2.898 Kendaraan Keluar-Masuk Jakarta Dipaksa Putar Balik

Berita Kawasan

2.898 Kendaraan Keluar-Masuk Jakarta Dipaksa Putar Balik

Ribuan pengendara bermotor yang mengarah maupun yang keluar DKI Jakarta terpaksa harus memutar balik kendaraannya dan kembali ke daerah asal. Itu dikarenakan para pengendara tersebut tidak dapat menunjukan surat izin keluar masukj (SIKM) Jakarta pada saat pemeriksaan yang dilakukan oleh aparat di titik-titik pos pengecekan.

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo mengatakan, sampai dengan saat ini tercatat ada sebanyak 2.898 kendaraan yang diputar balik. Dari total tersebut, sebanyak 524 kendaraan terjaring operasi pemeriksaan SIKM di sembilan pos pemeriksaan di wilayah DKI Jakarta.

"Sementara, sebanyak 2.374 kendaraan kita putar balik di 11 titik sekat di luar DKI Jakarta," ungkap Sambodo.

[Baca Juga: Permprov Wajibkan Surat Izin Keluar-Masuk Khusus Wilayah DKI]

SIKM sendiri wajib dimiliki oleh masyarakat yang hendak melakukan perjalanan dinas ke luar daerah. Hal tersebut telah diatur dalam Pergub Nomor 47 Tahun 2020 tentang Pembatasan Kegiatan Berpergian Keluar dan/atau Masuk Provinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta Dalam Upaya Pencegahan Penyebaran Corona Virus Disease 2019 (COVID-19).

Adapun kepemilikannya kata Sambodo, satu SIKM hanya dapat diperuntukan bagi satu orang. Kalaupun dalam satu kendaraan misalnya terdapat beberapa penumpang namun hanya satu orang saja yang memiliki SIKM, maka petugas otomatis memaksa kendaraan tersebut untuk memutar balik atau mengkarantina para penumpangnya selama 14 hari.

"Ya kita putar balik. Ya pilihannya yang satu orang itu (memiliki SIKM) turun atau semua putar balik," ujarnya.

Dalam pemeriksaan SIKM, kepolisian hanya berperan sebagai pendamping. Pemeriksaan pun akan dilakukan oleh Satuan Polisi Pamong Praja dan jajaran Dinas Perhubungan dan Transportasi DKI Jakarta di pos-pos penyekatan yang tersebar baik di dalam maupun di sekitar wilayah DKI Jakarta.

[Baca Juga: Petugas Masih Menemukan Sejumlah Pelanggar PSBB di Jakarta Timur]

Pemeriksan SIKM Sampai 7 Juni

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo mengatakan bahwa operasi pemeriksaan SIKM akan dilakukan sampai 7 Juni 2020. Selama pemeriksaan SIKM kata Syafrin, pihaknya menurunkan sebanyak 366 petugas di 9 pos pemeriksaan SIKM.

Sembilan pos pemeriksaan tersebut berada di Jalan Syeh Nawawi, Jalan Raya Serang, Jalan Raya Maja, Jalan Jasinga, Jalan Ciawi-Sukabumi, Jalan Ciawi-Cianjur, Jalan Raya Tanjung Sari, Jalan Raya Pantura (Kedung Waringin), dan Jalan Inspeksi Kali Malang. Kemudian, dua check point berada di Gerbang Tol Cikupa dan Gerbang Tol Cikarang Barat KM 31.


Read More

Artikel Lainnya

OneRepublic Hingga MWAM Akan Tampil di Woke Up Fest 202 3.jpg

Hobi dan Hiburan

OneRepublic Hingga MWAM Akan Tampil di Woke Up Fest 2023

28 September 2022, 16:11

Konser internasional Woke Up Fest 2023 yang menampilkan musisi ternama dari berbagai negara diumumkan akan digelar pada Februari 2023 di Istora Senayan Jakarta.

Manggung di JIS, Dewa 19 Full Team Siap Tampil di Jakarta.jpg

Hobi dan Hiburan

Manggung di JIS, Dewa 19 Full Team Siap Tampil di Jakarta

28 September 2022, 14:08

Setelah tampil di Candi Prambanan dan mengumumkan konser di Solo, konser Dewa 19 full team yang lengkap dengan anggota serta mantan anggotanya kali ini melirik JIS sebagai venue konser selanjutnya.

Melalu Menanti, Aldiv Rilis Single Ketiganya.jpg

Hobi dan Hiburan

Melalui Menanti, Aldiv Rilis Single Ketiganya

28 September 2022, 12:06

Penyanyi solois pria Aldiv kembali menunjukkan eksistensinya di blantika musik Tanah Air dengan single Menanti.

Kolaborasi dengan Free Fire, Maybelline Luncurkan Lip Cream Edisi Khusu s.jpg

Kecantikan dan Fashion

Kolaborasi dengan Free Fire, Maybelline Luncurkan Lip Cream Edisi Khusus

27 September 2022, 16:37

Maybelline baru-baru ini meluncurkan lipcream Superstay Matte Ink dengan delapan shade warna yang terinspirasi dari empat karakter perempuan di mobile game Free Fire.


Comments


Please Login to leave a comment.