3 Hal Dasar Pemicu Gangguan Menyakiti Diri para Remaja

Kesehatan

3 Hal Dasar Pemicu Gangguan Menyakiti Diri pada Remaja

Jika Anda sering menyimak sosial media, tak jarang akan bertemu dengan unggahan dengan konten gambar atau kata-kata yang menampilkan aksi menyakiti diri sendiri atau self harm. Para remaja memampang aksi mereka dengan alasan patah hati atau pun benci dengan bentuk tubuh sendiri. Unggahan semacam ini menjadi perhatian banyak orang. Namun perhatian saja belum cukup menyelesaikan masalah yang tergolong dalam gangguan jiwa tersebut.

Manyakiti diri sendiri tergolong gangguan jiwa, ada latar psikologis seseorang dalam melakukan aksi ini. Seperti yang diungkap health.com (11/3/2020), self harm adalah ketika seseorang menyakiti atau melukai diri sendiri secara fisik untuk bertahan pada suatu keadaan, mengungkapkan sesuatu atau pengalihan dari rasa sakit hati.

[Baca Juga: Risiko Bunuh Diri Tinggi Bila Percaya "Pria Sejati Tidak Menangis"]

Cara menyakiti diri sendiri bermacam-macam, mulai dari menyat kulit, mengigit, mencakar, membenturkan kepala ke dinding, meminum obat-obatan atau bahan berbahaya, hingga percobaan bunuh diri. Dalam kadar yang lebih ringan, melakukan self harm juga bisa dilakukan dengan cara tidak memperhatikan kondisi fisik, tidak mempedulikan kesehatan emosional atau melakukan hal-hal yang berbahaya.

3 Hal Dasar Pemicu Gangguan Menyakiti Diri para Remaja

Megapa Menyakiti Diri Sendiri?

Self harm adalah kegiatan menyakiti diri sendiri secara sengaja dengan cara melukai fisik. Hal tersebut dilakukan agar orang tersebut dapat mengalihkan rasa sakit dari suatu kondisi atau keadaan tersulit di hidupnya. Adapun alasan yang melatarbelakangi aksi ini terbagi menjadi beberapa macam. Misalnya:

1) Sulit Mengepresikan Emosi

Berbicara soal ekspresi diri, tidak semua orang dapat mengekspresikan emosi. Hal tersebut terkadang membuat seseorang menjadi sulit atau pun tidak bisa memahami kondisi emosi mereka sehingga membiarkannya berlarut-larut. Jadi, ketika bertemu dengan kondisi yang sangat sulit, self harm jadi salah satu ekspresi emosional yang muncul dari diri seseorang.

[Baca Juga: Apakah Penderita Gangguan Cemas Sebaiknya Tak Nonton Joker?]

2) Pengaruh Masa Lalu

Terbiasa untuk selalu tegar dalam menghadapi masalah apapun jadi salah satu wejangan orangtua yang kerap digaungkan kedalam pola pikir anak. Tanpa disadari, perlakukan memarahi anak karena merasa sedih atau marah atas sesuatu dapat menjadi pemicu self harm terjadi. Ibarat bom waktu, seseorang akan mencapai batas emosi mereka yang selama terpendam sehingga menyakiti diri sendiri menjadi solusi untuk menghilangkan rasa gelisah di dalam hati mereka.

3) Pengaruh Pikiran

Seseorang yang merasa rendah diri atau low self-esteem, atau membenci dirinya sendiri, melihat self harm sebagai pengalihan atas emosi yang dirasakan. Seperti emosi marah, benci, jijik, sepi dan tertekan. Ketika mereka menyakiti diri sendiri, maka akan merasa lebih lega karena telah mengalihkan emosi-emosi tersebut pada sakit fisik yang dirasakan.

[Baca Juga: Mengenal Skizofrenia sebagai Gangguan Kesehatan Jiwa]

Pendidikan mencakup banyak aspek, salah satunya adalah pendidikan tentang kehidupan. Tidak sedikit orangtua yang tak sengaja membunuh kepercayaan diri anaknya sendiri karena terlalu ingin penerusnya sukses dalam kehidupan di masa depan. Demikian self harm di media sosial menjadi salah satu potret kurangnya perhatian tentang kesehatan mental di Indonesia.


Read More

Artikel Lainnya

Terus Dorong Geliat Pariwisata Ibu Kota, Jakarnaval Digelar di Sirkuit E-Prix Jakarta.jpg

Berita Kawasan

Terus Dorong Geliat Pariwisata Ibu Kota, Jakarnaval Digelar di Sirkuit E-Prix Jakarta

12 August 2022, 16:43

Pada 14 Agustus 2022, Sirkuit Internasional E-Prix Jakarta akan menjadi lokasi acara puncak karnaval bernama Jakarnaval yang digelar untuk geliatkan wisata di Ibu Kota.

Dinkes Kota Tangerang Edukasi Warganya Terkait Obat Kadaluars a.jpg

Kesehatan

Dinkes Kota Tangerang Edukasi Warganya Terkait Obat Kadaluarsa

12 August 2022, 14:41

Setelah ramainya kabar mengenai balita di wilayahnya yang diberikan obat kadaluarsa, Dinkes Kota Tangerang berikan edukasi publik

KFC Hadirkan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di Gerai Jakarta Barat Ini.jpg

Bisnis

KFC Hadirkan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di Gerai Jakarta Barat Ini

12 August 2022, 10:30

Pada pekan ini, berkat kolaborasi PT Fast Food Indonesia dan PT Agra Surya Energi, KFC Indonesia meresmikan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di salah satu gerainya.

Jelang HUT RI ke-77, Ini Gedung Saksi Sejarah Perobekan Bendera Belanda di Bandun g.jpg

Properti dan Solusi

Jelang HUT RI ke-77, Ini Gedung Saksi Sejarah Perobekan Bendera Belanda di Bandung

11 August 2022, 17:17

Jika Anda berencana wisata sejarah di Kota Bandung jelang HUT RI ke-77 maka gedung yang berada di area Jalan Braga ini menjadi salah satu objek yang bisa Anda kunjungi.


Comments


Please Login to leave a comment.