3 Alasan Mengapa Kopi Dapat Membuat Sakit Perut

Kesehatan

3 Alasan Mengapa Kopi Dapat Membuat Sakit Perut

Kopi telah digemari oleh masyarakat dunia sejak abad ke-15, kini kopi pun tidak hanya dapat dinikmati sebagai minuman nikmat saja, tapi juga merambah ke urusan kecantikan. Namun umumnya kopi selalu dapat disajikan sebagai minuman. Bahkan tak sedikit orang yang melakukan ritual minum kopi sebelum beraktivitas sehari-hari.

Kopi memang dipercaya dapat memberikan beragam hal positif bagi kesehatan tubuh manusia. Seperti yang dikutip dari cnn.com (12/4/18), kopi memiliki kecenderungan untuk mengurangi risiko dari banyak penyakit, termasuk diabetes tipe 2, liver, kanker usus besar, Alzheimer dan kanker kulit.

3 Alasan Mengapa Kopi Dapat Membuat Sakit Perut

Namun di balik nilai positif kopi tersebut, tersimpan efek samping negatif yang dimiliki oleh kopi. Menurut Javapresse.com, lazimnya efek samping negatif dari kopi ini terkait dengan masalah perut. Ada beberapa alasan mengapa perut dapat terganggu oleh kopi:

1. Perut Sensitif Terhadap Asam

Sistem pencernaan manusia tidak terlepas dari kinerja asam lambung. Komponen ini yang berperan untuk mencerna makanan yang Anda konsumsi. Tapi jika terlalu banyak asam lambung yang dihasilkan, maka akan mengganggu sistem pencernaan dan dapat menimbulkan rasa kembung atau terlalu banyak bersendawa. Solusinya, coba pilih kopi yang memiliki tingkat keasaman yang rendah atau pilih sajian kopi cold brew.

[Baca Juga: Kenali Manfaat dan Risiko Mengonsumsi Kopi Hijau]

2. Perut Sensitif Terhadap Kafein

Banyak orang yang menganggap bahwa kopi yang berkarakter asam dapat menimbulkan masalah perut, tapi ternyata kafein juga memberi andil bagi pencernaan dalam memproduksi asam lambung yang berlebih. Selain itu molekul kafein juga dapat memberikan efek laksatif yang mendorong sistem pencernaan untuk bekerja semakin cepat. Solusinya, Anda boleh menikmati kopi versi decaf atau konsumsi buah pisang, karena pisang bersifat alkali.

3. Minum Kopi Dalam Kondisi Perut Kosong

Satu hal yang pasti, jika Anda mengonsumsi minuman kopi sebelum mengonsumsi makanan atau dalam perut kosong, maka perut akan bermasalah. Konsumsi makanan yang cukup sebagai awal, lalu Anda dapat melanjutkannya dengan minuman kopi yang nikmat. Jangan lupa bahwa kopi memiliki substansi asam dan molekul kafein yang telah disebutkan di atas.

[Baca Juga: Inilah Manfaat Kopi dan Teh untuk Kesehatan]

Kopi merupakan minuman yang cukup kuat, karena memiliki karakter yang kaya dan kompleks. Berbekal tiga alasan di atas, Anda dapat tetap menikmati kopi setiap saat tanpa harus khawatir akan timbul masalah pada perut.

Read More

Artikel Lainnya

Cara Atasi Jerawat di Leher dengan 4 Bahan Alami Ini

Kesehatan

Cara Atasi Jerawat di Leher dengan 4 Bahan Alami Ini

11 December 2019, 08:00

Meski secara umum tidak berbahaya, jerawat di leher sering kali membuat penggunanya menjadi kurang percaya diri. Bagaimana cara mengatasinya?

Ingin Kurus? Jangan Coba-coba Makan Ini di Malam Hari

Kesehatan

Ingin Kurus? Jangan Coba-coba Makan Ini di Malam Hari!

10 December 2019, 18:00

Mengonsumsi makanan yang banyak mengandung kalori saat malam hari akan membuat berat badan naik. Ingin kurus? hindari jenis makanan ini jelang tidur!

Avrist Senang dengan Hasil Program Avrist Warrior Woman

Bisnis

Avrist Senang dengan Hasil Program Avrist Warrior Woman

10 December 2019, 17:00

Melihat antusiasme serta perkembangan bisnis peserta Avrist Warrior Woman, perusahaan Avrist menilai program CSR ini sukses.

Pedagang Pakaian Bekas di Pasar Senen Direlokasi

Berita Kawasan

Pedagang Pakaian Bekas di Pasar Senen Direlokasi

10 December 2019, 16:00

Dalam rangka menata trotoar di Jalan Raya Senen, Pemkot Jakarta Pusat relokasi para pedagang pakaian bekas.


Comments


Please Login to leave a comment.