Juni Mulai Normal, Pemda Siapkan Pariwisata di Jogja

Berita Kawasan

250 Pedagang Pasar Tradisional Di Jogja Jalani Rapid Test

Pasar tradisional diprediksi bisa jadi cluster penyebaran COVID-19 baru karena dinilai jadi tempat yang paling padat dan sering dikunjungi banyak orang, selain itu protokol kesehatannya pun cenderung rendah dan tak seketat tempat lain. Maka dari itu, banyak pemeritah daerah yang melakukan rapid test di Pasar Tradisional untuk mengecek kondisi penyebaran.

Begitu pula, Pemerintah Kota Yogyakarta yang melakukan rapid test secara acak dengan sasaran pedagang di sejumlah pasar tradisional. Rapid test dilakukan selama dua hari dimulai dari 3-4 Juni lalu, dengan total sampel 250 pedagang dari 10 pasar tradisional.

Rapid test di pasar tradisional dilakukan untuk memetakan sebaran COVID-19 yang belum terdeteksi oleh jangkauan Puskesmas dan Rumah Sakit. Pelaksanaan rapid test di hari pertama kemarin berhasil mengambil 147 sampel darah dari pedagang pasar tradisional. Sementara keesokan harinya, didapatkan sekitar 103 sampel yang diambil.

“Para pedagang sangat antusias mengikuti rapid test ini, mereka ingin mendapat pelayanan ini, bahkan meminta ditambah jumlahnya namun kita harus mengikuti metodologi yang dilakukan UGM,” ucap Wakil Walikota Yogyakarta Heroe Poerwadi saat meninjau pelaksanaan Rapid Test di Pasar Beringharjo.

Dilansir dari jogjakota.go.id (5/6/2020) Pasar Beringharjo Timur menjadi lokasi dengan sampel terbanyak yakni 89 orang, Pasar Giwangan 36 orang, Pasar Kranggan 25 orang, Pasar Demangan 24 orang, Pasar Kotagede 21 orang, Pasthy 18 orang, Pasar Serangan 13 orang, Pasar Sentul 13 orang Pasar Pathuk sembilan orang dan Pasar Karangwaru empat orang.

Agar tak membuat kerumunan, proses pengambilan sampel darah sebagian besar dilakukan di sejumlah Puskesmas dengan mengundang para pedagang. Namun, khusus di Pasar Beringharjo, test dilakukan di lantai tiga karena ada tempat yang mencukupi untuk dilakukan rapid test.

Heroe sendiri belum bisa memberikan keterangan terkait hasil rapid test yang sudah digelar di hari pertama kemarin, karena harus menunggu proses pemerikasaan yang dilakukan tim dari UGM. Dengan adanya pemeriksaan ini, diharapkan tidak ditemukan kasus baru, apalagi mengingat kasus di Yogya sudah menurun.

“Harapannya tidak ada kasus baru, dan di Kota Yogyakarta memang sudah mulai landai, untuk hasil dari rapid test ini kita tunggu saja nanti setelah semua proses sudah dilakukan teman-teman dari UGM,” pungkas Heroe.

Read More

Artikel Lainnya

Membimbing Anak Berkebutuhan Khusus di Masa Pandemi

Pendidikan

Membimbing Anak Berkebutuhan Khusus di Masa Pandemi

09 July 2020, 11:45

Anak berkebutuhan khusus akan sangat membutuhkan bimbingan di masa pandemi COVID-19 seperti sekarang. Bimbingan ini juga berbeda dengan yang biasa dilakukan sebelum virus corona menyebar.

Terus Berusaha Ingatkan Warga Gunakan Masker, Wali Kota Risma Blusukan.jpg

Berita Kawasan

Terus Berusaha Ingatkan Warga Gunakan Masker, Wali Kota Risma Blusukan

09 July 2020, 11:00

Wali Kota Risma pada pekan ini blusukan di salah satu area Kota Surabaya dengan penyebaran COVID-19 tinggi demi ingatkan warga mengenai penggunaan masker.

Nike Air Force 1s, Sepatu Favorit Para Supermodel

Kecantikan dan Fashion

Nike Air Force 1s, Sepatu Favorit Para Supermodel

09 July 2020, 10:00

Muncul pada tahun 1982, sneaker ini bergaya klasik dan dapat diandalkan sehingga terkenal sebagai salah satu sepatu terlaris di Amerika Serikat hingga hari ini.

nasi cumi waspada_3.jpg

Kuliner

Nasi Cumi Waspada Siap Goda Selera Anda Selama 24 Jam

08 July 2020, 20:32

Sensasi menyantap nasi cumi yang dijajakan di pinggir jalan memang tidak ada duanya, terlebih lagi selalu tersedia selama 24 jam.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Anisa 1 month lalu
    anisa

    Kabar Gembira buat para pengemar Game Online Kami memberikan Promo Ansuransi Modal Perdana 100% FULL. Modal perdana akan di ganti full 100% jika kurang beruntung. Pendaftaran Gratis dan Mudah Untuk bantuan bisa langsung hub CS 24 jam nonstop atau langsung ke TKP ( QQHarian dan bisa lsg cari atau search di google ) Ayo tunggu apa lagi gabung dan klaim Bonusnya ya guys. . . .

  • Rine 1 month lalu
    rine

    guys ada kabar keren nich, mau dapatin duit dengan mudah tanpa keluar keringat? dan bisa jadi jutawan dalam waktu yang tidak lama, buruan yach ke bola165 jangan ketinggalan untuk menjadi jutawan....

  • Emma 1 month lalu
    emma

    Hobi bermain game, Takut kalahh?? Tenang Gajitoto mempunyai promo New Member 20%, dan masih banyak lagi promomenariknya buruan, tunggu apa lagi hanya di Gajitoto.net yang berani memberikan bonus promo casback, buruan bergabung sekarang juga Di <a href="http://gajitoto.net/" title="Gajitoto" rel="nofollow">Gajitoto</a>