3 Cara Mudah Atasi Anyang-Anyangan

Kesehatan

3 Cara Mudah Atasi Anyang-anyangan

Mengalami anyang-anyangan saat bekerja tentu merepotkan. Kondisi ini membuat Anda harus bolak balik ke kamar mandi untuk buang air kecil. Belum lagi, terkadang timbul rasa nyeri atau terganggu saat buang air kecil. Anyang-anyangan muncul karena beberapa penyebab yang tentunya harus ditelusuri berdasarkan keadaan kesehatan dan kebiasaan harian Anda, maka dari itu disarankan jika Anda sudah merasa terganggu segera pergi ke dokter.

Anyang-anyangan gejalanya terbagi dua seperti yang disebutkan oleh dr. Carlinda Nekawati saat ditemui Pingpoint (24/10/2019) lalu, yaitu bagian atas dan bawah. Gejala yang sudah masuk bagian atas biasanya sudah sampai di ginjal, maka dari itu biasanya timbul demam, nyeri pada pinggang, hilang nafsu makan, dan tidak enak badan. Sedangkan gejala bagian bawah, sering dialami banyak orang yakni, frekuensi buang air kecil lebih sering.

[Baca Juga: Ini 4 Penyebab Terjadinya Anyang-Anyangan]

“Biasanya saat memasuki gejala bagian bawah banyak orang yang membiarkan dan menganggap remeh. Padahal jika dibiarkan bisa mengakibatkan infeksi hingga ke ginjal,” ujar dr. Carlinda. Karena itulah, Anda bisa melakukan beberapa hal ini untuk mengatasi anyang-anyangan yang PingPoint.id rangkum dari beberapa sumber (28/10/2019).

3 Cara Mudah Atasi Anyang-Anyangan Banyak Air Minum

1) Banyak Minum Air Putih

Bolak balik ke kamar mandi untuk buang air kecil memang merepotkan apalagi Anda sedang sibuk bekerja, namun hal tersebut jauh lebih baik dibandingkan Anda harus mengonsumsi obat-obatan. Perbanyak minum air putih agar dapat merangsang saluran kemih Anda lebih sehat dan lancar. Jangan biasakan menahan buang air kecil dalam waktu yang lama.

3 Cara Mudah Atasi Anyang-Anyangan Konsumsi Buah Cranberry

2) Konsumsi Buah Cranberry

Buah cranberry dikenal mampu menyehatkan saluran kemih Anda dengan menghapus bakteri penyebab anyang-anyangan. Bukan hanya itu, buah ini juga mampu menghilangkan mikro organisme penyebab infeksi saluran kemih. Anda bisa rutin meminum jus buah cranberry sebagai tindakan preventif atau pengobatan anyang-anyangan.

3 Cara Mudah Atasi Anyang-Anyangan Perhatikan Kebersihan

3) Perhatikan Kebersihan

Pastikan membersihkan organ intim dari arah depan ke belakang, hal ini mencegah adanya perpindahan bakteri dari anus ke vagina. Selain itu pastikan Anda mengenakan pakaian dalam dengan bahan katun karena lebih nyaman, dapat menyerap keringat, dan sirkulasi udaranya baik. Biasakan buang air kecil di toilet yang kering dan bersih. Setelah buang air kecil pastikan vagina Anda kering dan tidak lembap.

[Baca Juga: Mengenal Infeksi Saluran Kemih pada Perempuan]

Itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi anyang-anyangan.


Read More

Artikel Lainnya

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam.jpg

Kecantikan dan Fashion

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam

03 October 2022, 17:32

Alih-alih menggunakan kulit sapi, kambing, atau reptil, salah satu brand di Kota Bandung menggunakan ceker ayam sebagai bahan baku produk sepatunya.

Melalui Buku Ini, Masyarakat Diajak Sajikan dan Lestarikan Kuliner Asli Betawi.jpg

Kuliner

Lestarikan Kuliner Asli Betawi Melalui Buku

03 October 2022, 14:30

Belum lama ini Yayasan Nusa Gastronomi Indonesia, istri Gubernur DKI Jakarta dan istri mantan Sekda DKI Jakarta berkolaborasi guna menghasilkan buku yang mengulas resep tradisional khas Betawi.

3 Startup Naungan East Ventures Ini Dukung Ekosistem Kopi Tanah Air.jpg

Bisnis

3 Startup Naungan East Ventures Ini Dukung Ekosistem Kopi Tanah Air

03 October 2022, 11:28

East Ventures setidaknya telah mendanai tiga perusahaan startup yang mendukung perkembangan ekosistem kopi di Tanah Air.

Semarakan 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week.jpg

Bisnis

Semarak 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week

30 September 2022, 15:45

Untuk merayakan pertandingam 2022 PMPL SEA Championship, realme memutuskan menghadirkan promo lucky draw bertajuk realme Esports Week.


Comments


Please Login to leave a comment.