunakan sebagai dasar pengembangan geopark.

“DIY menerima berkah, karena dari 22 permohonan yang usulannya, 20 geosite ditetapkan sebagai geoheritage," ujar Sultan.

Lava Bantal. Salah Satu Situs Geologi Yang Ditetapkan Sebagai Kawasan Geoheritage

Lava Bantal di Berbah, Sleman, Yogyakarta.

Selanjutnya Sultan mengungkapkan, geoheritage yang ada di DIY memiliki nilai tinggi sehingga perlu dilindungi dan diwariskan kepada generasi berikutnya. Nilai-nilai tersebut terkandung dalam aspek ilmiah dan pendidikan, untuk riset dan pengembangan ilmu kebumian; estetika, persepsi keindahan dari geosite tertentu; budaya, kaitannya dengan budaya, tradisi, ritual, maupun kepercayaan masyarakat setempat; wisata, pemanfaatan menjadi objek wisata berbasis geologi untuk pemberdayaan masyarakat; dan lingkungan, kaitannya dengan perlindungan untuk pembangunan berkelanjutan.

Sultan berharap agar pihak kabupaten-kabupaten lokasi geoheritage memiliki ketertarikan untuk menjaga kawasan agar tidak rusak dan bisa memanfaatkannya untuk aktivitas apapun yang memungkinkan agar upaya menjaga dan melestarikan tetap ada, seperti aktivitas pariwisata.


Read More

Artikel Lainnya

Program Bedas Sapujagat Cegah Angka Pernikahan Anak di Bandung

Kesehatan

Program Bedas Sapujagat Cegah Angka Pernikahan Anak di Bandung

26 October 2021, 16:34

Angka pernikahan anak di Kabupaten Bandung cukup tinggi sehingga membuat Pemkab dan pihak-pihak terkait mengadakan sebuah program untuk menghapus angka pernikahan dini di Kabupaten Bandung.

ITB Luluskan 2.596 Wisudawan dengan Menggelar Wisuda Hybrid, Wisudawan Program Magister dan Doktor Raih IPK Tertinggi.jpg

Pendidikan

ITB Luluskan 2.596 Wisudawan dengan Menggelar Wisuda Hybrid

26 October 2021, 15:32

ITB menggelar wisuda periode Oktober Tahun Akademik 2021/2022 secara Hybrid. Pelaksanaan tersebut berjalan dengan lancar sebagaimana mestinya.

Romaldi 1.jpg

Kesehatan

Ini Klinik yang Banyak Dituju Warga Bumiaji di Giripurno

26 October 2021, 15:01

Dengan biaya pemeriksaan mulai dari Rp10.000 dan selebihnya harga proses pengobatan tergantung jenis produk yang dipakai, klinik ini menjadi acuan bagi warga Bumiaji.

Grab dan ViarOK.jpg

Bisnis

Kurangi Emisi Karbon, Grab Pesan 6.000 Unit Motor Listrik VIAR

26 October 2021, 14:32

Kolaborasi yang salah satu tujuannya adalah untuk mengurangi ketergantungan akan BBM ini akan dilanjutkan dengan mempersiapkan 6.020 kendaraan listrik yang siap didistribusikan di akhir tahun 2021 di seluruh Indonesia.


Comments


Please Login to leave a comment.