Sosialisasi Urban Farming Diikuti 200 Generasi Muda

Berita Kawasan

200 Generasi Muda Ikuti Sosialisasi Urban Farming

Generasi muda khususnya di Ibu Kota memiliki peran penting demi kemajuan dari segala aspek kehidupan. Dengan semangat yang dimiliki setiap generasi muda di Jakarta, tentunya bisa memberikan pengaruh yang cukup kuat untuk perubahan Ibu Kota. Salah satunya semangat untuk membuat Ibu Kota tampil beda dengan pertanian perkotaan yang bisa dibuat para generasi muda.

Untuk itu, Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) DKI Jakarta melakukan sosialisasi mengenai urban farming atau pertanian perkotaan kepada generasi muda di Ibukota pada 22 April 2019. Sosialisasi urban farming diikuti sekitar 200 peserta yang berlangsung di Kantor Dinas KPKP, Jalan Gunung Sahari Raya, Jakarta Pusat. Dalam sosialiasasinya, Dinas KPKP menghadirkan narasumber yang berkompeten di bidangnya

[Baca Juga: Warga Pengadegan Kembangkan Pertanian Hidroponik di Pinggir Gang]

Kepala Dinas KPKP DKI Jakarta Darjamuni mengatakan, sosialisasi dan pembinaan bertujuan untuk menggelorakan semangat generasi muda di bidang pertanian perkotaan. Selain itu, generasi muda juga diharapkan bisa mendampingi warga sekitar untuk membuat penghijauan dengan urban farming.

"Selain menggali potensi pemuda di bidang pertanian, kita ingin mereka nantinya bisa menjadi pendamping bagi warga di sekitar lingkungan tinggalnya," ujarnya sebagaimana dilansir beritajakarta.id (23/4/2019).

[Baca Juga: Membuat Urban Farming dengan Gaya Vertical Garden]

Sosialiasi yang dilaksanakan fokus pada pertanian perkotaan dengan menerapkan sistem hidroponik. Sehingga, bisa semakin dikembangkan di lingkungan permukiman warga yang ditinggali peserta sosialisasi. "Kita ingin mengedukasi bahwa penerapan sistem hidroponik itu tidak memerlukan biaya mahal, terpenting adalah kemauan dan kreativitas," jelasnya.

Salah seorang narasumber yang merupakan praktisi pertanian perkotaan dengan sistem hidroponik Bambang Jasnanto mengutarakan, menerapkan sistem hidroponik untuk bercocok tanam bisa dilakukan dengan sangat sederhana, seperti salah satunya dengan memanfaatkan barang-barang bekas. "Kita bisa memanfaatkan botol, paralon, hingga ember bekas untuk digunakan sebagai penunjang media tanam," ucapnya.

200 Generasi Muda Ikuti Sosialisasi Urban Farming

Sementara, Kepala Seksi Pemberdayaan Pemuda dari Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Ponirin Ariadi Limbong menuturkan, pihaknya juga siap memberikan fasilitas serta bantuan bagi generasi muda yang ingin memulai atau mengembangkan pertanian perkotaan menggunakan sistem hidroponik.

"Ini menjadi sinergi antara Dispora dengan Dinas KPKP untuk menggelorakan pola partisipatif kolaboratif masyarakat, khususnnya pemuda dalam pertanian perkotaan " tuturnya.

Read More

Artikel Lainnya

Anda Hanya Egois atau Benar Narsistik Ini 3 Tendensi Penentunya

Kesehatan

Anda Hanya Egois atau Benar Narsistik? Ini 3 Tendensi Penentunya

30 September 2020, 15:03

Mengartikan tingkat narsistik "normal" itu rumit, tetapi tiga tendensi penentu berikut dapat lebih memperjelas apa masalah yang Anda hadapi.

Pasca Kafe Broker, Wali Kota Bekasi Kumpulkan Pengusaha Kafe dan Hiburan Malam .jpg

Bisnis

Pasca Kafe Broker, Wali Kota Bekasi Kumpulkan Pengusaha Kafe dan Hiburan Malam

30 September 2020, 14:02

Pepen baru-baru ini mengumpulkan semua pengusaha kafe hingga hiburan malam demi mencegah keadaan seperti di Kafe Broker Galaxy Bekasi kembali terjadi.

Bodebek Zona Merah, Ridwan Kamil Turun Langsung untuk Ngantor di Depok .jpg

Berita Kawasan

Bodebek Zona Merah, Ridwan Kamil Turun Langsung untuk Ngantor di Depok

30 September 2020, 13:05

Mulai pekan depan Gubernur Jawa Barat akan berkantor di Kota Depok untuk langsung mengawasi penangangan COVID-19 di wilayah Bodebek.

Wali Kota Jakarta Barat Kembali Ngantor Usai Pulih dari COVID-19 .jpg

Berita Kawasan

Wali Kota Jakarta Barat Kembali Ngantor Usai Pulih dari COVID-19

30 September 2020, 12:10

Setelah menjalani perawatan di rumah sakit akibat COVID-19, Wali Kota Jakarta Barat akhirnya kembali beraktivitas setelah pulih sepenuhnya.


Comments


Please Login to leave a comment.