Sosialisasi Urban Farming Diikuti 200 Generasi Muda

Berita Kawasan

200 Generasi Muda Ikuti Sosialisasi Urban Farming

Generasi muda khususnya di Ibu Kota memiliki peran penting demi kemajuan dari segala aspek kehidupan. Dengan semangat yang dimiliki setiap generasi muda di Jakarta, tentunya bisa memberikan pengaruh yang cukup kuat untuk perubahan Ibu Kota. Salah satunya semangat untuk membuat Ibu Kota tampil beda dengan pertanian perkotaan yang bisa dibuat para generasi muda.

Untuk itu, Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) DKI Jakarta melakukan sosialisasi mengenai urban farming atau pertanian perkotaan kepada generasi muda di Ibukota pada 22 April 2019. Sosialisasi urban farming diikuti sekitar 200 peserta yang berlangsung di Kantor Dinas KPKP, Jalan Gunung Sahari Raya, Jakarta Pusat. Dalam sosialiasasinya, Dinas KPKP menghadirkan narasumber yang berkompeten di bidangnya

[Baca Juga: Warga Pengadegan Kembangkan Pertanian Hidroponik di Pinggir Gang]

Kepala Dinas KPKP DKI Jakarta Darjamuni mengatakan, sosialisasi dan pembinaan bertujuan untuk menggelorakan semangat generasi muda di bidang pertanian perkotaan. Selain itu, generasi muda juga diharapkan bisa mendampingi warga sekitar untuk membuat penghijauan dengan urban farming.

"Selain menggali potensi pemuda di bidang pertanian, kita ingin mereka nantinya bisa menjadi pendamping bagi warga di sekitar lingkungan tinggalnya," ujarnya sebagaimana dilansir beritajakarta.id (23/4/2019).

[Baca Juga: Membuat Urban Farming dengan Gaya Vertical Garden]

Sosialiasi yang dilaksanakan fokus pada pertanian perkotaan dengan menerapkan sistem hidroponik. Sehingga, bisa semakin dikembangkan di lingkungan permukiman warga yang ditinggali peserta sosialisasi. "Kita ingin mengedukasi bahwa penerapan sistem hidroponik itu tidak memerlukan biaya mahal, terpenting adalah kemauan dan kreativitas," jelasnya.

Salah seorang narasumber yang merupakan praktisi pertanian perkotaan dengan sistem hidroponik Bambang Jasnanto mengutarakan, menerapkan sistem hidroponik untuk bercocok tanam bisa dilakukan dengan sangat sederhana, seperti salah satunya dengan memanfaatkan barang-barang bekas. "Kita bisa memanfaatkan botol, paralon, hingga ember bekas untuk digunakan sebagai penunjang media tanam," ucapnya.

200 Generasi Muda Ikuti Sosialisasi Urban Farming

Sementara, Kepala Seksi Pemberdayaan Pemuda dari Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Ponirin Ariadi Limbong menuturkan, pihaknya juga siap memberikan fasilitas serta bantuan bagi generasi muda yang ingin memulai atau mengembangkan pertanian perkotaan menggunakan sistem hidroponik.

"Ini menjadi sinergi antara Dispora dengan Dinas KPKP untuk menggelorakan pola partisipatif kolaboratif masyarakat, khususnnya pemuda dalam pertanian perkotaan " tuturnya.


Read More

Artikel Lainnya

Walau Banyak Bisnis Penyewaan Buku Punah, Pitimoss Fun Library Mampu Tetap Eksis.jpg

Pendidikan

Walau Banyak Bisnis Penyewaan Buku Punah, Pitimoss Fun Library Mampu Tetap Eksis

31 January 2023, 12:38

Di tengah hantaman digitalisasi yang membuat akses membaca buku novel serta komik mudah, Pitimoss Fun Library tetap mampu bertahan hingga hampir 20 tahun terakhir.

Wow, Bank Sampah di Kota Tangerang Ini Hasilkan Produk Lilin Aromat erapi.jpg

Bisnis

Wow, Bank Sampah di Kota Tangerang Ini Hasilkan Produk Lilin Aromaterapi

30 January 2023, 15:01

Bank sampah ternyata tak hanya bisa mendapatkan cuan dari pemilahan sampah semata, karena bank sampah satu ini menunjukan bahwa mereka juga mampu membuat produk yang bernilai ekonomi.

Perayaan Imlek 2023 di Taman Banteng, Pj Gubernur DKI Jakarta Dampingi Jokowi.jpg

Berita Kawasan

Perayaan Imlek 2023 di Taman Banteng, Pj Gubernur DKI Jakarta Dampingi Jokowi

30 January 2023, 12:58

Pada akhir pekan kemarin, Presiden Jokowi terlihat hadir bersama Pj Gubernur DKI Jakarta dalam momen perayaan Imlek Nasional yang digelar di Taman Banteng

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Vaksinasi, Pemkot Surabaya Siap Sweepin g.jpg

Kesehatan

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Imunisasi, Pemkot Surabaya Siap Sweeping

27 January 2023, 13:57

Banyaknya kasus campak di wilayah perbatasan Surabaya-Madura, mendorong Pemkot Surabaya untuk bergerak secara agresif demi memastikan anak-anak Kota Pahlawan sudah mendapatkan imunisasi campak.


Comments


Please Login to leave a comment.