2.427 Calhaj Bandung yang Batal Berangkat Jadi Prioritas Tahun Depan

Berita Kawasan

2.427 CJH Bandung yang Batal Berangkat Jadi Prioritas Tahun Depan

Pemerintah Indonesia lewat Kementerian Agama baru-baru ini mengeluarkan kebijakan terkait pembatalan pemberangkatan calon jemaah haji (CJH) tahun 2020. Keputusan tersebut diambil imbas pandemi COVID-19 yang membuat pemerintah Arab Saudi menutup akses bagi jemaah haji dari negara manapun untuk datang ke negaranya.

Akibatnya, ratusan ribu jemaah haji asal Indonesia gagal diberangkatkan tahun ini. Tak terkecuali untuk jemaah haji yang berasal dari Kota Bandung. Sedikitnya ada 2.427 calon jemaah haji asal kota Bandung yang belum bisa menunaikan ibadah haji. Padahal persiapan sudah dilakukan sejak jauh hari.

[Baca Juga: Batal Berangkat, Calon Jamaah Haji Kota Batu Diminta Ambil Hikmahnya]

"Di kota Bandung yang sudah melunasi itu berjumlah 2.427 orang. Kami terus terang persiapan administrasi dari aspek paspor, pelunasan, sudah kirimkan ke tingkat provinsi Jawa Barat," ujar Kasi Haji Kementerian Agama (Kemenag) Kota Bandung, Asep Sopandi.

Asep pun mengaku tengah berkoordinasi dengan kelompok bimbingan ibadah haji untuk terus melakukan sosialisasi pada jemaah haji yang gagal berangkat tahun ini. Rencananya, para calon jemaah haji yang batal berangkat pada tahun ini akan diprioritaskan untuk berangkat pada tahun depan (2021). Meski begitu, Asep mengaku pihaknya masih menunggu mekanisme pelaksanaan kebijakan tersebut.

[Baca Juga: Ini Ciri Pangan yang Aman Dikonsumsi Kala Pandemi COVID-19]

"Pada prinsipnya bahwa jemaah haji yang melunasi ini bakal menjadi jamaah haji tahun 2021. Tinggal nanti bagaimana mekanisme selanjutnya kami akan menunggu ketentuan dari Kemenag pusat," ungkapnya.

Namun kata Asep, bagi jemaah haji yang ingin membatalkan keberangkatan, Kemenag Kota Bandung pun mempersilahkan calon jamaah untuk mengambil kembali uang pelunasannya. Untuk informasi perihal pembatalan dan lain-lain, calon jamaah haji bisa menghubungi Kemenag Kota Bandung via website atau telepon di nomor (022) 7505925.

Oded Minta CJH Bersabar

Sementara itu, wali kota Bandung Oded M Danial meminta kepada seluruh calon jemaah haji yang batal berangkat untuk tetap bersabar. Pasalnya menurut Oded, pelaksanaan ibadah haji merupakan panggilan dari Allah SWT yang pada dasarnya merupakan kehendak yang Maha Kuasa.

"Kalau sekarang kebijakan pemerintah (membatalkan pemberangkatan haji), anjuran mang Oded bersabarlah, urusan haji ini urusan panggilan Allah," kata Oded.

Adapun jika tidak dibatalkan, maka tanggal 26 Juni 2020 menjadi waktu yang sudah disepakati sebagai jadwal pemberangkatan awal jemaah haji di Indonesia.


Read More

Artikel Lainnya

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah.jpg

Bisnis

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah

03 February 2023, 16:35

Demi memastikan tidak adanya ketimpangan digital di daerah pedesaan luar Jawa, Amartha Foundation baru-baru ini meresmikan desa digital di wilayah Sulawesi Tengah.

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung.jpg

Bisnis

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung

03 February 2023, 14:20

Melalui kemitraan dengan PT KCIC, pengguna tiket.com ke depannya bisa memesan tiket untuk layanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB).

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

Berita Kawasan

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

02 February 2023, 17:41

Peresmian unit tempat parkir sepeda dilakukan oleh Corporate Secretary Pertamina NRE Dicky Septriadi, Wakil Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Chaidir, dan Ketua Umum B2W Fahmi Saimima.

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023.jpg

Hobi dan Hiburan

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023

02 February 2023, 15:41

Setelah memberikan teaser siapa saja yang akan tampil, akhirnya pihak penyelenggara mengumumkan siapa saja yang nanti siap menghibur Anda di Woke Up Fest 2023.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Rine 2 years, 8 months lalu
    rine

    guys ada kabar keren nich, mau dapatin duit dengan mudah tanpa keluar keringat? dan bisa jadi jutawan dalam waktu yang tidak lama, buruan yach ke bola165 jangan ketinggalan untuk menjadi jutawan....