3 Hal Penting yang Perlu Diperhatikan Agar Bisa Biayai Kuliah Sendiri

Pendidikan

3 Hal Penting yang Perlu Diperhatikan Agar Bisa Biayai Kuliah Sendiri

Tak bisa dipungkiri, biaya pendidikan kian hari semakin tinggi. Apalagi, biaya untuk masuk di universitas atau perguruan tinggi. Sejak awal pendaftaran universitas saja, seorang calon mahasiswa bisa mengeluarkan biaya yang terbilang cukup besar.

Tidak semua orang yang ingin melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi bisa mendapatkan beasiswa atau memiliki orangtua yang mampu membayar biaya pendidikannya. Namun, bila memang sudah diterima di universitas atau perguruan tinggi, sangat disayangkan untuk ditinggalkan karena masalah biaya pendidikan.

3 Hal Penting yang Perlu Diperhatikan Agar Bisa Biayai Kuliah Sendiri

Ada pula yang sangat ingin melanjutkan studi, tapi setelah mengetahui biayanya terpaksa harus mengendurkan niat karena terkait biaya. Untuk itu, tak ada salahnya bila Anda yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi dengan biaya sendiri, ada cara yang bisa dilakukan, salah satunya adalah dengan kuliah sembari bekerja.

Saat ini, sudah banyak universitas atau perguruan tinggi yang membuka kelas karyawan. Biasanya, untuk kelas karyawan dibuka untuk kelas sore atau malam. Sehingga, Anda bisa menjalankan aktivitas keduanya dengan lancar.

[Baca Juga: Beasiswa Teladan Tanoto Foundation Lahirkan Pemimpin Masa Depan]

Kalau dipikir-pikir, kuliah sembari bekerja pasti akan sulit. Untuk itu, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar kedua aktivitas yang bisa menentukan masa depan ini bisa berjalan dengan lancar. Berikut tiga hal penting yang perlu diperhatikan agar bisa kuliah sembari bekerja demi membiayai kuliah sendiri jadi terasa mudah dan lancar yang dirangkum PingPoint.co.id dari parent24.com (2/1/2020).

  • Mencari Pekerjaan atau Berbisnis

Bila Anda sudah bertekad untuk kuliah sembari bekerja, hal yang pertama perlu Anda lakukan adalah segera mencari pekerjaan. Selain pekerjaan penuh waktu, Anda juga bisa memilih pekerjaan akhir pekan atau akhir waktu. Atau, Anda juga bisa memilih untuk mengubah hobi menjadi bisnis yang menghasilkan untuk biaya kuliah Anda.

  • Survei Biaya Universitas

Hal kedua yang juga tak kalah penting adalah survei biaya universitas yang dilakukan secara bersamaan dengan poin pertama. Dengan sudah banyak universitas atau perguruan tinggi yang memiliki kelas karyawan, Anda perlu mempertimbangkan pilihan universitas yang biayanya sesuai dengan gaji. Sehingga, Anda butuh melakukan survei biaya di setiap universitas yang diinginkan.

  • Pertimbangkan Opsi Kelas

Selain survei biaya, Anda juga perlu pertimbangkan opsi kelas yang disediakan pihak universitas. Bagi Anda yang sudah mendapatkan pekerjaan, tentu Anda perlu menyesuaikan jadwal kuliah dengan jam kerja. Sehingga, kelas yang Anda pilih juga menjadi hal yang penting untuk diperhatikan sebelum Anda memulai kuliah sembari bekerja.

[Baca Juga: Pembaruan Dapodik Bisa Pengaruhi Biaya Sekolah]

Itulah tiga hal penting yang bisa Anda persiapkan untuk melanjutkan studi ke perguruan tinggi dengan biaya kuliah sendiri. Kuliah sembari bekerja memang bukan hal yang mudah untuk dilakukan, namun Anda bisa merasakan kepuasan tersendiri bila sudah menyelesaikan studi.


Read More

Artikel Lainnya

Semarakan 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week.jpg

Bisnis

Semarak 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week

30 September 2022, 15:45

Untuk merayakan pertandingam 2022 PMPL SEA Championship, realme memutuskan menghadirkan promo lucky draw bertajuk realme Esports Week.

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung - Copy.jpg

Bisnis

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung

30 September 2022, 13:44

Pada momen pembukaan cabang Selma terbaru di daerah Ciledug, ritel mebel di bawah naungan Kawan Lama Group itu menggelar program edukasi kesehatan jantung.

Romokalisari Adventure Land Bawa Berkah untuk UMKM Setempat - Copy.jpg

Bisnis

Romokalisari Adventure Land Bawa Berkah untuk UMKM Setempat

30 September 2022, 11:42

Ternyata Romokalisari Adventure Land yang belum lama ini diresmikan disebut berhasil meningkatkan pemasukan para pelaku UMKM di sana.

Rayakan Peningkatan Okupansi Berkat tiket.com, RedDoorz Berikan Penghargaa n.jpg

Bisnis

Rayakan Peningkatan Okupansi Berkat tiket.com, RedDoorz Berikan Penghargaan

29 September 2022, 19:46

Usai berkolaborasi selama empat tahun terakhir, tiket.com baru-baru ini mendapatkan penghargaan dari RedDoorz yang memandang perusahaan OTA itu berhasil membantu peningkatan industri pariwisata di Tanah Air.


Comments


Please Login to leave a comment.