3 Cara Memanfaatkan Teh Hijau untuk Rambut

Kecantikan dan Fashion

3 Cara Memanfaatkan Teh Hijau untuk Rambut

Beberapa tahun lalu, teh hijau sempat populer di Indonesia. Karena sangat populer, hampir semua makanan atau minuman yang mengandung teh hijau laku keras di pasaran. Bukan hanya makanan dan minuman saja yang laris karena mengandung matcha atau teh hijau. Beberapa produk kecantikan juga menggunakan teh hijau sebagai bahan perawatan kulit teranyar.

Teh hijau memang memiliki manfaat yang beragam untuk kesehatan dan kecantikan. Sehingga, tumbuhan ini bukan hanya digunakan pada bagian kulit saja. Teh hijau juga bisa digunakan untuk rambut. Teh hijau kaya akan antioksidan yang mampu membantu pertumbuhan rambut dan melanarkan sirkulasi darah. Konon, teh hijau bagus digunakan untuk Anda yang memiliki masalah rambut rontok.

[Baca Juga: Manfaat Ampas Kantung Teh untuk Perawatan Mata]

Yang menyebabkan masalah rambut rontok adalah polusi, gaya hidup yang tidak sehat, hormon, terekspos sinar matahari terus menerus, dan masih banyak yang lainnya. Maka dari itu, melansir dari boldsky.com (29/4/2019), berikut beberapa cara yang bisa Anda manfaatkan teh hijau untuk mengatasi rambut rontok.

1. Keramas Menggunakan Teh Hijau

Ini adalah cara paling mudah dan terbaik untuk menfaatkan teh hijau pada rambut. Teh hijau dapat membantu mengobati kulit kepala yang sensitif dan rusak. Untuk mengatasi masalah ini, Anda bisa menyiapkan bahan berikut.

Bahan:

  • 3-4 kantung teh hijau
  • ½ liter air

Cara menggunakan: pertama-tama, celur teh hijau ke dalam air selama 10-15 menit. Setelah mencuci rambut dengan shampoo pertama, Anda bisa gunakan teh hijau sebagai sampo kedua. Kemudian bilas dengan air. Untuk hasil yang maksimal, ulangi porses ini selama dua sampai tiga kali sebulan. Proses ini juga dipercaya dapat mengurangi ketombe yang ada di kepala.

[Baca Juga: Kenali Manfaat dan Risiko Mengonsumsi Kopi Hijau]

2. Telur dan Teh Hijau untuk Masker Rambut

Selain dijadikan untuk keramas, teh hijau juga bisa dijasikan sebagai masker rambut. Teh hijau dapat menutrisi dan melembapkan rambut sehingga mengurangi rambut rontok.

Bahan:

  • 1 telur
  • 2-3 sendok makan teh hijau

Cara menggunakan: langkah pertama, tentunya Anda harus menyeduh teh hijau. Kemudian kocok telur di dalam mangkok dan campurkan teh hijau. Aduk rata kedua bahan tersebut hingga rata. Kemudian aplikasikan ke rambut dan kulit kepala. Tutup rambut Anda yang sudah diberikan ramuan masker tersebut dengan shower cap, tinggalkan beberapa menit. Kemudian bilas rambut dengan sampo.

[Baca Juga: 3 Bahan Alami Ini Bisa Jadi Masker Rambut Praktis]

3. Teh Hijau dengan Minyak Kelapa untuk Masker Rambut

Jika Anda tidak ingin menggunakan telur sebagai bahan masker. Anda bisa mencoba ramuan yang satu ini.

Bahan:

  • 2 sendok makan teh hijau
  • 1 sendok makan minyak kelapa
  • ½ lemon

Cara menggunakan: seduh teh hijau dan peras setengah potong lemon ke dalam mangkuk. Aduk hingga mencampur rata kemudian tambahkan minyak kelapa, jangan lupa diaduk. Aplikasikan campuran tersebut ke rambut dan kulit kepala, pijat kulit kepala dengan cara diputar selama 3-5 menit. Biarkan ramuan tersebut selama 30 menit dan bilas dengan air.

Itulah tiga cara memanfaatkan teh hijau untuk rambut. Anda bisa merasakan manfaat teh hijau jika digunakan secara rutin.

Read More

Artikel Lainnya

Aman di Masa Pandemi, Terminal Jatijajar Sudah Terapkan Tiket Elektronik .jpg

Berita Kawasan

Aman di Masa Pandemi, Terminal Jatijajar Sudah Terapkan Tiket Elektronik

29 September 2020, 16:08

Salah satu inovasi yang diterapkan di Terminal Jatijajar di masa pandemi seperti sekarang adalah pemberlakukan sistem e-ticketing.

Musim Hujan, Wali Kota Tangerang Persiapkan Langkah Antisipasi Banjir.jpg

Berita Kawasan

Musim Hujan, Wali Kota Tangerang Persiapkan Langkah Antisipasi Banjir

29 September 2020, 15:03

Wali Kota Tangerang memastikan pihaknya sudah mempersiapkan skenario antisipasi terhadap potensi terjadinya banjir akibat musim hujan.

Pemkot Semarang Kejar Target Zona Hijau COVID-19 pada Desember.jpg

Berita Kawasan

Pemkot Semarang Kejar Target Zona Hijau COVID-19 pada Desember

29 September 2020, 14:02

Pemkot Tangerang saat ini tengah bekerja keras untuk mengubah status wilayahnya dari zona orange menjadi zona hijau COVID-19.

Pedagangnya Positif COVID-19, Pasar Ciplak Ditutup Sampai 30 September .jpg

Berita Kawasan

Pedagangnya Positif COVID-19, Pasar Ciplak Ditutup Sampai 30 September

29 September 2020, 13:01

Pasar Ciplak di wilayah Jakarta Selatan disebut ditutup pada pekan ini usai ada pedagang yang positif COVID-19.


Comments


Please Login to leave a comment.