3 Cara Memanfaatkan Teh Hijau untuk Rambut

Kecantikan dan Fashion

3 Cara Memanfaatkan Teh Hijau untuk Rambut

Beberapa tahun lalu, teh hijau sempat populer di Indonesia. Karena sangat populer, hampir semua makanan atau minuman yang mengandung teh hijau laku keras di pasaran. Bukan hanya makanan dan minuman saja yang laris karena mengandung matcha atau teh hijau. Beberapa produk kecantikan juga menggunakan teh hijau sebagai bahan perawatan kulit teranyar.

Teh hijau memang memiliki manfaat yang beragam untuk kesehatan dan kecantikan. Sehingga, tumbuhan ini bukan hanya digunakan pada bagian kulit saja. Teh hijau juga bisa digunakan untuk rambut. Teh hijau kaya akan antioksidan yang mampu membantu pertumbuhan rambut dan melanarkan sirkulasi darah. Konon, teh hijau bagus digunakan untuk Anda yang memiliki masalah rambut rontok.

[Baca Juga: Manfaat Ampas Kantung Teh untuk Perawatan Mata]

Yang menyebabkan masalah rambut rontok adalah polusi, gaya hidup yang tidak sehat, hormon, terekspos sinar matahari terus menerus, dan masih banyak yang lainnya. Maka dari itu, melansir dari boldsky.com (29/4/2019), berikut beberapa cara yang bisa Anda manfaatkan teh hijau untuk mengatasi rambut rontok.

1. Keramas Menggunakan Teh Hijau

Ini adalah cara paling mudah dan terbaik untuk menfaatkan teh hijau pada rambut. Teh hijau dapat membantu mengobati kulit kepala yang sensitif dan rusak. Untuk mengatasi masalah ini, Anda bisa menyiapkan bahan berikut.

Bahan:

  • 3-4 kantung teh hijau
  • ½ liter air

Cara menggunakan: pertama-tama, celur teh hijau ke dalam air selama 10-15 menit. Setelah mencuci rambut dengan shampoo pertama, Anda bisa gunakan teh hijau sebagai sampo kedua. Kemudian bilas dengan air. Untuk hasil yang maksimal, ulangi porses ini selama dua sampai tiga kali sebulan. Proses ini juga dipercaya dapat mengurangi ketombe yang ada di kepala.

[Baca Juga: Kenali Manfaat dan Risiko Mengonsumsi Kopi Hijau]

2. Telur dan Teh Hijau untuk Masker Rambut

Selain dijadikan untuk keramas, teh hijau juga bisa dijasikan sebagai masker rambut. Teh hijau dapat menutrisi dan melembapkan rambut sehingga mengurangi rambut rontok.

Bahan:

  • 1 telur
  • 2-3 sendok makan teh hijau

Cara menggunakan: langkah pertama, tentunya Anda harus menyeduh teh hijau. Kemudian kocok telur di dalam mangkok dan campurkan teh hijau. Aduk rata kedua bahan tersebut hingga rata. Kemudian aplikasikan ke rambut dan kulit kepala. Tutup rambut Anda yang sudah diberikan ramuan masker tersebut dengan shower cap, tinggalkan beberapa menit. Kemudian bilas rambut dengan sampo.

[Baca Juga: 3 Bahan Alami Ini Bisa Jadi Masker Rambut Praktis]

3. Teh Hijau dengan Minyak Kelapa untuk Masker Rambut

Jika Anda tidak ingin menggunakan telur sebagai bahan masker. Anda bisa mencoba ramuan yang satu ini.

Bahan:

  • 2 sendok makan teh hijau
  • 1 sendok makan minyak kelapa
  • ½ lemon

Cara menggunakan: seduh teh hijau dan peras setengah potong lemon ke dalam mangkuk. Aduk hingga mencampur rata kemudian tambahkan minyak kelapa, jangan lupa diaduk. Aplikasikan campuran tersebut ke rambut dan kulit kepala, pijat kulit kepala dengan cara diputar selama 3-5 menit. Biarkan ramuan tersebut selama 30 menit dan bilas dengan air.

Itulah tiga cara memanfaatkan teh hijau untuk rambut. Anda bisa merasakan manfaat teh hijau jika digunakan secara rutin.


Read More

Artikel Lainnya

Rangkaian Radiance Up! dari Y.O.U Beauty Atasi Wajah Kusam Akibat Polusi Udara

Kecantikan dan Fashion

Rangkaian Radiance Up! dari Y.O.U Beauty Atasi Wajah Kusam Akibat Polusi Udara

25 June 2022, 13:03

SymWhite 377, Vitamin C, dan Ekstrak Licorice membantu menghambat produksi melanin, sedangkan Niacinamide (B3) membantu menghambat transfer melanin di kulit.

Puluhan Karya Seni Mahasiswa ISBI Kota Bandung Dipamerkan di Galeri YP K.jpg

Pendidikan

Puluhan Karya Seni Mahasiswa ISBI Kota Bandung Dipamerkan di Galeri YPK

24 June 2022, 16:06

Bertajuk Archipelago, puluhan karya seni dari mahasiswa ISBI dipamerkan di Galeri YPK Kota Bandung hingga 30 Juni 2022.

Kreatif! Warga Bandung Cari Cuan dengan Olah Sampah Plastik Jadi Produk Kreatif.jpg

Bisnis

Kreatif! Warga Bandung Cari Cuan dengan Olah Sampah Plastik Jadi Produk Kreatif

24 June 2022, 14:04

Dengan brand Newhun, warga di Kota Bandung berhasil mengolah limbah sampah plastik bisa menjadi produk jam tangan.

Terintegrasi dari MRT Hingga Ojol di Ibu Kota, Masyarakah Diajak Unduh Apps JakLingk o.jpg

Berita Kawasan

MRT Hingga Ojol Ibu Kota Terintegrasi, Warga Diajak Unduh Apps JakLingko

24 June 2022, 11:02

Pemprov DKI mengajak masyarakat Ibu Kota mengunduh apps JakLinko guna mempermudah serta menghemat waktu untuk memanfaatkan berbagai transportasi di Jakarta bahkan termasuk mendapatkan tiket malam puncak HUT Jakarta ke-495.


Comments


Please Login to leave a comment.