Juni Mulai Normal, Pemda Siapkan Pariwisata di Jogja

Berita Kawasan

250 Pedagang Pasar Tradisional Di Jogja Jalani Rapid Test

Pasar tradisional diprediksi bisa jadi cluster penyebaran COVID-19 baru karena dinilai jadi tempat yang paling padat dan sering dikunjungi banyak orang, selain itu protokol kesehatannya pun cenderung rendah dan tak seketat tempat lain. Maka dari itu, banyak pemeritah daerah yang melakukan rapid test di Pasar Tradisional untuk mengecek kondisi penyebaran.

Begitu pula, Pemerintah Kota Yogyakarta yang melakukan rapid test secara acak dengan sasaran pedagang di sejumlah pasar tradisional. Rapid test dilakukan selama dua hari dimulai dari 3-4 Juni lalu, dengan total sampel 250 pedagang dari 10 pasar tradisional.

Rapid test di pasar tradisional dilakukan untuk memetakan sebaran COVID-19 yang belum terdeteksi oleh jangkauan Puskesmas dan Rumah Sakit. Pelaksanaan rapid test di hari pertama kemarin berhasil mengambil 147 sampel darah dari pedagang pasar tradisional. Sementara keesokan harinya, didapatkan sekitar 103 sampel yang diambil.

“Para pedagang sangat antusias mengikuti rapid test ini, mereka ingin mendapat pelayanan ini, bahkan meminta ditambah jumlahnya namun kita harus mengikuti metodologi yang dilakukan UGM,” ucap Wakil Walikota Yogyakarta Heroe Poerwadi saat meninjau pelaksanaan Rapid Test di Pasar Beringharjo.

Dilansir dari jogjakota.go.id (5/6/2020) Pasar Beringharjo Timur menjadi lokasi dengan sampel terbanyak yakni 89 orang, Pasar Giwangan 36 orang, Pasar Kranggan 25 orang, Pasar Demangan 24 orang, Pasar Kotagede 21 orang, Pasthy 18 orang, Pasar Serangan 13 orang, Pasar Sentul 13 orang Pasar Pathuk sembilan orang dan Pasar Karangwaru empat orang.

Agar tak membuat kerumunan, proses pengambilan sampel darah sebagian besar dilakukan di sejumlah Puskesmas dengan mengundang para pedagang. Namun, khusus di Pasar Beringharjo, test dilakukan di lantai tiga karena ada tempat yang mencukupi untuk dilakukan rapid test.

Heroe sendiri belum bisa memberikan keterangan terkait hasil rapid test yang sudah digelar di hari pertama kemarin, karena harus menunggu proses pemerikasaan yang dilakukan tim dari UGM. Dengan adanya pemeriksaan ini, diharapkan tidak ditemukan kasus baru, apalagi mengingat kasus di Yogya sudah menurun.

“Harapannya tidak ada kasus baru, dan di Kota Yogyakarta memang sudah mulai landai, untuk hasil dari rapid test ini kita tunggu saja nanti setelah semua proses sudah dilakukan teman-teman dari UGM,” pungkas Heroe.


Read More

Artikel Lainnya

Bulu Mata Menjulang dengan Maybelline Sky High Waterproof Mascara

Kecantikan dan Fashion

Bulu Mata Menjulang dengan Maybelline Sky High Waterproof Mascara

02 July 2022, 12:51

Maybelline Sky High Waterproof Mascara ini mengandung ekstrak bambu dan fiber yang dapat membantu memanjangkan dan menebalkan bulu mata.

Hadirkan Full Team, Tiket Konser Pre-sale 1 & 2 Dewa 19 di Candi Prambanan Ludes!.jpg

Hobi dan Hiburan

Hadirkan Full Team, Tiket Konser Pre-sale 1 & 2 Dewa 19 di Candi Prambanan Ludes!

01 July 2022, 15:58

Dengan kehadiran formasi lengkap, empat vokalis dan dua drummer di satu panggung, pemesanan tiket konser 30 Tahun Dewa 19 di Candi Pramabanan jenis pre-sale satu serta dua telah habis dengan tiket harga normal yang saat ini tersedia.

Melalui Flexi Hospital & Surgical, Astra Life Gaungkan Asuransi Kesehatan Cashles s.jpg

Bisnis

Melalui Flexi Hospital & Surgical, Astra Life Gaungkan Asuransi Kesehatan Cashless

01 July 2022, 14:44

Demi mengikuti tren digitalisasi serta iklim cashless yang bersifat kekinian, Astra Life juga memiliki produk asuransi kesehatan yang bersifat non-tunai.

Setelah Dihancurkan di Masa Penjajahan, Gapura Chinatown di Jakarta Kembali Berdiri.jpg

Berita Kawasan

Setelah Dihancurkan di Masa Penjajahan, Gapura Chinatown di Jakarta Kembali Berdiri

01 July 2022, 10:42

Baru-baru ini gapura Chinatown di kawasan Glodok Jakarta kembali diresmikan usai proyek restorasinya pasca-puluhan tahun yang lalu dihancurkan tentara Jepang.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Anisa 2 years lalu
    anisa

    Kabar Gembira buat para pengemar Game Online Kami memberikan Promo Ansuransi Modal Perdana 100% FULL. Modal perdana akan di ganti full 100% jika kurang beruntung. Pendaftaran Gratis dan Mudah Untuk bantuan bisa langsung hub CS 24 jam nonstop atau langsung ke TKP ( QQHarian dan bisa lsg cari atau search di google ) Ayo tunggu apa lagi gabung dan klaim Bonusnya ya guys. . . .

  • Rine 2 years lalu
    rine

    guys ada kabar keren nich, mau dapatin duit dengan mudah tanpa keluar keringat? dan bisa jadi jutawan dalam waktu yang tidak lama, buruan yach ke bola165 jangan ketinggalan untuk menjadi jutawan....

  • Emma 2 years lalu
    emma

    Hobi bermain game, Takut kalahh?? Tenang Gajitoto mempunyai promo New Member 20%, dan masih banyak lagi promomenariknya buruan, tunggu apa lagi hanya di Gajitoto.net yang berani memberikan bonus promo casback, buruan bergabung sekarang juga Di <a href="http://gajitoto.net/" title="Gajitoto" rel="nofollow">Gajitoto</a>