205 Seniman Muda Terjaring dalam Workshop Daring Ruang Kreatif1.jpg

Pendidikan

205 Seniman Muda Terjaring dalam Workshop Daring Ruang Kreatif

Dalam rangka menumbuhkan bakat para tunas-tunas seni pertunjukan di tanah air, Galeri Indonesia Kaya dan Bakti Budaya Djarum Foundation senantiasa menggelar kegiatan menarik. Berawal dari kompetisi menulis ide kreatif di jejaring Instagram beberapa waktu lalu, kegiatan pun berlanjut ke pagelaran workshop daring ruang kreatif.

Pada masa pendaftaran lomba di pertengahan Mei lalu (10-18 Mei 2020) berhasil menjaring sebanyak 205 pendaftar dari kalangan pemuda. Dari proposal yang masuk, terpilih 100 peserta dengan ide kreatif terbaik. Para peserta terpilih dapat memilih salah satu tema yang telah disiapkan dengan kapasitas masing-masing 50 peserta. Tema pertama adalah Mengolah Ide Kreatif yang telah diselenggarakan pada Sabtu, (30/5/2020) dan tema kedua membahas Dramaturgi Dalam Penyutradaraan yang diselenggarakan pada Sabtu, (6/6/2020).

Usai workshop, para peserta dari penjuru nusantara ini diminta menuliskan kembali ide kreatif mereka dengan mengelaborasi materi yang disampaikan Garin Nugroho. “Workshop Online Ruang Kreatif ini membuka kesempatan dan memudahkan para seniman muda di berbagai daerah di Indonesia untuk ikut berpartisipasi. Walau diselenggarakan secara virtual, sangat menarik dapat berdiskusi, berbagi ilmu dan pengalaman tentang cara mengolah ide kreatif dan penyutradaraan dalam sebuah pertunjukan. Program ini bermanfaat dalam mengisi masa pandemi dengan kegiatan edukatif bagi seniman muda agar tetap menjaga kreativitas dan semangat berkarya agar semakin banyak karya seni yang diciptakan oleh seniman-seniman muda di Indonesia,” ujar Garin Nugroho dalam keterangan pers yang diterima PingPoint.co.id.

205 Seniman Muda Terjaring dalam Workshop Daring Ruang Kreatif2.jpg

Dalam Mengolah Ide Kreatif, Garin membagikan berbagai pengalamannya sebagai sutradara dalam mencari ide, tema dan menentukan story-telling yang tepat sesuai tema. “Seorang sutradara juga harus menemukan benang merah antara tema dengan situasi sosial masyarakat agar dapat menemukan pasar yang tepat sesuai dengan tema yang diangkat,” tambah Garin Nugroho.

Selain itu, para peserta juga diberi arahan mengenai tantangan dalam memilih tim kreatif yang dapat mendukung proses produksi sebuah karya seni pertunjukan. Sutradara yang berbagai karyanya telah ditampilkan dalam berbagai festival film di banyak negara ini juga berbagi tips menghadapi tantangan kerjasama internasional bagi karya-karya seni pertunjukan.

Dalam Workshop Dramaturgi dalam Penyutradaraan, kegiatan dimulai dengan pembahasan apa itu dramaturgi dan perannya dalam sebuah karya, khususnya karya seni pertunjukan. Selain berbagi ilmu dengan para peserta, Garin juga menekankan pentingnya setiap orang dalam proses kreatif tersebut untuk menjadi dramaturgi.

Sementara itu, Renitasari Adrian, Program Director Bakti Budaya Djarum Foundation mengaku sangat senang melihat banyak ide-ide kreatif yang baru dan menarik dari para seniman-seniman muda. Dia berharap dengan digelarnya workshop ini dapat memberikan efek positif sehingga regenerasi pelaku seni dapat berjalan dengan baik.

“Selain ingin menghadirkan beragam hiburan menarik bagi para penikmat seni yang sedang di rumah, kami juga ingin mengajak para penikmat seni untuk mengolah kreativitas melalui workshop-workshop online yang kami hadirkan. Pendaftaran yang berlangsung pada 10-18 Mei 2020 kemarin ini diikuti 205 pendaftar dari berbagai daerah di Indonesia, mulai dari Aceh sampai Jayapura,” tuturnya.


Read More

Artikel Lainnya

Puluhan Karya Seni Mahasiswa ISBI Kota Bandung Dipamerkan di Galeri YP K.jpg

Pendidikan

Puluhan Karya Seni Mahasiswa ISBI Kota Bandung Dipamerkan di Galeri YPK

24 June 2022, 16:06

Bertajuk Archipelago, puluhan karya seni dari mahasiswa ISBI dipamerkan di Galeri YPK Kota Bandung hingga 30 Juni 2022.

Kreatif! Warga Bandung Cari Cuan dengan Olah Sampah Plastik Jadi Produk Kreatif.jpg

Bisnis

Kreatif! Warga Bandung Cari Cuan dengan Olah Sampah Plastik Jadi Produk Kreatif

24 June 2022, 14:04

Dengan brand Newhun, warga di Kota Bandung berhasil mengolah limbah sampah plastik bisa menjadi produk jam tangan.

Terintegrasi dari MRT Hingga Ojol di Ibu Kota, Masyarakah Diajak Unduh Apps JakLingk o.jpg

Berita Kawasan

MRT Hingga Ojol Ibu Kota Terintegrasi, Warga Diajak Unduh Apps JakLingko

24 June 2022, 11:02

Pemprov DKI mengajak masyarakat Ibu Kota mengunduh apps JakLinko guna mempermudah serta menghemat waktu untuk memanfaatkan berbagai transportasi di Jakarta bahkan termasuk mendapatkan tiket malam puncak HUT Jakarta ke-495.

Nostalgia Lagu Hits Boyzone dan Westlife, Boyzlife Akan Tampil di Bengkel Space.jpg

Hobi dan Hiburan

Nostalgia Lagu Hits Boyzone dan Westlife, Boyzlife Akan Tampil di Bengkel Space

23 June 2022, 17:30

Duet Boyzlife disebut akan diboyong untuk tampil pada 7 Agustus 2022 nanti untuk menampilkan lagu-lagu hits kedua anggotanya ketika masih di grup boyband Boyzone serta Westlife.


Comments


Please Login to leave a comment.