3 Inspirasi Bukber yang Lebih Seru dan Tidak Biasa

Berita Kawasan

3 Inspirasi Bukber yang Lebih Seru dan Tidak Biasa

Biasanya, acara buka puasa bersama atau yang biasa kita sebut bukber hanya dilakukan di rumah atau restoran. Sebelum atau sesudah berbuka puasa biasanya hanya di isi dengan ngobrol atau foto-foto. Namun, sebenarnya ada cara supaya bukber Anda bisa jadi lebih seru dan tidak biasa tanpa mengurangi amal ibadah puasa yang sedang dijalankan.

Bagaimana caranya? Simak tiga inspirasi bukber yang ditulis PingPoint.co.id berdasarkan rangkuman dari beberapa sumber yang bisa Anda praktikkan agar bukber Anda menjadi lebih seru dan tidak biasa.

1. Bukber On the Road

Kalau biasanya Anda sering mendengar atau bahkan melakukan sahur on the road, Anda juga bisa mempraktikkannya saat buka puasa bersama. Tentukan satu lokasi atau tempat makan yang menjadi titik temu Anda untuk bukber yang dekat dengan kawasan yang menjadi tujuan Anda untuk bersedekah. Anda bisa memilih bersedekah dengan membagikan makanan untuk berbuka puasa atau memberikan sedekah berupa uang kepada orang-orang yang membutuhkan, seperti fakir miskin, anak yatim piatu dan sebagainya. Jadi, selain menjalin silaturahmi, juga sekaligus menambah sedekah kepada mereka yang membutuhkan.

[Baca Juga: 4 Rekomendasi Tempat Bukber di Kebon Jeruk]

Sambil menunggu waktu berbuka puasa, Anda bisa mendatangi mereka yang sebelumnya sudah didata agar lebih teratur dan sesuai dengan jumlah makanan atau uang yang disiapkan. Setelah menjelang waktu berbuka puasa, baru lah Anda kembali ke lokasi yang menjadi pertemuan untuk menyantap menu berbuka puasa bersama.

2. Bukber bersama Anak Yatim Piatu

Mungkin bukber bersama anak-anak yatim piatu sudah menjadi hal yang biasa. Dan biasanya, bukbernya dilakukan di Panti Asuhan. Namun, bukber bersama anak yatim piatu bisa menjadi lebih seru jika acara bukber Anda diadakan di sebuah tempat makan yang berkapasitas luas. Undang anak yatim piatu ke tempat makan tersebut. Lalu, buat acaranya lebih seru dengan mengadakan beberapa fun games sambil menunggu waktu berbuka puasa. Jangan lupa siapkan hadiah untuk pemenang dari permainan yang Anda buat untuk mereka. Atau, Anda juga bisa mengawali bukber dengan anak yatim piatu dengan nonton film. Namun, pastikan tempat makannya yang menyediakan layar untuk menonton film bersama.

[Baca Juga: Inilah Makanan Khas Berbuka Puasa di Pulau Panggang]

3. Bukber di Panti Jompo

Jika bukber di Panti Asuhan sudah menjadi rutinitas setiap tahun di bulan Ramadan, tidak ada salahnya juga jika ditambah atau sesekali bukber dengan para orang tua di Panti Jompo. Jika ingin lebih seru, cobalah untuk meminta izin pihak panti agar mengizinkan Anda untuk memasak sendiri menu buka puasanya. Buatlah pembagian tugas untuk menyiapkan makanan buka puasa bersama para orang tua di Panti Jompo agar makanannya bisa selesai tepat waktu dan terjamin rasanya.

Dari ketiga cara di atas, apakah Anda tertarik untuk mempraktikkanya di rencana bukber Anda? Atau, Anda punya ide bukber menarik lainnya?

Read More

Artikel Lainnya

Persetujuan Penggunaan Massal Vaksin COVID-19 Pfizer-BioNTech, Pertama di Dunia

Kesehatan

Persetujuan Penggunaan Massal Vaksin COVID-19 Pfizer-BioNTech, Pertama di Dunia

02 December 2020, 16:28

Inggris telah menjadi negara pertama di dunia yang menyetujui vaksin virus corona Pfizer-BioNTech untuk digunakan secara luas. Sebelumnya, Rusia dan China telah mengeluarkan perizinan vaksin lain untuk penggunaan terbatas.

Baru Diluncurkan Dua Bulan Lalu, Desty Raih Pendanaan Awal dari East Ventures.jpg

Bisnis

Baru Diluncurkan Dua Bulan Lalu, Desty Raih Pendanaan Awal dari East Ventures

02 December 2020, 15:36

East Ventures mengumumkan mengucurkan seed funding untuk perusahaan startup yang baru diluncurkan pada Oktober lalu.

Pemkot Tangerang Gelar Deteksi Dini HIV AIDS.jpg

Kesehatan

Pemkot Tangerang Gelar Deteksi Dini HIV AIDS

02 December 2020, 14:08

Baru-baru ini Pemkot Tangerang menggelar kegiatan pendeteksian dini penyakit HIV AIDS untuk warganya.

Anies Baswedan Positif COVID-19, Kang Emil Haturkan Do a.jpg

Berita Kawasan

Anies Baswedan Positif COVID-19, Kang Emil Haturkan Doa

02 December 2020, 13:07

Kang Emil mendoakan Gubernur DKI Jakarta lekas pulih usai Anies Baswedan positif terinfeksi COVID-19.


Comments


Please Login to leave a comment.