Buku Shaggy Dog

Hobi dan Hiburan

24 Tahun Berkarya, Shaggydog Rilis Buku Perjalanan Karier

Shaggydog memang tidak ada matinya. Setelah masuk nominasi AMI Awards 2021 untuk kategori Artis Keroncong Langgam/Ekstra/Kontemporer bersama Ndarboy Genk dan OK Puspa Jelita plus merilis video klip Di Sayidan versi Keroncong, kreatifitas mereka tidak berhenti. Menandai 24 tahun perjalanan kreatifnya, Shaggy Dog merilis sebuah buku Biografi. Dalam menulis ulang perjalanan mereka selama berkarier di dunia musik.Shaggy Dog bekerjasama dengan seorang penulis Ardhana Pragotha . Peluncuran buku berlangsung di Prambanan Jazz cafe yang ditandai dengan pembubuhan tanda tangan Cover Buku oleh para personil Shaggy Dog.

Martinus Indra Hermawan selaku General Manager Doggy House Records menuturkan, Buku berjudul Shaggy Dog : Angkat Sekali Lagi Gelasmu Kawan , terbagi dalam 4 bab: Rude Boy, Boom Ska, Bersinar dan Masih Bersama. Masing bab bercerita tentang era penanda perubahan karier serta ditambah bonus session menganalisa Shaggydog melalui data. Bagian ini berusaha mereproduksi kembali memori para personil Shaggydog yang dari sudut pandang masing – masing. Bab ini terasa sangat menarik karena banyak sisi berbeda antar personil yang saling melengkapi.

[Baca Juga: 4 Rekomendasi Toko Buku Bekas di Tangerang]

“Kebersamaan personil sebuah band selama 24 tahun membuat persahabatan mereka mengental. Ada beberapa perbedaan pendapat yang kadang berujung perseteruan hebat karena persahabatan itu telah menjelma menjadi rasa persaudaraan . Hal semacam ini dapat kita baca secara terang benderang dalam buku ini. Meski, berseteru, mereka akhirnya kembali, karena band ini sudah menjadi rumah ke dua mereka," ujar Indra kepada wartawan Rabu (29/12/2021) di sela-sela acara peluncuran buku.

Buku Shaggy Dog

Indra menambahkan, salah satu bagian yang juga sangat menarik untuk disimak dari buku ini adalah kegamangan sang vokalis Heru Wahyono ketika pindah dari hiruk pikuk pesta pora-nya Bali ke atmosfer kebudayaan kota Yogyakarta yang tenang. Pada bagian ini dikisahkan tentang pertemuan anak - anak SMA yang kemudian menjadi cikal bakal Shaggydog, era keemasan musik SKA hingga jatuh bangunnya Shaggy Dog selama berkarier. Gambaran itu tidak hanya diungkapkan lewat narasi teks, tetapi dilengkapi dengan visual berupa foto dokumentasi prindadi ekslusif yang sebagian besar belum pernah dipublikasikan.

“Untuk penyajian foto yang bagus , kami libatkan dua kurator foto senior Angki Purbandono dan Agan Harahap," tandas Indra.

Shaggy Dog

Buku Perjalanan Shaggy Dog ini bukan sekadar buku dokumentasi. Buku ini juga memuat analisa data science yang dikerjakan oleh ilmuwan data Tyas NK . Dalam analisanya Tyas menggunakan bantuan software terbaru sehingga secara matematis menghasilkan telaah paduan argumen musik secara kuantitatif.

"Analisa ini menggunakan program Pyton yang sampelnya diambil dari lagu Shaggydog yang tersedia di platform streaming Spotify . Dengan proram ini berhasil mendapatkan data akurat yang dikemas sebagai mesin analisis untuk melihat keinginan pasar secara lebih tepat," ujar Tyas.


Read More

Shaggy Dog Band

Musik dan Hiburan

08157950550
Doggyhousedogz@yahoo.com

Artikel Lainnya

Omzet Capai Rp25 Juta Per Hari! Ini Rahasia Nikmatnya Mih Kocok Mang Dadeng.jpg

Kuliner

Omzet Capai Rp25 Juta Per Hari! Ini Rahasia Nikmatnya Mih Kocok Mang Dadeng

15 August 2022, 16:05

Berasal dari jerih payah serta bumbu-bumbu yang digunakan, Mih Kocok Mang Dadeng berhasil eksis selama 58 tahun terakhir dan terus dicari oleh konsumen setianya.

2 Inovatur Indonesia Digandeng dalam Program Plastic Waste to Value Southeast As ia Challenge.jpg

Bisnis

2 Inovator Indonesia Masuk Program Plastic Waste to Value Southeast Asia Challenge

15 August 2022, 14:04

Dari lima inovator di Asia Tenggara, dua datang dari Indonesia, terpilih ikut dalam program untuk membenahi tata kelola sampah plastik.

Parade Acara Jakarnaval 2022 Gaungkan Kekayaan Budaya Nusantara.jpg

Berita Kawasan

Parade Acara Jakarnaval 2022 Gaungkan Kekayaan Budaya Nusantara

15 August 2022, 12:01

Setelah vakum selama dua tahun akibat pandemi COVID-19, Jakarnaval akhirnya kembali digelar dengan sukses pada akhir pekan kemarin.

Terus Dorong Geliat Pariwisata Ibu Kota, Jakarnaval Digelar di Sirkuit E-Prix Jakarta.jpg

Berita Kawasan

Terus Dorong Geliat Pariwisata Ibu Kota, Jakarnaval Digelar di Sirkuit E-Prix Jakarta

12 August 2022, 16:43

Pada 14 Agustus 2022, Sirkuit Internasional E-Prix Jakarta akan menjadi lokasi acara puncak karnaval bernama Jakarnaval yang digelar untuk geliatkan wisata di Ibu Kota.


Comments


Please Login to leave a comment.