Sosialisasi Urban Farming Diikuti 200 Generasi Muda

Berita Kawasan

200 Generasi Muda Ikuti Sosialisasi Urban Farming

Generasi muda khususnya di Ibu Kota memiliki peran penting demi kemajuan dari segala aspek kehidupan. Dengan semangat yang dimiliki setiap generasi muda di Jakarta, tentunya bisa memberikan pengaruh yang cukup kuat untuk perubahan Ibu Kota. Salah satunya semangat untuk membuat Ibu Kota tampil beda dengan pertanian perkotaan yang bisa dibuat para generasi muda.

Untuk itu, Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) DKI Jakarta melakukan sosialisasi mengenai urban farming atau pertanian perkotaan kepada generasi muda di Ibukota pada 22 April 2019. Sosialisasi urban farming diikuti sekitar 200 peserta yang berlangsung di Kantor Dinas KPKP, Jalan Gunung Sahari Raya, Jakarta Pusat. Dalam sosialiasasinya, Dinas KPKP menghadirkan narasumber yang berkompeten di bidangnya

[Baca Juga: Warga Pengadegan Kembangkan Pertanian Hidroponik di Pinggir Gang]

Kepala Dinas KPKP DKI Jakarta Darjamuni mengatakan, sosialisasi dan pembinaan bertujuan untuk menggelorakan semangat generasi muda di bidang pertanian perkotaan. Selain itu, generasi muda juga diharapkan bisa mendampingi warga sekitar untuk membuat penghijauan dengan urban farming.

"Selain menggali potensi pemuda di bidang pertanian, kita ingin mereka nantinya bisa menjadi pendamping bagi warga di sekitar lingkungan tinggalnya," ujarnya sebagaimana dilansir beritajakarta.id (23/4/2019).

[Baca Juga: Membuat Urban Farming dengan Gaya Vertical Garden]

Sosialiasi yang dilaksanakan fokus pada pertanian perkotaan dengan menerapkan sistem hidroponik. Sehingga, bisa semakin dikembangkan di lingkungan permukiman warga yang ditinggali peserta sosialisasi. "Kita ingin mengedukasi bahwa penerapan sistem hidroponik itu tidak memerlukan biaya mahal, terpenting adalah kemauan dan kreativitas," jelasnya.

Salah seorang narasumber yang merupakan praktisi pertanian perkotaan dengan sistem hidroponik Bambang Jasnanto mengutarakan, menerapkan sistem hidroponik untuk bercocok tanam bisa dilakukan dengan sangat sederhana, seperti salah satunya dengan memanfaatkan barang-barang bekas. "Kita bisa memanfaatkan botol, paralon, hingga ember bekas untuk digunakan sebagai penunjang media tanam," ucapnya.

200 Generasi Muda Ikuti Sosialisasi Urban Farming

Sementara, Kepala Seksi Pemberdayaan Pemuda dari Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Ponirin Ariadi Limbong menuturkan, pihaknya juga siap memberikan fasilitas serta bantuan bagi generasi muda yang ingin memulai atau mengembangkan pertanian perkotaan menggunakan sistem hidroponik.

"Ini menjadi sinergi antara Dispora dengan Dinas KPKP untuk menggelorakan pola partisipatif kolaboratif masyarakat, khususnnya pemuda dalam pertanian perkotaan " tuturnya.

Read More

Artikel Lainnya

Pelepasan Perdana! UGM Gelar Peresmian Pengiriman Ribuan GeNose C19t.jpg

Pendidikan

Pelepasan Perdana! UGM Gelar Peresmian Pengiriman Ribuan GeNose C19

01 March 2021, 19:25

UGM secara resmi melepaskan ribuan GeNose C19 ke distributor untuk mulai dijual ke berbagai layanan kesehatan, institusi pendidikan hingga perusahaan.

Sebelum Terlalu Berharap, Ini 4 Hal yang Perlu Anda Tahu Tentang Vaksin Mandiri

Kesehatan

Sebelum Terlalu Berharap, Ini 4 Hal yang Perlu Anda Tahu Tentang Vaksin Mandiri

01 March 2021, 18:15

Pendanaan vaksinasi mandiri dibebankan kepada perusahaan sehingga semua penerima vaksinasi tidak dipungut biaya. Program ini diharapkan mempercepat terbentuknya kekebalan komunitas.

Wisata Kuliner Kota Malang Belum Lengkap Tanpa Sate Gebug 1920

Kuliner

Wisata Kuliner Kota Malang Belum Lengkap Tanpa Sate Gebug 1920

01 March 2021, 16:16

Saat memasuki warung sate legendaris ini, terdengar suara orang sedang menggebuk-gebuk sesuatu. Suara itu akan terdengar jelas saat Anda memasuki warung.

ASN, Pedagang Hingga Wartawan di Kota Bogor Siap Divaksin

Kesehatan

ASN, Pedagang Hingga Wartawan di Kota Bogor Siap Divaksin

01 March 2021, 15:17

Khusus untuk lansia kata Retno, masih diprioritaskan di ibu kota provinsi. Sementara, Kota Bogor belum mendapat alokasi vaksin.


Comments


Please Login to leave a comment.