Memelihara Ikan Discus di Akuarium Rumah

Properti dan Solusi

3 Alasan Mengapa Ikan Discus Cocok untuk di Akuarium Rumah

Mungkin bagi Anda yang pehobi ikan hias, nama ikan discus akan terdengar asing. Namun jika Anda pernah mengunjungi rumah yang memiliki akuarium dan berisi ikan yang berwarna cantik nan cerah dengan corak unik serta tubuh yang pipih, inilah ikan discus. Karena karakteristik itulah, ikan hias ini termasuk salah satu ikan yang populer menghias akuarium di rumah dan apartemen.

Memelihara Ikan Discus di Akuarium Rumah

Ikan discus yang yang memiliki nama latin Symphysodon ini sebenarnya memiliki habitat di perairan Sungai Amazon, Amerika Selatan. Lalu mengapa ikan ini cocok untuk dipelihara dalam aquarium di rumah? Berikut tiga alasannya menurut salah satu penjual di ikan cantik ini:

  1. Ikan discus bentuknya unik seperti segitiga dengan sudut-sudut yang melengkung
  2. Meiliki warna yang cerah yang membuat aquarium lebih hidup
  3. Temperamen ikan discuss tenang sehingga cocok untuk tinggal dengan jenis ikan hias lainnya,

Itulah tiga alasan mengapa ikan discus banyak dikembangbiakkan untuk dipelihara di akuarium, khususnya untuk menemani aquascape.

[Baca Juga: 5 Jenis Ikan untuk Mempercantik Aquascape]

Namun karena harganya yang terbilang mahal per ekornya serta perawatannya yang membutuhkan ketelitian, ikan hias ini dipandang tidak direkomendasikan untuk pemula. Namun menurut Hendra Sumbara yang membuka kios dengan spesialisasi ikan discus di Pasar Ikan Hias Radio Dalam, hal ini sebenarnya pandangannya yang kurang tepat, karena ini semua tergantung dengan penjualnya.

Memelihara Ikan Discus di Akuarium Rumah

“Ikan discus memiliki grade atau tingkatannya, kalau yang di sini sudah dikarantina jadi sudah aman dan enggak gampang takut sama stres. Terus kita juga di sini sudah biasa enggak pakai heater jadi daya tahan tubuhnya lebih kuat,” tutur Hendra kepada PingPoint.co.id di Pasar Ikan Hias Radio Dalam, Kecamatan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan (30/7/2019).

Menurut Hendra, ikan discus ini sangat cocok untuk Anda yang ingin menghias tempat tinggal dengan akuarium yang memiliki beragam ikan hias di dalamnya. “Kan dia awalnya dari Amazon yang terkenal dengan ikan buas, nah kalau ikan discus ini yang jinaknya. Ikan ini fleksibel kalau di akuarium, asal jangan sama ikan buas. Tapi kalau cuman sama ikan neon, american flagtail, atau kapiat ya bisa mereka,” ujarnya.

[Baca Juga: Manfaat Menghadirkan Aquascape di dalam Rumah]

Tertarik untuk memelihara ikan discus di rumah Anda? Jika iya, maka Anda harus perlu mempersiapkan anggarannya. Di toko Hendra yang berada di Pasar Ikan Hias Radio Dalam, terdapat beragam jenis ikan discus yang dijual dengan harga yang berbeda. Untuk ukuran 2 inci, ia membanderol dengan harga Rp130.000 per ekor, sedangkan yang tiga inci ada yang Rp280.000 dan yang tertinggi adalah jenis pigeon blood, red melon, red marlboro yang dijual dengan harga Rp350.000 per ekornya. Menurutnya, Anda membutuhkan budget sekitar Rp3.000.000 untuk membangun akuarium dengan ukuran normal beserta perlengkapannya dengan sekitar empat ekor ikan discus berukuran 2 inci.


Read More

Artikel Lainnya

Jakarta Concert Week 2023 Siap Digelar di GJAW.jpg

Hobi dan Hiburan

Jakarta Concert Week 2023 Siap Digelar di GJAW

07 February 2023, 14:00

Gaikindo Jakarta Auto Week 2023 nantinya tak hanya berisikan pameran otomotif tapi juga siap didampingi acara konser seru bertajuk Jakarta Concert Week 2023.

Sukses Raih Penghargaan Acer Smart School Awards 2022, Ini 12 Pemenangnya.jpg

Pendidikan

Sukses Raih Penghargaan Acer Smart School Awards 2022, Ini 12 Pemenangnya

07 February 2023, 11:00

Melalui Acer Smart School Awards 2022, Acer beri penghargaan kepada belasan sekolah dan para guru kreatif yang dipandang mendorong transformasi pendidikan Indonesia.

Ini Komunitas Unpad Peduli Anabul Penghuni Area Kampus.jpg

Pendidikan

Ini Komunitas Unpad Peduli Anabul Penghuni Area Kampus

06 February 2023, 14:53

Bergabung dalam UnpadSF, sejumlah mahasiswa Universitas Padjadjaran mengisi sela-sela waktunya untuk membantu serta melindungi anabul yang tinggal di sekitaran kampus Unpad.

CFD Kota Medan Bawa Berkah Bagi Pengusaha UMKM.jpg

Bisnis

CFD Kota Medan Bawa Berkah Bagi Pengusaha UMKM

06 February 2023, 12:51

Selain untuk berolahraga, CFD Kota Medan juga menjadi momen berkumpul bersama keluarga serta teman dan ini menjadi berkah tersendiri bagi pelaku usaha UMKM Kota Melayu Deli.


Comments


Please Login to leave a comment.