ads
3 Langkah Pertolongan Pertama Reaksi Alergi Anafilaksis

Kesehatan

3 Langkah Pertolongan Pertama Reaksi Alergi Anafilaksis

Anafilaksis adalah suatu reaksi alergi berat yang terjadi secara tiba-tiba dan dapat menyebabkan kematian. Anafilaksis biasanya ditujukan dengan beberapa gejala, antaranya ruam gatal, pembengkakan tenggorokan, dispnea, muntah, kepala terasa ringan, dan tekanan darah rendah.

Penyebab yang umum dari reaksi ini adalah gigitan serangga, makanan, dan obat. Penyebab lainnya dapat berupa paparan lateks. Selain itu, kasus dapat terjadi tanpa alasan yang jelas. Terjadinya anafilaksis melibatkan pelepasan mediator dari sel darah putih tertentu.

[Baca Juga: Berasa Gatal Berlebih, Bisa Jadi Itu Psiorasis]

Pelepasan protein ini dapat disebabkan reaksi sistem imun ataupun sebab lain yang tidak berkaitan dengan sistem imun. Diagnosis anafilaksis dilakukan berdasarkan gejala dan tanda pada seseorang setelah terjadi paparan dengan alergen potensial,

Reaksi alergi anafilakis bisa terjadi pada satu dari 50 orang yang memiliki alergi. Reaksi ini kadang datang tanpa peringatan. Dengan begitu, Anda perlu memahami pertolongan pertama pada reaksi alergi anafilaksis.

[Baca Juga: Hindari dan Lawan Alergi Makanan dengan Cara Ini]

Dikutip dari laman Mayapada Hospitals (21/9/2018), berikut ini tiga langkah pertolongan pada alergi anafilaksis.

  • Tindakan Cepat

Gejala anafilaksis mungkin berupa gejala ringan seperti pilek, ruam kulit atau perasaan aneh. Namun, hal ini bisa dengan cepat berubah menjadi hal mengkhawatirkan seperti sesak napas, gatal-gatal, mual, muntah, hingga serangan jantung. Saat gejala ringan mulai muncul, segera cari pertolongan terhadap alergi tersebut.

  • Longgarkan Pakaian

Saat reaksi alergi terjadi dan penderita terlihat lemas, segera longgarkan pakaian. Bila muntah atau perdarahan dari mulut, usahakan tidak sampai membuat penderita tersedak. Dokter mungkin juga sudah membekali penderita alergi ini dengan obat tertentu. Mengetahui cara pemakaiannya akan sangat membantu penderita.

  • Minta Bantuan

Setelah memastikan jalan napas penderita tetap terbuka, segera minta bantuan ambulance atau segera membawa penderita ke rumah sakit terdekat untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

[Baca Juga: Mengenal Layanan IGD di Rumah Sakit Dekat Cilandak KKO]

Itulah beberapa langkah pertolongan pertama bagi penderita reakasi alergi anafilaksis. Setelah itu, segera bawa penderita ke rumah sakit terdekat untuk mendapat pertolongan sedini mungkin.

Read More

ads
ads
ads

Artikel Lainnya

5 Manfaat Markisa untuk Kesehatan tubuh

Kesehatan

5 Manfaat Markisa untuk Kesehatan Tubuh

21 April 2019, 12:00  |  9 Views

Walaupun wujudnya unik tak seperti buah lainnya, markisa mengandung banyak manfaat lho. Berikut manfaat markisa untuk kesehatan.

Wakil Wali Kota Bekasi Motivasi Masyarakat Peduli Terhadap Sampah

Berita Kawasan

Wakil Wali Kota Bekasi Motivasi Warga Peduli Terhadap Sampah

21 April 2019, 14:00  |  4 Views

Dalam Diskusi Kota Bekasi Bersih, Wakil Wali Kota Bekasi berikan motivasi warga untuk peduli mengelola sampah.

Museum Sejarah Jakarta Gelar Pameran Foto Sejarah Islam di Australia

Berita Kawasan

Museum Sejarah Jakarta Gelar Pameran Foto Sejarah Islam di Australia

21 April 2019, 10:00  |  6 Views

Pameran foto kisah panjang Islam di Australia digelar di Museum Sejarah Jakarta hingga 30 April 2019.

Agar Larangan Kantong Plastik Tidak Jadi Bumerang

Berita Kawasan

Agar Larangan Kantong Plastik Tidak Jadi Bumerang

21 April 2019, 16:00  |  6 Views

Beberapa daerah, termasuk DKI Jakarta mulai mendengungkan larangan penggunaan kantong plastik sekali pakai. Apakah cara ini efektif mengurangi konsumsi plastik?


Comments


Please Login to leave a comment.

ads