3 Bahan Alami Ini Bisa Jadi Masker Rambut Praktis

Kecantikan dan Fashion

3 Bahan Alami Ini Bisa Jadi Masker Rambut Praktis

Seperti anggota tubuh lain, rambut pun perlu dirawat agar bisa sehat dan terhindar dari berbagai masalah. Kerusakan rambut adalah salah satu masalah yang sering Anda hadapi. Kerusakan rambut biasanya disebabkan karena terlalu banyaknya bahan kimia yang mengenai rambut.

Bahan kimia kerap membuat rambut tidak ternutrisi dengan baik dan kering. Rambut kering dapat mudah dikenali dengan tanda ujung bercabang, patah, kusam, dan kasar. Penyebabnya karena kurangnya minyak dan kelembapan yang dibutuhkan rambut.

Untuk mengatasi masalah rambut tersebut, Anda dapat menutrisi rambut dengan cara membuat masker. Selain hemat, membuat masker sendiri akan membuat rambut kita lebih sehat karena berasal dari bahan alami. Berikut tiga bahan alami yang dapat dijadikan masker rambut untuk perawatan seperti dirangkum PingPoint.co.id dari berbagai sumber.

[Baca Juga: 5 Jenis Masker Wajah yang Sesuai Jenis Kulit]

Telur Jadi Bahan Alami Masker Rambut Praktis

1. Masker Rambut Telur

Anda mungkin biasa meluruskan rambut dengan menggunakan bahan kimia. Cara instan ini bisa merusak rambut anda. Bila Anda mendambakan rambut lurus yang mudah diatur, bisa menggunakan cara yang lebih alami, yaitu masker telur. Telur dan minyak zaitun dapat membantu membuat rambut tampak lebih rapi.

Telur adalah obat alami untuk rambut yang rusak dan kering. Kandungan protein tinggi yang ditemukan di dalamnya berguna untuk menguatkan folikel rambut. Nutrisi dalam telur bertindak sebagai deep conditioner yang membantu menambah kilau dan tekstur pada rambut kusam. Cara membuat masker alami ini sebagai berikut:

  • Ambil dua butir telur dan 4 sendok makan minyak zaitun dan aduk rata
  • Oleskan ke rambut selama 20 hingga 25 menit. Pastikan kita mengenakan shower cap setiap kali menerapkan masker rambut, karena pembungkus plastik membantu menjaga kelembapan untuk lebih menyerap dan sebagai hasilnya rambut mendapatkan hidrasi yang lebih baik
  • Bilas maskernya dan rambut Anda benar-benar rapi dan berkilau
  • Jangan menggunakan air panas untuk mencuci rambut. Air panas membuat telur sulit dibersihkan dari rambut.

[Baca Juga: Cara Alami Atasi Belang pada Wajah Wanita Berhijab]

Pisang Jadi Bahan Alami Masker Rambut Praktis

2. Masker Rambut Pisang

Untuk menambah banyak kelembapan pada rambut yang rusak, kusam, dan kering, kita dapat mencoba masker pisang. Lakukan ini seminggu sekali agar rambut sehat dan berkilau. Sifat pelembap pisang bermanfaat untuk rambut kering dan kasar. Buahnya kaya mineral dan vitamin membantu memperkuat rambut yang rusak.

Pisang juga memberikan kelembaban yang dibutuhkan untuk rambut, yang membantu mencegah kerusakan dan bercabang. Aplikasi teratur ini pada rambut meningkatkan kesehatan rambut secara keseluruhan. Bahkan, masker pisang juga dapat membantu dalam mengobati ketombe. Cara membuat masker alami ini sebagai berikut:

  • Ambil satu atau dua pisang matang (sesuai dengan panjang rambut) dan campurkan
  • Jika ampasnya terlalu tebal, tambahkan satu sendok makan susu ke dalamnya. Bubur harus halus tanpa potongan atau gumpalan di dalamnya
  • Anda juga dapat menambahkan satu sendok makan minyak zaitun
  • Basahi rambut sebelum mengaplikasikan masker. Oleskan campuran tumbuk ke akar, kulit kepala, rambut, dan ujung rambut

[Baca Juga: Perbedaan Fungsi Perawatan Rambut yang Harus Diketahui]

Avokad Jadi Bahan Alami Masker Rambut Praktis

3. Masker Rambut Avokad

Avokad matang adalah pelembap yang bagus untuk kulit dan rambut, dan mengandung banyak nutrisi dan vitamin. Kandungan serat tinggi dari buah alpukat ini membuat aplikasinya mudah pada rambut. Minyak alami buah ini bertindak sebagai deep conditioner untuk rambut kusam. Cara membuat masker alami ini sebagai berikut:

  • Kupas avokad matang dan tumbuk. Masukkan ke dalam mangkuk, campur dengan minyak zaitun. Namun, jangan tambahkan minyak zaitun jika rambut diwarnai. Minyak zaitun memiliki kecenderungan untuk mencerahkan warna rambut. Jadi, dalam hal ini, kita dapat menggantinya dengan minyak almond atau minyak lidah buaya
  • Basahi rambut sebelum menggunakan masker rambut. Oleskan masker ke kulit kepala hingga ujung rambut
  • Setelah sekitar 25 hingga 30 menit, pijat kulit kepala
  • Bilas dan nikmati rambut lembut dan mudah diatur

Silakan mencoba tiga pilihan masker alami di atas. Rasakan manfaatnya! Anda pasti akan setuju kalau cara alami ini lebih efektif daripada perawatan mahal di spa dan salon.

Read More

Artikel Lainnya

Indekos, Toko Bunga, dan Museum, Inilah Perubahan Wajah Gedung Sumpah Pemuda

Berita Kawasan

Museum Sumpah Pemuda Gelar Pameran Sartono: Sang Pejuang Demokrasi

27 October 2020, 17:54

Dalam momen perayaan Sumpah Pemuda tahun ini, Museum Sumpah Pemuda menggelar pameran yang memperlihatkan sosok yang dipandang sebagai tokoh pejuang demokrasi di Indonesia, Sartono.

Dari realme Narzo 20 Hingga AIoT, Pekan Depan realme Rilis Jajaran Produk Baru!.jpg

Bisnis

Dari realme Narzo 20 Hingga AIoT, Pekan Depan realme Rilis Jajaran Produk Baru!

27 October 2020, 15:36

i awal November 2020, realme Indonesia sudah siap memperkenalkan beragam produk barunya, termasuk ponsel pintar yang targetkan mobile gamer.

Jelang Unjuk Rasa Omnibus Law di Surabaya, Wali Kota Risma Lakukan Init.jpg

Berita Kawasan

Jelang Unjuk Rasa Omnibus Law di Surabaya, Wali Kota Risma Lakukan Ini

27 October 2020, 14:29

Wali Kota Risma berpesan kepada warganya yang hendak ikut demonstrasi Omnibus Law pada hari ini.

Persiapan Libur Panjang, Pemprov Jawa Barat Siap Gelar Rapid Test Dadakan.jpg

Berita Kawasan

Persiapan Libur Panjang, Pemprov Jawa Barat Siap Gelar Rapid Test Dadakan

27 October 2020, 13:36

Pemprov Jawa Barat sudah mulai mempersiapkan untuk antisipasi potensi penyebaran COVID-19 saat libur panjang.


Comments


Please Login to leave a comment.