Depok-Properti-3 Cara Memiliki Rumah Bagi Karyawan dengan Gaji Pas-pasan-Yakub.jpg

Properti dan Solusi

3 Cara Memiliki Rumah Bagi Karyawan dengan Gaji Pas-pasan

Hal tersebut cukup sulit mengingat pengeluaran di setiap bulan juga cukup tinggi. Belum lagi harga rumah di area Jakarta, Depok, Tangerang, Bekasi, dan Bogor, semakin melambung setiap tahunnya. Dilansir dari Depok.go.id (7/1/2019), harga tanah di area Depok merangkak naik ke Rp10 juta per meter persegi akibat banyaknya proyek jalan tol.

Seperti ungkapan hemat pangkal kaya, meski gaji kecil dan cukup sulit untuk membeli rumah, Anda sebisa mungkin harus berhemat. Gunakan uang Anda untuk berbelanja keperluan primer. Batasi penggunaan kartu kredit agar tak kesulitan dalam menabung untuk membeli rumah idaman. Berikut tiga cara agar Anda bisa memiliki rumah meski dengan modal gaji pas-pasan.

1. Ajukan KPR].

Setelah berhasil menabung setiap bulannya, Anda coba mengajukan Kredit Pemilikan Rumah (KPR). Langkah ini merupakan solusi pas untuk Anda yang tak memiliki cukup dana untuk membayar tunai. Carilah bank yang menawarkan bunga paling rendah. Hal itu akan memudahkan Anda untuk membayar cicilan bunga.

[Baca Juga: Apa Bisa Over Kredit Rusunami?]

Kurangi Biaya Tempat Tinggal

2. Kurangi Biaya Tempat Tinggal

Lalu, jangan memilih untuk mengontrak rumah. Karena hal tersebut malah membuat boros. Contohnya, jika Anda mengontrak dengan biaya Rp2 juta per bulan, maka Anda harus mengeluarkan Rp24 juta dalam kurun waktu satu tahun. Nominal tersebut lebih baik dipakai untuk DP rumah ketimbang mengontrak rumah. Sebaiknya, Anda dan keluarga memilih untuk tinggal di kostan yang tak jauh dari lokasi kerja. DP rumah sekitar Rp100-200 juta bisa ditabung selama 10 tahun di usia 20-an. Ketika memasuki 30-an Anda sudah bisa memetik hasilnya.

3. Ikuti Lelang Rumah

Selanjutnya, Anda bisa mendapatkan rumah dengan cara mengikuti lelang rumah. Jika mengikuti lelang rumah, Anda akan mendapatkan rumah dengan harga yang miring. Soalnya, rumah lelang kebanyakan adalah rumah sitaan yang tak bisa dilunasi oleh debitur KPR bank. Sebagai calon pembeli, tentunya Anda juga harus melihat dan mengecek kondisi rumah serta melihat kemudahan akses menuju ke lokasi rumah. Infol lelang rumah bisa didapat dari agen properti terdekat.

[Baca Juga: Menilai Investasi Properti di Depok]

Dengan banyaknya pilihan kredit dari berbagai bank penawaran menarik, Anda harus bisa menemukan penawaran KPR terbaik dan memiliki rumah idaman sendiri.


Read More

Artikel Lainnya

UTBK di ITB Capai 23.705 Orang 3.jpg

Pendidikan

Sebanyak 23.705 Orang Ikuti UTBK di Institut Teknologi Bandung

15 April 2021, 09:00

Pelaksanaan UTBK di ITB terdapat di beberapa lokasi, yakni di Kampus ITB dan di sejumlah sekolah menengah

pusdai3.jpg

Berita Kawasan

Kasus Terkonfirmasi COVID-19 Menurun, Masjid Pusdai Bandung Gelar Salat Tarawih Berjamaah

15 April 2021, 08:30

Kota Bandung menunjukan grafik menurun, sehingga beberapa Masjid besar di Kota Bandung sudah diizinkan untuk melakukan salat tarawih berjamaah.

Vaksinasi UPi 3.jpg

Kesehatan

Universitas Pendidikan Indonesia Lakukan Vaksinasi untuk Ribuan Dosen dan Tenaga Kependidikan

15 April 2021, 08:00

Sebanyak 2.000 Dosen dan Tenaga Kependidikan melakukan vaksinasi di Gymnasium UPI pada 5-7 April kemarin. Vaksinasi kali ini mayoritas diperuntukan bagi dosen dan tenaga pendidikan UPI yang berusia di bawah 60 tahun.

Dekan Psikologi Undip

Pendidikan

Prof. Dian Ratna Sawitri, Sosok di Balik Prodi Terfavorit UNDIP

14 April 2021, 06:30

Prodi paling Favorit yang banyak diminati calon mahasiswa pada SBMPTN tahun 2021 di Universitas Diponegoro adalah Prodi Psikologi. Prodi ini memiliki peminat mencapai 3.538 orang.


Comments


Please Login to leave a comment.