Kemang-Kesehatan-3 Hal yang Bisa Membahayakan Kehamilan-Yakub 1.jpg

Kesehatan

3 Hal yang Bisa Membahayakan Kehamilan

Sebagai seorang ibu, tentu Anda harus bisa menjaga kandungan Anda agar tak membahayakan janin yang ada diperut.

Menurut kepala endokrinologi reproduksi dan infertilitas di Columbia University Medical Center, mengatakan sangat penting bagi para ibu untuk mengetahui apa saja hal yang bisa membahayakan kehamilannya.

"Kita perlu benar-benar secara sistematis melihat semua hal harus berjalan lancar dan benar agar kehamilan berhasil, ujar Williams seperti dilansir Popular Science.

Dilansir dari Theasianparents.com (15.1/2019), salah satu pekerjaan rumah terbesar seorang ibu ketika hamil ialah menjaga asupan apapun yang masuk ke dalam tubuh, baik makanan ataupun minuman.

[Baca Juga: Layanan Bersalin 24 Jam di Puskesmas Terdekat]

Oleh sebab itu, mengetahui hal yang bisa membahayakan kandungan itu sangat penting bagi ibu hamil beserta pasangan. Berikut tiga hal yang harus Anda ketahui agar bisa terlepas dari bahaya keguguran.

Masalah Kejiwaan Ibu Hamil

1. Masalah Kejiwaan Sang Ibu

Kondisi mental ibu yang sedang mengandung tentu harus mendapatkan porsi perhatian lebih. Dalam situs The Royal Womens Hospital menyampaikan, bahwa sekitar 15 persen perempuan yang sedang hamil dapat berpotensi mengalami depresi. Gejala-gejala seperti mudah tersinggung dan sering menangis tanpa sebab, tentu harus diketahui para suami agar sang ibu bisa menangkal hal yang bisa merusak janin.

Tidak semua ibu hamil menyadari bahwa dirinya sedang stres. Maka, peran suami lah yang bisa membuat sang istri tenang dan berada di zona nyamannya selama masa kehamilan.

Konsumsi Makanan Pedas Berbahaya Bagi Ibu Hamil

2. Konsumsi Makanan Pedas

Mengonsumsi makanan pedas sangat dilarang ketika seorang ibu mengandung. Sebenarnya, tak ada penelitian secara spesifik yang membahas mengenai bahayanya makanan pedas untuk dikonsumsi ibu hamil.

Dikutip dari Ivansini.com, mengonsumsi makanan pedas dapat memberi efek yang sama pada wanita hamil maupun tidak, namun tergantung kondisi tubuh masing-masing.

[Baca Juga: Suka Makanan Pedas? Ini 4 Kedai Ayam Geprek di Bekasi]

Ibu hamil tetap disarankan untuk mempertimbangkan agar tidak mengonsumsi makanan pedas. Karena beberapa penyakit seperti, diare, atau gangguan pencernaan dapat menghinggapi sang ibu, sehingga mengganggu kehamilan.

Bahaya Berhubungan Seks Saat Mengandung

3. Berhubungan Seks saat Mengandung

Berhubungan seks saat mengandung sebenarnya tak berbahaya. Namun jika sperma masuk ke dalam rahim saat hamil, inilah yang membuat berhubungan seks saat mengandung berbahaya. Mengutip dari Kompas.com, menurut Spesialis Kebidanan dan Kandungan dari RS Yadika Tri Yuniarti, sperma mengandung suatu zat tertentu yang bisa berbahaya untuk janin.

Selain itu, Tri juga menyarankan untuk pasangan untuk menghindari berhubungan seks saat hamil karena untuk meminimalisir kelelahan yang dialami sang ibu.

Ketiga hal tersebut harus dihindari agar ibu hamil bisa menjaga sang buah hati hingga lahir ke dunia dengan selamat.

Read More

Artikel Lainnya

Tetap Fit di Kala PSBB, R Fitness Hadirkan Kelas Digital.jpg

Kesehatan

Tetap Fit di Kala PSBB, R Fitness Hadirkan Kelas Digital

24 September 2020, 18:28

Dengan tren mengalihkan kegiatan kebugaran dari gym ke rumah di masa pandemi seperti sekarang, R Fitness baru-baru ini meluncurkan kelas digitalnya.

LanggananDisney+ Hotstar dan Spotify Kini Bisa Menggunakan OVO

Bisnis

Langganan Disney+ Hotstar dan Spotify Kini Bisa Menggunakan OVO

24 September 2020, 16:09

OVO sebagai platform pembayaran digital, rewards, dan layanan finansial terkemuka berkolaborasi dengan Disney+ Hotstar dan Spotify untuk memberikan kemudahan akses hiburan selama pandemi.

Unik! Berlian Entertainment Siap Gelar Konser untuk Tanaman dan Manusia.jpg

Hobi dan Hiburan

Unik! Berlian Entertainment Siap Gelar Konser untuk Tanaman dan Manusia

24 September 2020, 15:06

Usai sukses menggelar konser drive-in, Berlian Entertainment siap kembali menghadirkan konser dengan konsep unik di tengah pandemi COVID-19.

Guru Digital Jadi Realisasi Kerjasama Garena DJ Alok dan YCAB Foundation.jpg

Pendidikan

Guru Digital Jadi Realisasi Kerjasama Garena DJ Alok dan YCAB Foundation

24 September 2020, 14:08

Guru Digital dihadirkan Garena, YCAB Foundation dan DJ Alok demi mendorong keterampilan digital generasi muda di Indonesia.


Comments


Please Login to leave a comment.