3 Cara Meningkatkan Libido Menurut Pakar Kesehatan Seksual

Kesehatan

3 Cara Meningkatkan Libido Menurut Pakar Kesehatan Seksual

Sebagai orangtua, jika Anda stres karena pekerjaan, menghadapi balita atau remaja yang ribut, atau salah satu dari jutaan hal lain yang mungkin membebani Anda saat ini, seks mungkin berada di urutan paling bawah dari daftar keinginan.

Di sisi lain, melakukan hubungan intim bersama pasangan mungkin saja dapat menjadi pereda stres yang Anda butuhkan. Bahkan di masa-masa yang lebih tenang saat menjelang menopause, sekitar 41 persen perempuan melaporkan mengalami masalah kronis dengan hasrat, gairah, atau orgasme. Jika Anda merasa memiliki gangguan dalam penurunan tingkat libido, berikut beberapa solusi untuk dipertimbangkan berdasarkan penjelasan dalam artikel prevention.com (10/8/2020).

Puskesmas Cakung Adakan Gebyar Remaja Cermat Menggunakan Obat

1) Cara Meningkatkan Libido dengan Pengobatan

Ada dua obat telah disetujui FDA untuk mengobati hasrat seksual rendah pada perempuan pramenopause:

  • Vyleesi yang disuntikkan ke perut atau paha, 45 menit sebelum hubungan intim
  • Addyi adalah pil yang diminum rutin setiap malam

Beberapa hal yang perlu diperhatikan, hanya 25 persen perempuan yang menggunakan Vyleesi mengalami peningkatan libido; efek sampingnya termasuk mual dan perubahan warna kulit. Dengan obat Addyi, rata-rata perempuan mengalami sedikit peningkatan dalam hubungan seks yang memuaskan, tetapi Anda tidak dapat minum alkohol selama dua jam sebelum menggunakan obat tersebut.

Terapi obat mungkin saja bisa Anda coba. “Libido rendah jarang terjadi tanpa faktor lain. Kebanyakan perempuan yang mengkhawatirkan hal itu memiliki faktor medis, relasional, atau perilaku lain yang harus ditangani sebelum beralih ke pengobatan,” Stacy Tessler Lindau, M.D., direktur Program Pengobatan Seksual Integratif di Universitas Chicago, AS menekankan.

[Baca Juga: Survei Perubahan Perilaku dan Hubungan Keluarga Saat #DiRumahAja]

Musik dan Meditasi Memiliki Efek yang Sama.jpg

2) Cara Meningkatkan Libido dengan Meditasi dan Yoga

Memusatkan perhatian dapat membantu Anda menghilangkan pikiran yang mengganggu dan fokus pada tubuh Anda. Yoga dapat melatih Anda menggabungkan perhatian penuh dengan pengondisian fisik. Beberapa penelitian kecil telah menunjukkan bahwa terapi berbasis kesadaran dapat meningkatkan hasrat dan gairah.

“Salah satu alasannya mungkin karena meditasi menurunkan kortisol, hormon stres, sekaligus memungkinkan oksitosin, yang mungkin berperan dalam peningkatan hasrat seksual. Yoga dapat meningkatkan kekuatan dasar panggul yang memperlancar aliran darah dan sensasi saat berhubungan seks,” jelas Anna Cabeca, D.O., penulis buku The Hormone Fix.

Membaca Buku di rumah

3) Cara Meningkatkan Libido dengan Biblioterapi

Anda juga dapat meningkatkan libido dengan kembali pada kesukaan ketika masih remaja, yaitu membaca buku fiksi erotis atau buku self-help tentang tubuh perempuan. Erotika telah digunakan selama berabad-abad untuk tujuan tersebut. Buku-buku yang mengasah pengetahuan tentang anatomi dasar dan fungsi seksual juga dapat membantu.

Satu studi menunjukkan bahwa setelah enam minggu, hasrat dan kepuasan seksual pada wanita meningkat. “Saat Anda mendidik diri sendiri tentang apa yang merangsang otak dan tubuh Anda, pada dasarnya Anda membaca 'buku manual' diri Anda sendiri. Otak Anda adalah organ seksual yang kuat,” kata Dr. Walters,” kata obgyn Jacqueline Walters, M.D., penulis The Queen V. asal Atlanta, AS.

[Baca Juga: Rekomendasi Kegiatan Bersama Pasangan di Hari Valentine]

Selain tiga hal itu, terapi hormon testosteron juga dapat diresepkan. Meskipun bukan khusus digunakan untuk meningkatkan dorongan seks pada perempuan menopause atau pascamenopause. "Untuk perempuan pramenopause dan menopause, ada data bagus bahwa testosteron bekerja dan aman untuk penggunaan jangka pendek," kata Dr. Harper menambahkan. Namun, diperlukan lebih banyak penelitian jangka panjang.


Read More

Artikel Lainnya

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah.jpg

Bisnis

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah

03 February 2023, 16:35

Demi memastikan tidak adanya ketimpangan digital di daerah pedesaan luar Jawa, Amartha Foundation baru-baru ini meresmikan desa digital di wilayah Sulawesi Tengah.

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung.jpg

Bisnis

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung

03 February 2023, 14:20

Melalui kemitraan dengan PT KCIC, pengguna tiket.com ke depannya bisa memesan tiket untuk layanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB).

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

Berita Kawasan

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

02 February 2023, 17:41

Peresmian unit tempat parkir sepeda dilakukan oleh Corporate Secretary Pertamina NRE Dicky Septriadi, Wakil Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Chaidir, dan Ketua Umum B2W Fahmi Saimima.

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023.jpg

Hobi dan Hiburan

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023

02 February 2023, 15:41

Setelah memberikan teaser siapa saja yang akan tampil, akhirnya pihak penyelenggara mengumumkan siapa saja yang nanti siap menghibur Anda di Woke Up Fest 2023.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Rine 2 years, 5 months lalu
    rine

    Hanya perlu modal dikit aja kita bisa jadi kaya, gimana caranya yaa...??? buruan dech ke qqharian bikin hati senang kondisi dompetpun tenang.... TAPI jangan lupa join now, kalo mau cepat ikutan kaya... <a href="https://qqharian.org/" rel="nofollow noopener" title="JOIN NOW">Click Disini</a>

  • Hanna56 2 years, 5 months lalu
    hanna56

    Game dengan kemenangan tiada batas, Game dengan penghasilan terbesar, Game dengan sensasi yang luar biasa. Kekayaan menanti anda..... Daftarkan diri anda dan bergabunglah hanya di bola165