3 Kiat Mengatasi Iuran BPJS yang Naik

Bisnis

3 Kiat Menyiasati Iuran BPJS yang Naik Agar Tetap Ramah di Kantong

Per tanggal 1 Januari 2020 pemerintah secara resmi menaikkan iuran Jaminan Keseharan Nasional (JKN) yang dikelola oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) hingga dua kali lipat. Keputusan menaikkan tarif ini berdasarkan Peraturan Presiden (Perpres) 82/2018 tentang Jaminan Kesehatan yang sudah diteken sejak 24 Oktober 2019.

Melansir dari cnbcindonesia.com (3/1/2019) dalam Pepres tersebut, iuran peserta BPJS dinyatakan naik hingga 100 persen. Kelas III yang awalnya Rp25.500 kini menjadi Rp42.000, kemudian Kelas II iuran naik menjadi Rp110.000 dari yang sebelumnya Rp51.000, lalu kelas I yang sebelumnya Rp80.000 naik menjadi Rp160.000. Kenaikan iuran BPJS yang sangat signifikan ini tentunya bisa saja mengganggu cash flow bulanan Anda. jangan panik, berikut ini beberapa cara untuk menyiasati kenaikan iuran BPJS.

[Baca Juga: Sistem Sidik Jari BPJS Kesehatan Sudah Diterapkan di Depok]

1) Turun Kelas

Jika iuran yang sebelumnya dirasa terlalu berat, pilihan menurunkan kelas bisa Anda lakukan. Biaya yang Anda keluarkan pun tak terlalu besar. Untuk menurunkan kelas, Anda melakukannya dengan berbagai cara, mulai dari datang langsung ke kantor BPJS atau jika Anda tak punya banyak waktu manfaatkan layanan customer service BPJS melalui telpon atau MCS (Mobile Customer Service). Anda juga bisa menggunakan aplikasi JKN dengan klik ubah data peserta kemudian isi perubahan yang Anda inginkan.

3 Kiat Mengatasi Iuran BPJS yang Naik

2) Kurangi Pengeluaran Bukan Prioritas

Melansir dari finansial.bisnis.com, untuk dapat melunasi iuran BPJS kurangi pengeluaran yang bukan jadi prioritas misalnya liburan. Anda bisa lebih berhemat agar tak perlu menurunkan kelas BPJS. Pisahkan pemasukan Anda sesuai skala prioritasnya di awal, agar semua kewajiban Anda terselesaikan lebih dulu.

3) Mencari Pemasukan Tambahan

Jika tak ada yang bisa dikurangi atau pun menurunkan kelas juga bukan pilihan Anda, maka salah satu cara yang bisa Anda lakukan di antaranya adalah mencari uang tambahan. Sehingga bisa menambah pemasukan agar cash flow Anda tetap stabil. Anda juga bisa menyiasati penggunaan kebutuhan rumah tangga dengan harga yang lebih murah, sehingga Anda bisa menyisihkan sedikit uang dari bujet bulanan.

[Baca Juga: Catat! Tarif DAMRI Bandara Naik Hingga Rp15.000]

Dibandingkan asuransi swasta, BPJS merupakan asuransi sosial garapan pemerintah yang memiliki iuran yang cukup terjangkau dan pelayanan yang didapatkan sama. Maka dari itu, sangat direkomendasikan setiap orang ter-cover BPJS agar mendapatkan layanan kesehatan yang layak.


Read More

Artikel Lainnya

Hadirkan Full Team, Tiket Konser Pre-sale 1 & 2 Dewa 19 di Candi Prambanan Ludes!.jpg

Hobi dan Hiburan

Hadirkan Full Team, Tiket Konser Pre-sale 1 & 2 Dewa 19 di Candi Prambanan Ludes!

01 July 2022, 15:58

Dengan kehadiran formasi lengkap, empat vokalis dan dua drummer di satu panggung, pemesanan tiket konser 30 Tahun Dewa 19 di Candi Pramabanan jenis pre-sale satu serta dua telah habis dengan tiket harga normal yang saat ini tersedia.

Melalui Flexi Hospital & Surgical, Astra Life Gaungkan Asuransi Kesehatan Cashles s.jpg

Bisnis

Melalui Flexi Hospital & Surgical, Astra Life Gaungkan Asuransi Kesehatan Cashless

01 July 2022, 14:44

Demi mengikuti tren digitalisasi serta iklim cashless yang bersifat kekinian, Astra Life juga memiliki produk asuransi kesehatan yang bersifat non-tunai.

Setelah Dihancurkan di Masa Penjajahan, Gapura Chinatown di Jakarta Kembali Berdiri.jpg

Berita Kawasan

Setelah Dihancurkan di Masa Penjajahan, Gapura Chinatown di Jakarta Kembali Berdiri

01 July 2022, 10:42

Baru-baru ini gapura Chinatown di kawasan Glodok Jakarta kembali diresmikan usai proyek restorasinya pasca-puluhan tahun yang lalu dihancurkan tentara Jepang.

Ingin Berlayar di Australia Secara Gratis Princess Cruises Gelar Ko mpetisi Daring.jpg

Hobi dan Hiburan

Ingin Berlayar di Australia Secara Gratis? Princess Cruises Gelar Kompetisi Daring

30 June 2022, 15:13

Dalam momen peluncuran program liburan di atas kapal pesir ke Tasmania, Princess Cruises menggelar kompetisi daring untuk mendapatkan tiket berlayar gratis selama delapan hari di Australia.


Comments


Please Login to leave a comment.