3 Alasan Mengapa Kopi Dapat Membuat Sakit Perut

Kesehatan

3 Alasan Mengapa Kopi Dapat Membuat Sakit Perut

Kopi telah digemari oleh masyarakat dunia sejak abad ke-15, kini kopi pun tidak hanya dapat dinikmati sebagai minuman nikmat saja, tapi juga merambah ke urusan kecantikan. Namun umumnya kopi selalu dapat disajikan sebagai minuman. Bahkan tak sedikit orang yang melakukan ritual minum kopi sebelum beraktivitas sehari-hari.

Kopi memang dipercaya dapat memberikan beragam hal positif bagi kesehatan tubuh manusia. Seperti yang dikutip dari cnn.com (12/4/18), kopi memiliki kecenderungan untuk mengurangi risiko dari banyak penyakit, termasuk diabetes tipe 2, liver, kanker usus besar, Alzheimer dan kanker kulit.

3 Alasan Mengapa Kopi Dapat Membuat Sakit Perut

Namun di balik nilai positif kopi tersebut, tersimpan efek samping negatif yang dimiliki oleh kopi. Menurut Javapresse.com, lazimnya efek samping negatif dari kopi ini terkait dengan masalah perut. Ada beberapa alasan mengapa perut dapat terganggu oleh kopi:

1. Perut Sensitif Terhadap Asam

Sistem pencernaan manusia tidak terlepas dari kinerja asam lambung. Komponen ini yang berperan untuk mencerna makanan yang Anda konsumsi. Tapi jika terlalu banyak asam lambung yang dihasilkan, maka akan mengganggu sistem pencernaan dan dapat menimbulkan rasa kembung atau terlalu banyak bersendawa. Solusinya, coba pilih kopi yang memiliki tingkat keasaman yang rendah atau pilih sajian kopi cold brew.

[Baca Juga: Kenali Manfaat dan Risiko Mengonsumsi Kopi Hijau]

2. Perut Sensitif Terhadap Kafein

Banyak orang yang menganggap bahwa kopi yang berkarakter asam dapat menimbulkan masalah perut, tapi ternyata kafein juga memberi andil bagi pencernaan dalam memproduksi asam lambung yang berlebih. Selain itu molekul kafein juga dapat memberikan efek laksatif yang mendorong sistem pencernaan untuk bekerja semakin cepat. Solusinya, Anda boleh menikmati kopi versi decaf atau konsumsi buah pisang, karena pisang bersifat alkali.

3. Minum Kopi Dalam Kondisi Perut Kosong

Satu hal yang pasti, jika Anda mengonsumsi minuman kopi sebelum mengonsumsi makanan atau dalam perut kosong, maka perut akan bermasalah. Konsumsi makanan yang cukup sebagai awal, lalu Anda dapat melanjutkannya dengan minuman kopi yang nikmat. Jangan lupa bahwa kopi memiliki substansi asam dan molekul kafein yang telah disebutkan di atas.

[Baca Juga: Inilah Manfaat Kopi dan Teh untuk Kesehatan]

Kopi merupakan minuman yang cukup kuat, karena memiliki karakter yang kaya dan kompleks. Berbekal tiga alasan di atas, Anda dapat tetap menikmati kopi setiap saat tanpa harus khawatir akan timbul masalah pada perut.

Read More

Artikel Lainnya

Seva.id Mudahkan Masyarakat Dalam Membeli Mobil

Bisnis

Seva.id Mudahkan Masyarakat Dalam Membeli Mobil

21 August 2019, 17:00  |  4 Views

Seva.id menyuguhkan cara baru dalam proses membeli mobil bagi masyarakat Indonesia, layaknya berbelanja berbagai barang melalui layanan e-commerce.

Kemenperin Ciptakan Penyimpan Energi Portabel, Solusi Listrik Padam

Properti dan Solusi

Kemenperin Ciptakan Penyimpan Energi Portabel, Solusi Listrik Padam

21 August 2019, 16:00  |  4 Views

Pemadaman listrik tentu mengganggu aktivitas masyarakat, namun kini Kemenperin punya solusi berupa penyimpan energi listrik portabel.

Wakil Wali Kota Bekasi Ajak Siswa SMP Kurangi Sampah Plastik

Berita Kawasan

Wakil Wali Kota Bekasi Ajak Siswa SMP Kurangi Sampah Plastik

21 August 2019, 15:00  |  3 Views

Masalah sampah di Indonesia semakin kompleks, maka dari itu Wakil Wali Kota mengimbau para guru dan siswa untuk turut aktif kurangi sampah plastik.

Khasiat Bawang Hitam Untuk Tubuh

Kesehatan

Khasiat Bawang Hitam Untuk Tubuh

21 August 2019, 14:00  |  3 Views

Selain rasanya yang tidak lagi getir, ternyata bawang hitam memiliki banyak khasiat yang baik untuk dikonsumsi dalam menjaga kesehatan tubuh.


Comments


Please Login to leave a comment.