205 Seniman Muda Terjaring dalam Workshop Daring Ruang Kreatif1.jpg

Pendidikan

205 Seniman Muda Terjaring dalam Workshop Daring Ruang Kreatif

Dalam rangka menumbuhkan bakat para tunas-tunas seni pertunjukan di tanah air, Galeri Indonesia Kaya dan Bakti Budaya Djarum Foundation senantiasa menggelar kegiatan menarik. Berawal dari kompetisi menulis ide kreatif di jejaring Instagram beberapa waktu lalu, kegiatan pun berlanjut ke pagelaran workshop daring ruang kreatif.

Pada masa pendaftaran lomba di pertengahan Mei lalu (10-18 Mei 2020) berhasil menjaring sebanyak 205 pendaftar dari kalangan pemuda. Dari proposal yang masuk, terpilih 100 peserta dengan ide kreatif terbaik. Para peserta terpilih dapat memilih salah satu tema yang telah disiapkan dengan kapasitas masing-masing 50 peserta. Tema pertama adalah Mengolah Ide Kreatif yang telah diselenggarakan pada Sabtu, (30/5/2020) dan tema kedua membahas Dramaturgi Dalam Penyutradaraan yang diselenggarakan pada Sabtu, (6/6/2020).

Usai workshop, para peserta dari penjuru nusantara ini diminta menuliskan kembali ide kreatif mereka dengan mengelaborasi materi yang disampaikan Garin Nugroho. “Workshop Online Ruang Kreatif ini membuka kesempatan dan memudahkan para seniman muda di berbagai daerah di Indonesia untuk ikut berpartisipasi. Walau diselenggarakan secara virtual, sangat menarik dapat berdiskusi, berbagi ilmu dan pengalaman tentang cara mengolah ide kreatif dan penyutradaraan dalam sebuah pertunjukan. Program ini bermanfaat dalam mengisi masa pandemi dengan kegiatan edukatif bagi seniman muda agar tetap menjaga kreativitas dan semangat berkarya agar semakin banyak karya seni yang diciptakan oleh seniman-seniman muda di Indonesia,” ujar Garin Nugroho dalam keterangan pers yang diterima PingPoint.co.id.

205 Seniman Muda Terjaring dalam Workshop Daring Ruang Kreatif2.jpg

Dalam Mengolah Ide Kreatif, Garin membagikan berbagai pengalamannya sebagai sutradara dalam mencari ide, tema dan menentukan story-telling yang tepat sesuai tema. “Seorang sutradara juga harus menemukan benang merah antara tema dengan situasi sosial masyarakat agar dapat menemukan pasar yang tepat sesuai dengan tema yang diangkat,” tambah Garin Nugroho.

Selain itu, para peserta juga diberi arahan mengenai tantangan dalam memilih tim kreatif yang dapat mendukung proses produksi sebuah karya seni pertunjukan. Sutradara yang berbagai karyanya telah ditampilkan dalam berbagai festival film di banyak negara ini juga berbagi tips menghadapi tantangan kerjasama internasional bagi karya-karya seni pertunjukan.

Dalam Workshop Dramaturgi dalam Penyutradaraan, kegiatan dimulai dengan pembahasan apa itu dramaturgi dan perannya dalam sebuah karya, khususnya karya seni pertunjukan. Selain berbagi ilmu dengan para peserta, Garin juga menekankan pentingnya setiap orang dalam proses kreatif tersebut untuk menjadi dramaturgi.

Sementara itu, Renitasari Adrian, Program Director Bakti Budaya Djarum Foundation mengaku sangat senang melihat banyak ide-ide kreatif yang baru dan menarik dari para seniman-seniman muda. Dia berharap dengan digelarnya workshop ini dapat memberikan efek positif sehingga regenerasi pelaku seni dapat berjalan dengan baik.

“Selain ingin menghadirkan beragam hiburan menarik bagi para penikmat seni yang sedang di rumah, kami juga ingin mengajak para penikmat seni untuk mengolah kreativitas melalui workshop-workshop online yang kami hadirkan. Pendaftaran yang berlangsung pada 10-18 Mei 2020 kemarin ini diikuti 205 pendaftar dari berbagai daerah di Indonesia, mulai dari Aceh sampai Jayapura,” tuturnya.


Read More

Artikel Lainnya

Terus Dorong Geliat Pariwisata Ibu Kota, Jakarnaval Digelar di Sirkuit E-Prix Jakarta.jpg

Berita Kawasan

Terus Dorong Geliat Pariwisata Ibu Kota, Jakarnaval Digelar di Sirkuit E-Prix Jakarta

12 August 2022, 16:43

Pada 14 Agustus 2022, Sirkuit Internasional E-Prix Jakarta akan menjadi lokasi acara puncak karnaval bernama Jakarnaval yang digelar untuk geliatkan wisata di Ibu Kota.

Dinkes Kota Tangerang Edukasi Warganya Terkait Obat Kadaluars a.jpg

Kesehatan

Dinkes Kota Tangerang Edukasi Warganya Terkait Obat Kadaluarsa

12 August 2022, 14:41

Setelah ramainya kabar mengenai balita di wilayahnya yang diberikan obat kadaluarsa, Dinkes Kota Tangerang berikan edukasi publik

KFC Hadirkan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di Gerai Jakarta Barat Ini.jpg

Bisnis

KFC Hadirkan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di Gerai Jakarta Barat Ini

12 August 2022, 10:30

Pada pekan ini, berkat kolaborasi PT Fast Food Indonesia dan PT Agra Surya Energi, KFC Indonesia meresmikan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di salah satu gerainya.

Jelang HUT RI ke-77, Ini Gedung Saksi Sejarah Perobekan Bendera Belanda di Bandun g.jpg

Properti dan Solusi

Jelang HUT RI ke-77, Ini Gedung Saksi Sejarah Perobekan Bendera Belanda di Bandung

11 August 2022, 17:17

Jika Anda berencana wisata sejarah di Kota Bandung jelang HUT RI ke-77 maka gedung yang berada di area Jalan Braga ini menjadi salah satu objek yang bisa Anda kunjungi.


Comments


Please Login to leave a comment.