3 Alasan Mengapa Kopi Dapat Membuat Sakit Perut

Kesehatan

3 Alasan Mengapa Kopi Dapat Membuat Sakit Perut

Kopi telah digemari oleh masyarakat dunia sejak abad ke-15, kini kopi pun tidak hanya dapat dinikmati sebagai minuman nikmat saja, tapi juga merambah ke urusan kecantikan. Namun umumnya kopi selalu dapat disajikan sebagai minuman. Bahkan tak sedikit orang yang melakukan ritual minum kopi sebelum beraktivitas sehari-hari.

Kopi memang dipercaya dapat memberikan beragam hal positif bagi kesehatan tubuh manusia. Seperti yang dikutip dari cnn.com (12/4/18), kopi memiliki kecenderungan untuk mengurangi risiko dari banyak penyakit, termasuk diabetes tipe 2, liver, kanker usus besar, Alzheimer dan kanker kulit.

3 Alasan Mengapa Kopi Dapat Membuat Sakit Perut

Namun di balik nilai positif kopi tersebut, tersimpan efek samping negatif yang dimiliki oleh kopi. Menurut Javapresse.com, lazimnya efek samping negatif dari kopi ini terkait dengan masalah perut. Ada beberapa alasan mengapa perut dapat terganggu oleh kopi:

1. Perut Sensitif Terhadap Asam

Sistem pencernaan manusia tidak terlepas dari kinerja asam lambung. Komponen ini yang berperan untuk mencerna makanan yang Anda konsumsi. Tapi jika terlalu banyak asam lambung yang dihasilkan, maka akan mengganggu sistem pencernaan dan dapat menimbulkan rasa kembung atau terlalu banyak bersendawa. Solusinya, coba pilih kopi yang memiliki tingkat keasaman yang rendah atau pilih sajian kopi cold brew.

[Baca Juga: Kenali Manfaat dan Risiko Mengonsumsi Kopi Hijau]

2. Perut Sensitif Terhadap Kafein

Banyak orang yang menganggap bahwa kopi yang berkarakter asam dapat menimbulkan masalah perut, tapi ternyata kafein juga memberi andil bagi pencernaan dalam memproduksi asam lambung yang berlebih. Selain itu molekul kafein juga dapat memberikan efek laksatif yang mendorong sistem pencernaan untuk bekerja semakin cepat. Solusinya, Anda boleh menikmati kopi versi decaf atau konsumsi buah pisang, karena pisang bersifat alkali.

3. Minum Kopi Dalam Kondisi Perut Kosong

Satu hal yang pasti, jika Anda mengonsumsi minuman kopi sebelum mengonsumsi makanan atau dalam perut kosong, maka perut akan bermasalah. Konsumsi makanan yang cukup sebagai awal, lalu Anda dapat melanjutkannya dengan minuman kopi yang nikmat. Jangan lupa bahwa kopi memiliki substansi asam dan molekul kafein yang telah disebutkan di atas.

[Baca Juga: Inilah Manfaat Kopi dan Teh untuk Kesehatan]

Kopi merupakan minuman yang cukup kuat, karena memiliki karakter yang kaya dan kompleks. Berbekal tiga alasan di atas, Anda dapat tetap menikmati kopi setiap saat tanpa harus khawatir akan timbul masalah pada perut.


Read More

Artikel Lainnya

Walau Banyak Bisnis Penyewaan Buku Punah, Pitimoss Fun Library Mampu Tetap Eksis.jpg

Pendidikan

Walau Banyak Bisnis Penyewaan Buku Punah, Pitimoss Fun Library Mampu Tetap Eksis

31 January 2023, 12:38

Di tengah hantaman digitalisasi yang membuat akses membaca buku novel serta komik mudah, Pitimoss Fun Library tetap mampu bertahan hingga hampir 20 tahun terakhir.

Wow, Bank Sampah di Kota Tangerang Ini Hasilkan Produk Lilin Aromat erapi.jpg

Bisnis

Wow, Bank Sampah di Kota Tangerang Ini Hasilkan Produk Lilin Aromaterapi

30 January 2023, 15:01

Bank sampah ternyata tak hanya bisa mendapatkan cuan dari pemilahan sampah semata, karena bank sampah satu ini menunjukan bahwa mereka juga mampu membuat produk yang bernilai ekonomi.

Perayaan Imlek 2023 di Taman Banteng, Pj Gubernur DKI Jakarta Dampingi Jokowi.jpg

Berita Kawasan

Perayaan Imlek 2023 di Taman Banteng, Pj Gubernur DKI Jakarta Dampingi Jokowi

30 January 2023, 12:58

Pada akhir pekan kemarin, Presiden Jokowi terlihat hadir bersama Pj Gubernur DKI Jakarta dalam momen perayaan Imlek Nasional yang digelar di Taman Banteng

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Vaksinasi, Pemkot Surabaya Siap Sweepin g.jpg

Kesehatan

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Imunisasi, Pemkot Surabaya Siap Sweeping

27 January 2023, 13:57

Banyaknya kasus campak di wilayah perbatasan Surabaya-Madura, mendorong Pemkot Surabaya untuk bergerak secara agresif demi memastikan anak-anak Kota Pahlawan sudah mendapatkan imunisasi campak.


Comments


Please Login to leave a comment.