3 Kategori Kopi Sehat Menurut Ahli

Kuliner

3 Kategori Kopi Sehat Menurut Ahli

Kopi hitam tanpa tambahan gula, krim, susu, atau bahan perasa tambahan lain menjadi favorit banyak penggemar berat minuman berkafein ini. Mereka tahu kopi semacam ini lebih sehat. Mereka pun tak ragu lagi mengonsumsi kopi banyak-banyak. Namun, sesehat-sehatnya kopi, kalau Anda meminum satu poci atau lebih sehari, tetap saja akan ada efek sampingnya.

Sebanyak 63% orang Amerika meminum kopi setiap hari dengan rata-rata 3,2 cangkir per peminum kopi, menurut National Coffee Association. Ada banyak penelitian untuk menentukan apakah itu sehat. Minum hingga enam cangkir per hari terbukti tidak meningkatkan risiko kematian akibat kanker atau penyakit kardiovaskular secara umum.

3 Kategori Kopi Sehat Menurut Ahli

Namun, perlu diingat dalam kebanyakan penelitian mereka berbicara tentang cangkir kecil, sementara gelas standar di kedai kopi besarnya bisa 2,5 kali dari cangkir tersebut. Selain itu, konsumsi kopi telah terbukti terkait dengan risiko yang lebih rendah untuk beberapa jenis kanker, serta banyak gangguan hati dan bahkan gangguan neurodegeneratif seperti penyakit Parkinson dan penyakit Alzheimer.

Jika ada sisi negatif lain yang sering dikutip pada konsumsi kopi, itu adalah potensi kecil untuk peningkatan kadar kolesterol. Namun di sinilah hal-hal menjadi menarik. Ternyata menggunakan filter kertas kopi dapat mencegah hal itu terjadi. Zat di bagian berminyak dari kopi yang disebut cafestol dan kawheol, yang merangsang kadar kolesterol LDL, ditangkap oleh filter kertas. Kondisi ini tidak akan terjadi jika kamu menggunakan French press, kopi Turki, atau kopi tubruk. Kopi instan juga memiliki level yang lebih rendah, dan espresso ada di antaranya.

[Baca Juga: Ternyata Kopi Punya Sejuta Manfaat Bagi Kesehatan]

Fakta tersebut akan membuat Anda bertanya-tanya, ada sekitar sejuta cara membuat secangkir kopi. Apakah penting yang mana yang kamu pilih? Apakah penting jika Anda memilih seduhan drip atau French press, atau apakah roast itu penting, atau apakah spesies biji kopi yang berbeda lebih baik atau lebih buruk bagi kesehatan?

Ternyata itu adalah pertanyaan yang jauh lebih sulit dijawab daripada apakah kopi secara umum baik untuk Anda. Beberapa penelitian di Italia, akan membantu menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut. Berikut beberapa poin yang dirangkum dari prevention.com (22/1).

3 Kategori Kopi Sehat Menurut Ahli

1) Arabika Lebih Baik dari Robusta

Kopi mengandung tiga senyawa yang menyehatkan: trigonelin, kolin, dan asam klorogenat. Trigonelline melakukan segala macam hal, termasuk memperkuat otak melawan Alzheimer dan Parkinson, dan menjadi anti-semua jenis hal-hal buruk, seperti tumor, bakteri, dan virus. Kolin adalah nutrisi yang berguna dalam banyak proses metabolisme. Dan asam klorogenat adalah antioksidan yang juga membantu penyakit lain, termasuk penyakit kardiovaskular.

Penelitian menemukan, meskipun asal biji kopi tidak menjadi masalah, spesies berpengaruh. Setelah dipanggang, kopi arabika memiliki keseimbangan senyawa sehat yang lebih baik daripada robusta.

3 Kategori Kopi Sehat Menurut Ahli

2) Pilih Jenis Roasting Wash

Roasting atau sangrai mendegradasi asam klorogenat, tetapi membangun senyawa coklat yang disebut melanoidin yang baik untukmu. Beberapa penelitian terbaru menemukan, ekstrak sangrai gelap lebih bermanfaat daripada ekstrak sangrai ringan dalam hal Alzheimer dan Parkinson. Begitu pula dengan penelitian sekarang, jadi memilih roasting wash akan lebih menyehatkan.

5 CAFE DI MENTENG YANG COCOK UNTUK MENIKMATI KOPI

3) Semakin Kaya Rasa, Semakin Sehat

Para peminum kopi hitam pasti tahu bahwa tanpa tambahan apa pun, rasa minuman ini lebih mantap, bernuansa, dan kompleks. Bagaimana rasa tersebut memengaruhi unsur kesehatan? Campuran rasa yang membingungkan membuatnya sulit untuk dipelajari tapi unsur itu pula yang membuatnya menyehatkan. Dengan kata lain, jika Anda benar-benar suka kopi, apa yang membuat rasanya enak juga yang membuatnya sehat, titik.

Pada akhirnya, jika Anda sudah berhasil menghilangkan gula, krim, susu, dan berbagai penambah rasa dari cangkir kopi, Anda bisa merasa cukup aman untuk minum banyak kopi. Asal, Anda tetap membeli biji kopi arabika berkualitas, memilih roasting wash dan menggunakan filter kertas.

Read More

Artikel Lainnya

realme narzo 30A Siap Hadir di Indonesia pada 3 Maret 2 021.jpg

Hobi dan Hiburan

realme narzo 30A Siap Hadir di Indonesia pada 3 Maret 2021

24 February 2021, 16:37

Ingin ponsel gaming yang ramah di kantung? realme narzo 30A yang siap dirilis awal bulan depat dapat jadi opsinya.

Lewati Pertarungan Digital, 9 Tim Juarai FFML Season III.jpg

Hobi dan Hiburan

Lewati Pertarungan Digital, 9 Tim Juarai FFML Season III

24 February 2021, 14:53

Usai melewati pertarungan digital yang panjang selama enam pekan, FFML Season III resmi berakhr dengan sembilan tim e-sport yang berhasil jadi juara.

Perkuat Kualitas Wirausaha, Pemprov DKI Jakarta Gandeng 4 Peguruan Ting gi.jpg

Bisnis

Perkuat Kualitas Wirausaha, Pemprov DKI Jakarta Gandeng 4 Peguruan Tinggi

24 February 2021, 13:52

Pemprov DKI Jakarta baru-baru ini meneken perjanjian kerjasama dengan empat perguruan tinggi di wilayahnya guna semakin memperkuat kualitas wirausaha di Jakpreneur.

Guru Besar Unpad Ungkap Pengaruh Dampak Negatif Pandemi Terhadap Tumbuh Kembang Anak.jpg

Pendidikan

Guru Besar Unpad Ungkap Pengaruh Dampak Negatif Pandemi Terhadap Tumbuh Kembang Anak

24 February 2021, 12:51

Dalam orasi ilmiahnya, Guru Besar Unpad memaparkan bagaimana pandemi COVID-19 memiliki pengaruh negatif terhadap tumbuh kembang anak.


Comments


Please Login to leave a comment.