BOGOR-FASHION-3 CARA MERAWAT JAKET HUJAN AGAR TAHAN LAMA-KIKI-1100 px X 600 px-02.jpg

Kecantikan dan Fashion

3 Cara Merawat Jaket Hujan Agar Tahan Lama

Musim yang tidak terduga membuat Anda harus bersiap-siap untuk segala keadaan yang ada. Bisa saja saat siang panas dan tak lama kemudian turun hujan, sehingga Anda harus mempersiapkan beberapa barang yang harus dipakai ketika hujan datang. Apalagi jika Anda warga Bogor yang dikenal dengan Kota Hujan.

Barang yang wajib dibawa saat musim hujan diantaranya, sandal, jas hujan atau jaket hujan. Agar lebih ringan dan nyaman digunakan, mungkin Anda memilih menggunakan jaket hujan. Selain lebih trendi, jaket ini sifatnya tidak menyerap air. Karena tahan air banyak orang yang berpikir jaket ini tak perlu dicuci atau dibersihkan. Padahal jaket hujan juga perlu dibersihkan agar tidak bau apek dan kotor.

[Baca Juga: Cara Menjaga Kesehatan Kulit saat Musim Hujan]

Perlu diingat, cara mencuci jaket hujan juga tidak bisa disamakan dengan jenis pakaian lainnya. Karena dibuat dari bahan khusus yang tahan air, perawatannya pun berbeda. Jika jaket hujan Anda terbuat dari bahan polivinil klorida (PVC) dan perfluorokarbon (PFC), melansir dari pers rilis Timberland yang dibagikan via surat elektronik (11/1/2019) berikut cara-cara membersihkan jaket hujan:

Jeket Hujan Timberland

1. Jangan Terlalu Sering Dicuci

Mencuci jaket hujan terlalu sering akan mengakibatkan lapisan antiairnya terkikis. Biasanya jaket hujan yang tahan air dibuat menggunakan "durable water repellent (DWR)". Lapisan ini akan mudah terkikis dengan beberapa kali pencucian. Anda bisa saja lap kotoran yang ada dengan kain bersih. Lalu, untuk menghilangkan bau lembap jangan lupa dijemur atau diangin-anginkan.

2. Kenali Bahan Jaket

Sebelum memutuskan untuk mencuci, Anda harus mengenali jaket hujan yang Anda miliki. Biasanya, jaket hujan terbuat dari bahan yang pori-porinya kecil, sehingga tubuh kita tidak merasa gerah dan masih lembap. Sehingga keringat juga mudah menyerap. Sedangkan bagian luar, diberi lapisan lain untuk menahan air yang jatuh atau terkena jaket.

[Baca Juga: Persiapan di Rumah untuk Hadapi Musim Hujan]

3. Cara Cuci Berbeda

Untuk mencegah terjadinya kelunturan bahan pelapis jaket, semua kotoran yang menempel harus dibersihkan. Tapi jaket hujan tidak boleh dicuci menggunakan deterjen biasa, karena bahan yang ada di dalam deterjen dapat mengakibatkan bahan DWR rusak karena terlalu keras. Ikuti anjuran cara pencucian yang terdapat pada label jaket. Jika Anda tak bisa mencucinya sendiri, Anda bisa membawanya ke laundry. Cuci jaket hujan dengan cairan pencuci khusus.

Itulah cara mencuci jaket hujan yang bisa Anda coba di rumah.

Read More

Artikel Lainnya

sholat-tarawih.jpg

Berita Kawasan

Salat Tarawih Perdana di Kota Medan Berlangsung Lancar dan Sesuai Prokes

13 April 2021, 11:49

Pihaknya telah melakukan berbagai persiapan menyambut Ramadan dengan protokol kesehatan, seperti menyemprotkan cairan disinfektan ke seluruh area masjid.

Slide3.JPG

Berita Kawasan

Salat Tarawih di Masjid Agung Jami’ Kota Malang Tetap Menerapkan Protokol Kesehatan

13 April 2021, 11:08

Tahun ini, pemerintah akhirnya mengizinkan masyarakat untuk melaksanakan ibadah salat tarawih di masjid, dengan berbagai aturan yang tetap mengedepankan protokol kesehatan.

UTBK UNDIP 2021

Pendidikan

Hari Pertama UTBK UNDIP Tahun 2021 Berjalan Lancar

13 April 2021, 11:07

Ia mengatakan bahwa ini adalah kali kedua UNDIP melaksanakan UTBK di masa pandemi dan meyakinkan bahwa semua pihak melaksanakan protokol kesehatan dengan disiplin

UTBK di Universitas Padjajaran.jpg

Pendidikan

UTBK di Unpad, Semua Peserta Wajib Pasang Aplikasi Mass Tracking

13 April 2021, 10:34

Semua peserta UTBK di Universitas Padjajaran wajib memasang aplikasi mass tracking untuk mencegah penularan COVID-19.


Comments


Please Login to leave a comment.