3 Cara Memanfaatkan Cuka Apel untuk Rambut

Kecantikan dan Fashion

3 Cara Memanfaatkan Cuka Apel untuk Rambut

Cuka apel merupakan cuka yang dibuat dari jus apel yang sudah melewati proses fermentasi. Cuka apel biasanya digunakan untuk dressing salad, bumbu perendam, pengawet makanan, dan masih banyak yang lainnya. Namun tahukah Anda jika cuka apel saat ini sedang tren dan ramai diperbincangkan karena bisa jadi salah satu pilihan untuk merawat kulit.

Bukan hanya kulit yang bisa dipakai pada wajah, cuka apel ternyata juga bermanfaat untuk kesehatan dan kecantikan rambut. Untuk memanfaatkan cuka apel pada rambut, Anda bisa melihat tata cara sesuai lansiran dari boldsky.com

1. Mencuci Rambut

Cuka apel sangat efektif untuk mencuci dan membersihkan kotoran yang menempel di rambut. Cuka ape; menganduk asam alami yang mampu menjaga keseimbangan pH di kulit kepala. Cuka apel juga mampu membersihkan unsur kimiawi yang buruk.

[Baca Juga: 3 Bahan Alami Ini Bisa Jadi Masker Rambut Praktis]

Bahan:

  • 1 sendok makan cuka apel
  • 1 gelas air

Cara penggunaan: Tambahkan cuka apel ke dalam air dan aduk sampai rata. Keramas seperti biasa. Kemudian, bilas rambut Anda menggunakan larutan cuka apel. Biarkan selama beberapa detik lalu bilas kembali dengan air bersih.

2. Menumbuhkan Rambut

Cuka apel membantu menjaga keseimbangan pH kulit kepala dan membersihkan kulit kepala sehingga baik untuk meningkatkan pertumbuhan rambut. Cuka apel kaya akan asam risinoleat, dan asam lemak omega-6 dan 9. Kemudian Anda bisa menggabungkan ramuan tersebut dengan minyak jarak dan telur. Minyak jarak memiliki sifat antioksidan yang melindungi kulit kepala dan mencegah kerontokan rambut. Sedangkan telur merupakan sumber protein yang dapat membantu meningkatkan pertumbuhan rambut.

[Baca Juga: 3 Cara Memanfaatkan Teh Hijau untuk Rambut]

Bahan:

  • 1 sendok makan cuka apel
  • 1 sendok makan minyak jarak
  • 1 butir telur

Cara penggunaan: campurkan semua bahan ke dalam satu mangkuk, kemudian aplikasikan ramuan tersebut ke kulit kepala dan rambut. Lalu biarkan selama satu jam dan cuci rambut Anda dengan sampo.

3. Mengatasi Ketombe

Cuka apel memiliki sifat antibakteri dan antijamur, sehingga dapat membantu menghilangkan ketombe dan menjaga kulit kepala lebih sehat dan bersih. Selain itu, cuka apel juga memiliki sifat anti-inflamasi yang bisa menenangkan kulit kepala yang gatal. Untuk menghilangkan ketombe, campurkan dengan minyak kelapa dan madu. Minyak kelapa memiliki sifat antimikroba dan antiinflamasi yang membersihkan dan menenangkan kulit kepala serta membantu menghilangkan ketombe. Sedangkan madu mengunci kelembapan di kulit kepala dan menyehatkan kulit kepala.

Bahan:

  • 1 sendok makan cuka apel
  • 1 sendok makan minyak kelapa
  • 2 sendok teh madu

Cara penggunaan: campurkan ketiga bahan sampai tercampur rata, kemudian aplikasikan ramuan ke kulit kepala dan rambut. Setelah diaplikasikan Anda bisa menunggu sampai 10 menit sebelum dibilas menggunakan sampo.

Itulah beberapa cara memanfaatkan cuka apel untuk rambut yang bisa Anda coba di rumah.


Read More

Artikel Lainnya

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak.jpg

Kesehatan

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak

27 January 2023, 10:55

Dinkes Kota Yogyakarta meminta agar orangtua melindungi buah hatinya dari ancaman penyakit campak dengan segera datang ke puskesmas untuk mendapatkan imunisasi.

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur In i.jpg

Bisnis

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur Ini

26 January 2023, 15:30

Baru-baru ini perusahaan startup manufaktur Imajin disebut berhasil meraih suntikan pendanaan awal yang dipimpin East Ventures.

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus.jpg

Pendidikan

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus

26 January 2023, 13:28

Tim dosen Unpad berhasil membuat inovasi tes khusus yang dapat menunjukan bagaimana kompetensi mahasiswa dalam berbahasa Indonesia.

Kota Tangerang Sukses Turunkan Jumlah Kasus Stunting di Tahun 2022.jpg

Kesehatan

Kota Tangerang Sukses Turunkan Jumlah Kasus Stunting di Tahun 2022

26 January 2023, 11:25

Pemkot Tangerang baru-baru ini mengungkap data yang menunjukan bahwa pihaknya telah berhasil secara perlahan menurunkan jumlah kasus stunting di wilayahnya.


Comments


Please Login to leave a comment.