3 Faktor Penyebab Ketiak Gatal

Kecantikan dan Fashion

3 Faktor Penyebab Ketiak Gatal

Ketiak adalah bagian tubuh yang mudah mengalami iritasi. Hal ini karena ketiak adalah salah satu bagian tubuh yang paling hangat dan lembap. Sehingga, area ketiak yang cenderung sensitif dan tipis ini seringkali menimbulkan gatal.

Ketiak gatal memang kondisi yang tak perlu dikhawatirkan. Namun, sebaiknya pahami kondisi ini agar bisa dengan mudah menghilangkan rasa gatal di ketiak. Berikut tiga penyebab kulit ketiak terasa gatal yang dirangkum PingPoint.co.id dari berbagai sumber.

[Baca Juga: Ini Penyebab Munculnya Benjolan di Ketiak]

1) Infeksi Bakteri atau Jamur

Area lipatan seperti pada ketiak memang bisa menjadi sarang bakteri atau jamur. Apalagi, ketika cuaca panas dan kulit ketiak dalam keadaan lembab akibat keringat yang berkumpul di lipatan kulit. Kondisi seperti ini mengakibatkan bertumbuh atau berkembangnya bakteri atau jamur di area ketiak. Oleh karena itu, bila Anda merasa gatal dan memang sering berkeringat di bagian ketiak, yang perlu Anda lakukan adalah lebih memperhatikan kebersihan ketiak. Anda harus menjaga area ketiak tetap kering dan mandi dengan menggunakan sabun antibakteri. Selain itu, gunakan pakaian yang longgar selama proses menghilangkan bakteri atau jamur yang mengakibatkan rasa gatal.

3 Faktor Penyebab Ketiak Gatal

2) Bekas Mencukur

Mencukur bulu ketiak memang menjadi kebiasaan banyak orang. Namun, mencukur bulu ketiak bisa menjadi salah satu penyebab ketiak terasa gatal. Kegiatan mencukur ini bisa mengikis sedikit kulit bagian terluar dan menyebabkan iritasi dan kondisi tersebut yang menimbulkan rasa gatal. Selain itu, faktor lain dari kegiatan mencukur yang bisa menyebabkan rasa gatal di ketiak adalah akibat alat atau pisau cukur yang tumpul. Sehingga, perlu berulang kali mencukur bulu ketiak dan juga mengakibatkan iritasi pada kulit ketiak. Untuk itu, sebaiknya cek pisau cukur Anda sebelum mencukur, apakah pisaunya masih tajam atau sudah tumpul. Adapun cara mengatasi gatal akibat bekas mencukur adalah kompres ketiak dengan es batu dan hindari kegiatan mencukur terlebih dahulu.

3) Deodoran atau Antiperspiran

Salah memilih deodoran juga bisa menyebabkan rasa gatal di ketiak, terutama bagi pemilik kulit ketiak sensitif. Selain deodoran, penggunaan antiperspirant juga bisa memicu reaksi gatal pada kulit ketiak. Perlu diketahui, deodoran dan antiperspirant memiliki fungsi yang berbeda. Deodoran berfungsi membuat bau keringat menjadi tidak menyengat, sedangkan antiperspirant untuk menjaga ketiak agar tidak berkeringat. Oleh karena itu, sebaiknya Anda berhati-hati dalam memilih deodoran atau menggunakan antiperspiran.

[Baca Juga: 5 Cara Alami Menghilangkan Benjolan di Ketiak]

Itulah tiga faktor paling umum yang biasanya menyebabkan ketiak gatal. Rasa gatal pada ketiak bisa Anda atasi dengan beberapa cara, seperti kompres dengan es batu, mandi air hangat, atau mengoleskan pelembap yang tidak mengandung pewangi. Anda juga bisa mengoleskan minyak kelapa untuk mengurangi gatal dan iritasi.

Bila rasa gatal belum reda setelah mencoba di atasi dengan cara tersebut, sebaiknya konsultasikan ke dokter spesialis kulit.


Read More

Artikel Lainnya

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah.jpg

Bisnis

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah

03 February 2023, 16:35

Demi memastikan tidak adanya ketimpangan digital di daerah pedesaan luar Jawa, Amartha Foundation baru-baru ini meresmikan desa digital di wilayah Sulawesi Tengah.

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung.jpg

Bisnis

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung

03 February 2023, 14:20

Melalui kemitraan dengan PT KCIC, pengguna tiket.com ke depannya bisa memesan tiket untuk layanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB).

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

Berita Kawasan

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

02 February 2023, 17:41

Peresmian unit tempat parkir sepeda dilakukan oleh Corporate Secretary Pertamina NRE Dicky Septriadi, Wakil Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Chaidir, dan Ketua Umum B2W Fahmi Saimima.

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023.jpg

Hobi dan Hiburan

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023

02 February 2023, 15:41

Setelah memberikan teaser siapa saja yang akan tampil, akhirnya pihak penyelenggara mengumumkan siapa saja yang nanti siap menghibur Anda di Woke Up Fest 2023.


Comments


Please Login to leave a comment.