2.233 Daftar Tunggakan PKB Dibagikan Pemkot Jakarta Timur

Berita Kawasan

2.233 Daftar Tunggakan PKB Dibagikan Pemkot Jakarta Timur

Taat pajak merupakan salah satu ciri warga negara yang baik. Untuk mencapai target pengumpulan penghasilan daerah, tidak hanya diperlukan ketegasan pemerintah, tetapi juga kesadaran dari masyarakat untuk membayar pajak.

Dilansir dari situs resmi Pemerintah Kota (Pemkot) Administrasi Jakarta Timur (12/08/19), Pemkot membagikan daftar tunggakan Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) yang Belum Daftar Ulang (BDU) kepada camat dan di Halaman Kantor Walikota Jakarta Timur. Pembagian daftar tunggakan PKB yang BDU dilakukan secara simbolis kepada sejumlah camat dan lurah oleh Wakil Wali Kota Administrasi Jakarta Timur Uus Kuswanto.

[Baca Juga: Gubernur DKI Luncurkan Sistem Bayar Belanja & Pajak Online]

Adapun pembagian tersebut merupakan tindak lanjut Keputusan Gubernur DKI Jakarta Nomor 1068 Tahun 2019 tentang Tim Kerja Percepatan dan Pelampauan Penerimaan Pendapatan Daerah. Di Jakarta Timur peningkatan penerimaan PKB baru mencapai target penerimaan pajak sebesar Rp1.828.006.234.558 atau 61,91 persen. Angka tersebut didapat berdasarkan data dari Suku Badan Pajak dan Retribusi Daerah Kota Administrasi Jakarta Timur dan Humas Pajak Jakarta hingga tanggal 10 Agustus 2019.

Pembagian tersebut dilakukan dalam rangka upaya percepatan dalam pelampauan pendapatan daerah. Khususnya, upaya peningkatan penerimaan PKB yang diperlukan berbagai inovasi dan sinergi, serta kolaborasi antar Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD).

[Baca Juga: Kini, Warga Jakarta Bisa Bayar Pajak Kendaraan Bermotor di Kecamatan]

Wakil Wali Kota menyebutkan, daftar tunggakan PKB yang BDU di Jakarta Timur telah disiapkan Unit Pelayanan Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) dan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBN-KB) Jakarta Timur. Mereka menyiapkan 2.233 surat imbauan dan pemberitahuan tunggakan PKB untuk kemudian diserahkan ke camat dan lurah. “Untuk selanjutnya, (surat tunggakan) didistribusikan kepada para wajib pajak. Untuk menunjang proses pendistribusian telah disiapkan aplikasi Input Badan Pajak Retribusi Daerah (BPRD) mobile,” kata Wakil Wali Kota.

Melalui kesempatan tersebut, ia mengimbau kepada para wajib pajak di Jakarta Timur untuk segera menunaikan kewajibannya sesuai ketentuan. Ia pun berharap, para petugas kecamatan dan kelurahan dalam pendistribusian daftar tunggakan dapat bekerja dengan tanggung jawab. Sebab, kegiatan tersebut menjadi perhatian Gubernur DKI Jakarta dan menjadi penilaian kinerja para camat dan lurah. "Saya mengucapkan terima kasih kepada jajaran Suban Pajak dan UPT Samsat Jakarta Timur yang sudah menginisiasi dan kolaborasi dengan Pemkot Jakarta Timur dengan melibatkan camat dan lurah,” ujarnya.

[Baca Juga: BPRD Jakarta Selatan Gelar Sosialisasi Toska Kepada Para Pengusaha]

Kepala Suku Badan Pajak dan Retribusi Daerah Kota Administrasi Jakarta Timur Johari mengatakan, sistem penyampaian imbauan sekaligus akan dilakukan langsung pengecekan jumlah tunggakan melalui aplikasi BPRD Mobile. “Sistem kerjanya nanti masing-masing petugas kecamatan dan kelurahan diberikan akun lewat aplikasi (BPRD Mobile) dan memasukan NIK dan nomor polisi kendaraan dan nantinya jumlah tagihannya akan terlihat semuanya,” ujar Johari.

Pemerintah sudah meningkatkan fasilitas pelayanan pajak, namun sayangnya banyak masyarakat masih malas dengan lamanya proses dan prosedural pembayaran pajak. Itulah mengapa, kerjasama antar wajib pajak dan pemerintah sangat diperlukan. Karena, tidak membayar pajak dapat merugikan Negara. Mari kita taat pajak!

Read More

Artikel Lainnya

Ketika Sastra Alih Wahana ke dalam Sadiwara Audio di Tangan Puluhan Seniman

Hobi dan Hiburan

Puluhan Seniman Alih Wahana Karya Sastra Menjadi Sadiwara Audio

03 July 2020, 21:00

Pertunjukan ini bekerja sama dengan Direktorat Jenderal Kebudayaan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia serta kawan-kawan media dengan nama Sandiwara Sastra.

Pra-AKB di Kota Bogor, Ojol Hingga Hotel Boleh Kembali Beroperasi

Bisnis

Pra-AKB di Kota Bogor, Ojol Hingga Kegiatan MICE Boleh Beroperasi

03 July 2020, 20:00

Dalam fase Pra-AKB ini, Bima Arya kembali membuka sektor baru, yakni transportasi seperti ojek online (ojol) dan ojek pangkalan (opang) serta kegiatan-kegiatan di hotel selain fasilitas penginapan.

Pengambilan Dokumen Sipil di Kota Tangerang Kini Kembali Normal

Berita Kawasan

Pengambilan Dokumen Sipil di Kota Tangerang Kini Kembali Normal

03 July 2020, 19:00

Semenjak PSBB jilid IV hingga saat ini, pengambilan dokumen sipil di kantor Disdukcapil sudah kembali normal. Sebelumnya, ada pembatasan waktu dan jumlah pemohon disetiap harinya.

Toko Roti Maison Weiner Sudah 83 Tahun di Kwitang, Jakarta Pusat

Kuliner

Toko Roti Maison Weiner Sudah 83 Tahun di Kwitang, Jakarta Pusat

03 July 2020, 18:00

Pertama didirikan tahun 1936, toko kue dan roti Maison Weiner masih terus menjual roti dan kue hingga sekarang. Produksinya ditangani oleh generasi ke-3, Heru Laksana.


Comments


Please Login to leave a comment.