3 Cara Memanfaatkan Cuka Apel untuk Rambut

Kecantikan dan Fashion

3 Cara Memanfaatkan Cuka Apel untuk Rambut

Cuka apel merupakan cuka yang dibuat dari jus apel yang sudah melewati proses fermentasi. Cuka apel biasanya digunakan untuk dressing salad, bumbu perendam, pengawet makanan, dan masih banyak yang lainnya. Namun tahukah Anda jika cuka apel saat ini sedang tren dan ramai diperbincangkan karena bisa jadi salah satu pilihan untuk merawat kulit.

Bukan hanya kulit yang bisa dipakai pada wajah, cuka apel ternyata juga bermanfaat untuk kesehatan dan kecantikan rambut. Untuk memanfaatkan cuka apel pada rambut, Anda bisa melihat tata cara sesuai lansiran dari boldsky.com

1. Mencuci Rambut

Cuka apel sangat efektif untuk mencuci dan membersihkan kotoran yang menempel di rambut. Cuka ape; menganduk asam alami yang mampu menjaga keseimbangan pH di kulit kepala. Cuka apel juga mampu membersihkan unsur kimiawi yang buruk.

[Baca Juga: 3 Bahan Alami Ini Bisa Jadi Masker Rambut Praktis]

Bahan:

  • 1 sendok makan cuka apel
  • 1 gelas air

Cara penggunaan: Tambahkan cuka apel ke dalam air dan aduk sampai rata. Keramas seperti biasa. Kemudian, bilas rambut Anda menggunakan larutan cuka apel. Biarkan selama beberapa detik lalu bilas kembali dengan air bersih.

2. Menumbuhkan Rambut

Cuka apel membantu menjaga keseimbangan pH kulit kepala dan membersihkan kulit kepala sehingga baik untuk meningkatkan pertumbuhan rambut. Cuka apel kaya akan asam risinoleat, dan asam lemak omega-6 dan 9. Kemudian Anda bisa menggabungkan ramuan tersebut dengan minyak jarak dan telur. Minyak jarak memiliki sifat antioksidan yang melindungi kulit kepala dan mencegah kerontokan rambut. Sedangkan telur merupakan sumber protein yang dapat membantu meningkatkan pertumbuhan rambut.

[Baca Juga: 3 Cara Memanfaatkan Teh Hijau untuk Rambut]

Bahan:

  • 1 sendok makan cuka apel
  • 1 sendok makan minyak jarak
  • 1 butir telur

Cara penggunaan: campurkan semua bahan ke dalam satu mangkuk, kemudian aplikasikan ramuan tersebut ke kulit kepala dan rambut. Lalu biarkan selama satu jam dan cuci rambut Anda dengan sampo.

3. Mengatasi Ketombe

Cuka apel memiliki sifat antibakteri dan antijamur, sehingga dapat membantu menghilangkan ketombe dan menjaga kulit kepala lebih sehat dan bersih. Selain itu, cuka apel juga memiliki sifat anti-inflamasi yang bisa menenangkan kulit kepala yang gatal. Untuk menghilangkan ketombe, campurkan dengan minyak kelapa dan madu. Minyak kelapa memiliki sifat antimikroba dan antiinflamasi yang membersihkan dan menenangkan kulit kepala serta membantu menghilangkan ketombe. Sedangkan madu mengunci kelembapan di kulit kepala dan menyehatkan kulit kepala.

Bahan:

  • 1 sendok makan cuka apel
  • 1 sendok makan minyak kelapa
  • 2 sendok teh madu

Cara penggunaan: campurkan ketiga bahan sampai tercampur rata, kemudian aplikasikan ramuan ke kulit kepala dan rambut. Setelah diaplikasikan Anda bisa menunggu sampai 10 menit sebelum dibilas menggunakan sampo.

Itulah beberapa cara memanfaatkan cuka apel untuk rambut yang bisa Anda coba di rumah.

Read More

Artikel Lainnya

The Changcuters Suguhkan Pengalaman Baru Menikmati Musik dalam Augmented-reality

Hobi dan Hiburan

The Changcuters Suguhkan Pengalaman Baru Menikmati Musik dalam Augmented-reality

20 September 2020, 16:00

Ada aplikasi baru menghadirkan musisi dan band langsung ke rumah Anda. The Changcuters jadi salah satu pelopor yang menggunakannya.

Tumpeng Mini, Alternatif Hidangan Perayaan yang Lebih Personal

Kuliner

Tumpeng Mini, Alternatif Hidangan Perayaan yang Lebih Personal

20 September 2020, 10:00

Tumpeng menjadi hidangan wajib dalam berbagai perayaan. Mulai dari ulang tahun hingga syukuran menyajikan tumpeng. Tumpeng mini ini menjadi jawaban sajian di tengah pandemi.

Targetkan Ibu Muda untuk Berkreasi di Dapur, Masako Gandeng Isyana Sarasvati .jpg

Bisnis

Targetkan Ibu Muda untuk Berkreasi di Dapur, Masako Gandeng Isyana Sarasvati

19 September 2020, 17:15

Brand bumbu penyedap Masako baru-baru ini mengumumkan Isyana Sarasvati sebagai brand ambassador mereka yang baru sejalan dengan target konsumen Masako saat ini.

Pemkot Semarang Terima Bantuan 10 Ton Beras dari Krematorium Kedungmundu

Berita Kawasan

Pemkot Semarang Terima Bantuan 10 Ton Beras dari Krematorium Kedungmundu

19 September 2020, 16:00

Tak tanggung-tanggung, sebanyak 10 ton beras diserahkan Ketua Yayasan Aman Gautama kepada Pemerintah Kota Semarang.


Comments


Please Login to leave a comment.